Cara Menggunakan Flashdisk Di HP Dengan Kabel OTG Semua Merk

Flashdisk biasanya digunakan untuk menyimpan sebuah data penting di komputer. Meskipun kini flashdisk sendiri digantikan oleh hardisk external. Bagi kamu yang hanya memiliki smartphone maka kamu bisa mencoba cara menggunakan flashdisk di hp berikut ini.

Untuk menghubungkan flashdisk ke hp tentu tidak bisa kita lakukan secara langsung. Karena dari port keduanya saja sudah berbeda, Jika di flashdisk menggunakan port type USB sedangkan di hp ada yang jenis port type C dan type standar nya yaitu micro USB.

Oleh karena itu kita membutuhkan sebuah perangkat tambahan lagi yang berguna untuk membaca isi dari flashdisk sekaligus melakukan transfer data. Alat tersebut bernama kabel OTG.

USB OTG (on the go) berguna sebagai perantara flashdisk ke hp, tentunya kamu harus menyesuaikan jenis kabel otg yang akan kamu gunakan sesuai port dari hp kamu. Jika menggunakan type C maka kamu bisa membeli kabel otg type C to USB.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Kabel OTG dari USB Flashdisk ke HP

Apabila kamu belum memiliki kabel OTG, silahkan pergi ke toko komputer terdekat atau bisa mencarinya di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada dan sebagainya.

Namun jangan lupa untuk memerhatikan port yang ada pada hp kamu, jangan sampai kamu salah memilih dan membeli kabel OTG tersebut. Jika dirasa bingung, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual. Biasanya penjual akan menanyakan tipe hp yang kamu gunakan apakah hp xiaomi, samsung, oppo, vivo atau iphone.

Berikut ini jenis-jenis kabel OTG yang dapat kamu pakai untuk menghubungkan flashdisk, mouse ke HP :

cara memindahkan foto dari hp ke flashdisk
  1. USB Type A : USB jenis ini sering disebut USB biasa yang digunakan pada mouse, keyboard atau perangkat keras pada komputer.
  2. Micro USB : Terdapat pada charger smartphone terdahulu.
  3. Lightning : Kabel usb lightning digunakan pada hp iphone ataupun hdmi grafis.
  4. USB Type C : Ini adalah versi USB terbaru dan sudah digunakan di beberapa smartphone kelas atas.

Cara Cek HP Support OTG

Perlu kamu tahu fitur USB OTG ini termasuk baru dan tidak dimiliki oleh kebanyakan hp jadul, oleh karena itu untuk memastikan apakah hp kamu cocok untuk menggunakan kabel otg silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

cara memasang flashdisk ke hp

Cara mengecek hp support otg :

  1. Silahkan download aplikasi USB OTG Checker di android.
  2. Kemudian jalankan aplikasinya.
  3. Apabila hp kamu sudah mendukung fitur USB OTG akan tertera ikon centang di aplikasi.
  4. Jika tidak maka kamu tidak bisa menggunakan otg pada hp tersebut.

Kalau hp kamu tidak support OTG maka sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mengatasinya. Namun di beberapa metode otg dapat berjalan pada hp yang sudah dalam kondisi ROOT. Silahkan dicoba siapa tau hp kamu jadi bisa support OTG.

Cara Menyambungkan Flashdisk Di HP

Kamu sudah punya kabel OTG tapi bingung cara menyambungkannya ke HP bagaimana? Sebenarnya mudah kok. Jika kamu perhatikan disetiap ujung kabel OTG pasti memiliki port yang mirip dengan hp kamu atau flashdisk kamu.

Jadi kamu cukup menyesuaikan tipe port tersebut ke perangkat yang sesuai. Misalnya untuk port USB kamu colokkan ke flashdisk, dan port tipe type C atau micro-USB kamu colokkan ke hp kamu. Supaya lebih jelas silahkan perhatikan gambar berikut ini.

cara menghubungkan flashdisk ke hp

Cara menggunakan flashdisk di hp android :

  1. Siapkan kabel USB OTG yang sesuai dengan port HP dan Flashdisk.
  2. Hubungkan kabel sesuai port perangkat.
  3. Tunggu hingga flashdisk dan hp berhasil terhubung.
  4. Buka file manager atau aplikasi explorer file lainnya.
  5. Setelah itu cari nama disk dari USB flashdisk kamu.

Nah dengan begitu sekarang kamu bisa mengirim foto, video, dokumen atau file lainnya dari hp ke flashdisk kamu maupun sebaliknya. Apabila ingin melepaskan flashdisk OTG silahkan masuk ke halaman Pengaturan -> Penyimpanan dan Unmount External Storage untuk mencegah kerusakan USB.

Demikianlah tutorial bagaimana cara menggunakan flashdisk di hp android atau semua merk. Kamu cukup membeli kabel OTG yang harganya berkisaran dari 10rb hingga 50rb di toko komputer atau toko online.

Tinggalkan komentar