Cara Menggunakan Tokopoints di Tokopedia

Cara Menggunakan Tokopoints di Tokopedia – Sebelum adanya fitur tokopoints ini jika kita berbelanja di Tokopedia dan mendapatkan cashback, Maka cashback tersebut akan masuk secara otomatis ke OVO dan menjadi OVO points. Jadi misalnya kamu mendapatkan cashback sebesar 400rb dan menjadi ovo points. Kamu bisa menggunakan ovo points tersebut untuk berbelanja lagi di Tokopedia.

Menurut saya sih, fitur ovo points ini sangat bagus dan cukup membantu. Dan saya sendiri sudah mendapatkan cashback ovo point sebanyak 1juta lebih. Jadi ya lumayan points ovo ini bisa saya gunakan untuk belanja barang lain lagi, yang pasti hanya bisa di Tokopedia.

Nah karena udah biasa pakai ovo points, saya pun kaget kenapa ovo point hilang. Eh ternyata digantikan oleh tokopoints ini. Tokopoint saya sekarang ada 90 rupiah dan ini pun saya dapet dari hadiah tiap hari login di Tokopedia, Nanti akan ada di pojok kanan bawah aplikasi tokopedia kalian bisa ambil. Lumayanlah buat ditabung ya kan hehe..
Dan setelah saya baca baca lagi, ternyata tokopoints ini sama aja dengan ovo point yaitu memberikan cashback dan cashback tersebut hanya bisa kita belanjain di Tokopedia. Tapi ada sedikit perbedaanya lho.. apa sih itu?

Berikut ini penjelasan mengenai fitur tokopoints, cara menggunakan tokopoints, cara mendapatkan tokopoints di tokopedia serta perbedaan tokopoints dan ovo point menurut pendapat saya. Yuk simak selengkapnya!

Baca juga : Cara Mendapatkan Koin Shopee

Apa Itu Tokopoints?

Yak jadi disini sebelum menjelaskan perbedaan ovo points dan tokopoints. Saya akan jelaskan terlebih dahulu terkait fitur tokopoint yang mungkin teman-teman masih ada yang bingung.

apa itu tokopoints di tokopedia
  1. Tokopoints ini merupakan program yang disediakan khusus pengguna Tokopedia seperti kita sebagai pembeli. 1 toko points berarti 10 rupiah, nah saya punya 9 points maka itu artinya saya punya 90 rupiah.
  2. Tokopoint tidak bisa ditarik, jadi walaupun ada 100.000 tokopoints atau kalau di totalkan ke rupiah menjadi 1juta. Itu sama sekali tidak bisa di Tarik sepeserpun selain berbelanja di Tokopedia. sama aja sih kaya ovopoints.
  3. Setiap tahun tokopoints akan di reset. Oleh karena itu silahkan gunakan tokopoints kamu sebelum hangus, Kan sayang banget..

untuk keterangan terkait fitur tokopoints ini silahkan baca selengkapnya di aplikasi situs website tokopedia.

Bagaimana Cara Menggunakan Tokopoints?

Bagi kalian yang bingung bagaimana sih cara menggunakan tokopoints di tokopedia, sebenarnya mudah kok. Caranya hampir sama aja dengan ovopoints sebelumnya.
Misal disini saya memilih salah satu barang untuk dibelanjakan. Kemudian saya coba checkout, ganti mode bayar/pilih pembayaran.
Nah kamu bisa centang tukar tokopoints ini untuk mengurangi jumlah pembayaran belanjaan kamu.

cara menukarkan tokopoints di tokopedia

Gmna mudah kan?
Kamu juga bisa hilangkan tanda centang kalau gk mw pake tokopoints.

Baca juga : Cara Mendapatkan Shopee Paylater

Cara Mendapatkan Tokopoints di Tokopedia

Lalu gimana sih cara dapetin tokopoints?
Ada 2 cara nih yang bisa kamu gunakan.

cara mendapatkan tokopoints di tokopedia
  1. Pertama, Kamu bisa mendapatkan tokopoints secara gratis lewat fitur hadiah gratis yang diberikan Tokopedia setiap hari. Ntar ada widget di halaman depan pojok kanan bawah kaya aplikasi marketplace sebelah. hehe. Kamu akan mendapatkan 1 tokopoint setiap harinya.
  2. Yang kedua, kamu bisa menggunakan kupon cashback. Misalnya seperti ini cashback 9rb, maka itu artinya kamu mendapatkan 995 tokopoints.

