Cara Menghapus Draft Instagram (Foto / Video) Terbaru

Draft merupakan salah satu fitur terbaru yang berguna untuk menyimpan seluruh foto, video maupun tulisan di instagram karena batal untuk di unggah. Tapi kamu tidak usah bingung karena ada cara menghapus draft instagram baik itu di postingan, story, maupun reels ig.

Meskipun cara hapus draft di instagram ini terbilang mudah, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu dan khawatir dimana letak draft ini, apakah draft tersebut hilang mengingat fitur ini sedikit tersembunyi sehingga cukup sulit untuk ditemukan.

Untuk menghapus foto ataupun video yang ada di konsep instagram, Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga karena sebenarnya fitur hapus draft ig ini sudah ada di aplikasi instagram resmi.

Namun sebelum masuk ke tutorial menghapus saved di instagram, Bagi kamu yang tertarik buat bikin story ig dengan tampilan yang keren. Maka kamu bisa menambahkan banyak foto dalam 1 cerita yang bisa kamu baca pada artikel berikut ini : Cara Menambahkan 2 Foto Di Instastory.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Cara Hapus Draft di Postingan IG

Sering kali saat kita ingin mengunggah foto ataupun video di postingan instagram yang sudah kita edit dibatalkan karena berubah pikiran karena bimbang antara post atau tidak. Nah, secara tidak sadar file akan tersaved atau masuk ke dalam draft ig.

Oleh karena itu, dari pada nantinya draft tersebut menumpuk dan foto atau video kita dilihat oleh orang lain. Alangkah lebih baiknya kita delete saja. Tetapi kamu juga bisa memposting ulang yang ada dalam daftar draft.

Oh iya jangan lupa untuk memastikan aplikasi instagram yag kamu gunakan sudah versi terbaru ya, Karena fitur draft ini hanya tersedia di aplikasi ig pembaruan saat ini. Jika kamu pakai instagram versi lama, maka kamu tidak akan menemukan fitur draft.

cara menghapus foto draft di instagram

Cara menghapus foto dan video draft di instagram :

  1. Buka aplikasi instagram di hp android atau iphone.
  2. Kemudian masuk dengan akun ig kamu masing-masing.
  3. Jika sudah pergi ke halaman beranda atau tap ikon home di pojok bawah aplikasi instagram.
  4. Swipe ke kanan atau tap pada Cerita Anda.
  5. Masuk ke tab Postingan dengan cara geser ke kiri. (bukan pada tab Cerita).
  6. Akan muncul seluruh foto dan juga video dalam daftar draft, Tap Draft.
  7. Setelah itu pilih Kelola.
  8. Tap ikon pensil di pojok kanan atas.
  9. Terakhir, silahkan pilih foto atau video yang ingin kamu hapus dari draft instagram.
  10. Selesai

Sangat mudah bukan? Dengan begitu kamu tidak perlu menghapus seluruh draft yang ada, Jika kamu ingin memposting ulang foto atau video yang ada pada daftar draft kamu bisa melanjutkannya.

Baca juga : Cara Download Sorotan Instagram

Cara Menghapus Draft Reels Instagram

Reels juga merupakan fitur terbaru di ig saat ini yang memiliki tampilan hampir mirip dengan aplikasi berbagi video tiktok. Video di reels juga bisa kamu simpan ke draft instagram, tentu saja kamu juga bisa menghapusnya.

Berbeda dengan cara hapus draft dari foto atau video di postingan ig, Untuk daftar draft reels kamu bisa menemukannya pada halaman profil akun instagram.

hapus draft reels

Berikut cara menghapus draft video dari reels ig :

  1. Pergi ke halaman profil instagram.
  2. Lalu tap pada ikon video tepat disebelah ikon grid postingan.
  3. Disana akan tampilan seluruf draft reels yang pernah kamu buat.
  4. Pilih salah satu draft reels.
  5. Tap ikon Pilih di pojok kanan atas.
  6. Centang video reels yang ingin dihapus.
  7. Dan tap Hapus.
  8. Selesai.

Sekarang kamu tidak usah bingung lagi kalau video reel instagram masuk ke dalam draft, Tentu saja kamu tidak diharuskan untuk menghapus draft tersebut melainkan juga bisa menggungahnya kembali.

Itulah cara menghapus draft instagram yang bisa kami bagikan, Kesimpulannya fitur draft memang berguna untuk menyimpan seluruh file yang gagal dari instastory, postingan ataupun reels di ig. Karena beberapa alasan seperti koneksi internet yang tidak bagus, atau memang dibatalkan oleh pemilik akun tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukannya, silahkan pastikan dulu foto atau video yang kamu hapus dari draft sudah benar karena media yang telah terhapus dari draft cerita ataupun reels tidak bisa dikembalikan lagi.

Tinggalkan komentar