Cara Menggunakan HDMI Dongle | Menghubungkan Android ke TV

Udah Punya HDMI Dongle belum? Menghubungkan Android Anda ke input HDMI mungkin terdengar seperti tantangan yang membutuhkan kabel lain dan kabel yang merepotkan. Untungnya, ada sekarang ada nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan Android ke TV. Berikut Cara Menggunakan HDMI Dongle dari android ke tv.

Mengapa Menghubungkan Android ke TV?

Menghubungkan perangkat Android Anda ke TV memungkinkan Anda ke layar pantulan. Pantulan layar akan menampilkan layar Android Anda ke layar TV, Dengan ini akan membuatnya lebih mudah untuk berbagi foto, streaming video, gulir melalui aplikasi media sosial atau bermain game di layar yang lebih luas. Ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk presentasi dalam lingkungan bisnis atau sekolah.

Google Assistant muncul tiba-tiba? Berikut Cara Menonaktifkan Google Assistant “OK Google” dengan Mudah

Cara Menghubungkan Menggunakan Kabel HDMI

Koneksi berkabel adalah cara mudah dan handal untuk menghubungkan Android ke input HDMI di TV. Kabel yang biasa digunakan meliputi: Mini / mirco HDMI to HDMI cable dan USB to HDMI cable.Anda bisa Memilih kabel tergantung pada perangkat Anda. Kabel mini atau mikro HDMI lebih mungkin untuk kompatibel dengan perangkat Android yang lebih lama sementara kabel USB ke HDMI lebih mungkin untuk mendukung perangkat Android yang lebih baru. Dengan mencolokkan ujung yang lebih kecil ke perangkat Anda dan ujung HDMI ke TV Anda, Anda dapat menyaring berbagi tanpa memerlukan koneksi Internet atau berurusan dengan buffering karena sinyal yang buruk. Perlu diingat bahwa Anda akan dibatasi oleh panjang kabel Anda dan akan perlu mempertahankan koneksi agar layar pantulan tetap mulus.

Cara Menghubungkan Android ke TV Secara Nirkabel

Koneksi nirkabel adalah pilihan populer untuk pantulan layar karena Anda memiliki kebebasan untuk bergerak. Untuk menghubungkan Android secara nirkabel ke TV, Anda memerlukan tiga hal berikut:

  1. Perangkat Android yang diaktifkan Miracast. Sebagian besar perangkat Android 4.2 atau yang lebih baru sudah memiliki Miracast bawaan.
  2. TV yang mendukung Miracast atau adaptor layar nirkabel yang mendukung Miracast.
  3. Input HDMI terbuka di TV Anda.

Adaptor tampilan nirkabel atau dongle adalah perangkat kecil yang dihubungkan ke port HDMI TV Anda. Android Anda dapat berkomunikasi dengan adaptor yang mendukung Miracast secara nirkabel ke cermin layar. Untuk memulai pencerminan layar, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Sambungkan adaptor display nirkabel ke port HDMI terbuka TV Anda dan ke outlet listrik.
  2. Ubah sumber input di TV Anda ke input HDMI yang sesuai.
  3. Di menu pengaturan Android Anda, buka aplikasi “display nirkabel”.
  4. Pilih adaptor Anda dari daftar perangkat yang tersedia.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan.

Itulah bagaimana Cara Menggunakan HDMI Dongle, Perhatikan bahwa semua adaptor berbeda dan memiliki berbagai persyaratan pengaturan. Untuk adaptor yang membutuhkan Wi-Fi, pastikan Android dan adaptor Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Anda juga dapat merujuk ke manual pengguna adaptor Anda untuk instruksi pengaturan khusus.

Tinggalkan komentar