Perbedaan Tokopoints dan OVO Points

Oke, Sekarang kita akan membandingkan fitur tokopoints ini dengan ovo points sebelumnya menurut saya pribadi ya. Jadi kalau salah mohon dikoreksi.

perbedaan ovopoints dan tokopoints di tokopedia
  1. kalau pakai ovopoints kita bisa membeli apa saja yang ada di aplikasi ovo seperti pulsa meskipun diluar aplikasi Tokopedia. Tapi di aplikasi ovo kita masih bisa gunain ovopoint itu, atau missal beli token listrik di ovo juga bisa. Kalau tokopoints itu kita Cuma bisa belanja ditokopedia.
  2. Walaupun di Tokopedia kita juga bisa beli pulsa atau token listrik, Terkadang di aplikasi ovo ada promo lho hehe..
  3. System points di ovopoint menurut saya lebih mudah dimengerti, karena kalau dapat cashback 100.000 rupiah ya langsung rupiah gitu lho. Jadi gk pake point-point lagi kaya tokopoints misal kita dapet 10 tokopoints, kita jadi bingung berapa rupiah ya 10 tokopoints ini.

Mungkin itu saja sih menurut saya perbedaan kedua fitur Tokopedia ini. Kalau kalian punya pendapat sendiri silahkan komentar di bawah ya.

Cara Mengatasi Tokopoints di Tokopedia Tidak Muncul

Jadi ada beberapa teman-teman yang bertanya. “bang? kok di saya tidak ada pilihan tukar tokopoints ya? Padahal tokopoints saya ada banyak“.
Nah kalo kamu juga mengalami hal yang sama. Silahkan ikuti tips cara mengatasi tokopoints tidak muncul, tidak bisa ditukarkan atau digunakan untuk membeli barang di tokopedia dari saya berikut ini!

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Shopee

1. Update Aplikasi Tokopedia ke versi terbaru

Mengingat fitur tokopoints di Tokopedia ini adalah fitur terbaru, yang menggantikan ovopoints sebelumnya. Maka saya sarankan buat temen-temen, untuk update aplikasi Tokopedia ke versi terbaru dulu.

Caranya mudah :

cara beli barang dengan tokopoints
  1. Buka aplikasi google playstore, kalau kamu menggunakan hp android.
  2. Setelah itu ketikkan “Tokopedia” di pencarian.
  3. Jika sudah pilih aplikasi Tokopedia.
  4. Tap aplikasi Tokopedia
  5. Nah di halaman ini perhatikan jika terdapat tombol update, maka versi aplikasi Tokopedia kamu masih menggunakan versi lama. Jadi, silahkan update dulu dan jangan lupa pastikan kamu punya kuota internet ya.

Namun jika tidak ada tombol update, tapi hanya ada tombol uninstall dan buka. Maka kamu sudah menggunakan aplikasi Tokopedia versi terbaru.
Jadi kamu tidak perlu lagi untuk melakukan update, Langsung saja skip cara ini dan lanjut ke cara selanjutnya.

2. Cek Produk yang akan dibeli

Apabila aplikasi Tokopedia di hp kamu sudah versi terbaru, sekarang silahkan cek dulu nih. Produk apa sih yang ingin kamu beli? Karena untuk tokopoints ini ternyata tidak berlaku pada pada semua produk lho.

Kamu bisa baca di menu FAQ atau (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS) yang ada di situs website maupun aplikasi Tokopedia.

Kamu hanya dapat menukarkan TokoPoints di tokopedia jika menggunakannya untuk potongan pembayaran di transaksi Marketplace, dan Digital kecuali angsuran kredit, kartu kredit, e-money dan produk Digital Food & Voucher. Perlu diingat, bahwa penukaran TokoPoints untuk transaksi digital tidak dapat menggunakan kupon promo.

tokopoints tokopedia tidak bisa dipakai

Lalu Produk digital itu sebenarnya seperti apa sih?
Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet. (Wikipedia).
Jadi sederhananya produk digital itu merupakan produk virtual yang tidak bisa kita sentuh.

Contoh produk digital itu seperti : Video, Musik MP3, Tiket Online, Aplikasi (Android atau iPhone), font, ikon, Kursus online dan sebagainya.

Jadi, Di Tokopedia kamu bisa menggunakan tokopoints ini untuk membeli pulsa, paket data, token listrik dan produk digital lainnya, kecuali produk digital food & voucher, angsuran kredit, kartu kredit, dan e-money.

Berikut cara melihat produk digital apa saja yang ada di aplikasi tokopedia :

produk digital tokopedia
  1. Silahkan buka aplikasi Tokopedia.
  2. Kemudian tap pada top-up & tagihan.
  3. nah ini adalah semua kategori produk digital yang ada ditokopedia.
  4. Kamu bisa menukarkan tokopoints tersebut ke semua yang ada disini kecuali. Kartu kredit, angsuran kartu kreadit, e-money, dan yang paling bawah food & voucher.

Baca juga : Cara Ganti Username Shopee

Beli Pulsa dengan Tokopoints di Tokopedia

Ok disini saya akan mendemokan barang yang bisa dibayar menggunakan tokopoints. Misal, Saya akan coba membeli pulsa telkomsel :

cara beli pulsa dengan tokopoints tokopedia
  1. Tap top-up & tagihan.
  2. Lalu Pilih Pulsa di bagian prabayar & pascabayar.
  3. Lalu masukkan nomor yang ingin kamu isi pulsa, atau kamu juga bisa memasukkan nomor melalui kontak hp kamu jika sudah ada. Dan baik itu nomor axis, tri, xl, telkomsel akan terdeteksi secara otomatis oleh aplikasi Tokopedia.
  4. Jika sudah, pilih nominal pulsa yang ingin kamu beli. Disana juga akan tertera harganya.
  5. Tap Lanjut.
  6. Silahkan gunakan kupon promo kalau kamu punya, (tapi gak semua kupon promo bisa pake tokopoints lho ya). Di bagian makin hemat pakai promo.
  7. Lalu tap pada Bayar.
  8. Dengan begitu akan muncul tukar tokopoints. Silahkan centang untuk menggunakannya, ovopoints juga bisa. Atau kamu mau pakai keduanya juga bisa.
  9. terakhir pilih Bayar.

Kamu juga bisa mengganti metode pembayaran ke yang lainnya. Caranya Klik semua, setelah itu pilih metode pembayaran yang kamu inginkan Saya juga sudah coba ubah ke  semua metode pembayaran dan hasilnya tetap bisa menggunakan tokopoints.

Produk yang tidak bisa dibayar dengan tokopoints

Biar tidak bingung, disini saya juga akan mendemokan produk yang tidak bisa kamu bayar menggunakan tokopoints.

tokopoints tokopedia tidak bisa digunakan
  1. Misalnya saya akan membeli salah satu produk digital food & voucher.
  2. Di halaman utama pilih top-up dan tagihan.
  3. Lalu pilih food & voucher.
  4. Jika dimintai izin untuk mengakses lokasi, silahkan klik oke saja.
  5. Setelah itu pilih salah satu voucher makanan.
  6. Kemudian tap beli sekarang.
  7. Lanjutkan.
  8. Tap pilih metode pembayaran.
  9. Nah disini kalian bisa lihat. Pada bagian tukar tokopoints ada tulisan tidak bisa ditukar pada transaksi ini.

Jadi buat kamu yang masih bingung “kenapa kok saya tidak bisa menukarkan tokopoints saya saat melakukan pembayaran di Tokopedia?” kamu bisa cek dulu apa produk yang ingin kamu beli.

Sekian dulu nih penjelasan mengenai cara menggunakan tokopoints di tokopedia versi saya, tapi intinya fitur tokopoints ini sama aja kok dengan ovo points. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Share on:

Tinggalkan komentar