Cara Mengecek Typo Di Word

Cara mengecek typo di word – Salah penulisan atau sering disebut dengan typo sangat sering terjadi pada kita di dunia pendidikan, dunia kerja, atau dalam semua kegiatan menulis. Kebanyakan typo kita anggap merupakan hal yang sepele padahal ini mungkin akan menjadi sebuah kebiasaan kita.

Selain itu jika terjadi typo juga bisa mengakibatkan salah makna, karena kemungkinan tidak sesuai dengan KBBI yang sudah di tetapkan.

Pada saat typo dalam mengetik tulisan di word sangat sering terjadi pada kita yang sedang mengerjakan skripsi, makalah, karya ilmiah atau penelitian yang lain. Nah buat kamu yang belum tau, saya akan menjelaskan tentang cara mengecek typo di word secara langsung atau mengecek typo di word secara online.

Baca juga artikel mengenai microsoft word lainnya :

Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia

Disini saya akan menjelaskan tentang mengecek typo langsung di microsoft wordnya tanpa aplikasi yang lain. Disini saya menggunakan Microsoft word tahun 2010, Bagi teman-teman menggunakan microsoft word versi yang berbeda yaitu tahun 2007, 2013, atau yang terbaru sekarang teman-teman bisa pilih yang ada bacaan “Options” atau “Word Options”.

Langkah-langkah mengecek typo di word secara langsung :

  1. Buka dokumen atau file yang akan di cek typo nya. Jika sudah dibuka lalu pilih menu File –> Options. Bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini :
    cara mengecek typo di word 2007
  2. Nah, pada bagian ini kamu pilih bagian “Proofing“, jika sudah maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :
    check spelling as you type microsoft word
  3. Pada gambar diatas ada gambar lingkaran merah pada bagian “When Correctng Spelling and grammar in world” yang terdapat 4 bagian dan ada kotak yang harus di centang. Di bagian ini kamu centang semuanya atau ke 4 bagian ini, lalu klik ok.
  4. Jika kamu sudah klik ok, tetapi tidak ada perubahannya, maka kamu jangan khawatir karena perubahan nya adalah ada tanda bergaris berwarna merah atau hijau. Disini saya akan memberikan sedikit kamus kecil yang akan memudahkan kamu untuk mengatur typo pada word kamu. cara nya tinggal ikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini.
  5. Sebelum lanjut, kamu disarankan untuk mendownload kamus kecil yang akan membantu untuk pengecekan, kamu bisa download di Link ini bit.ly/Kamuskecilword.
  6. Jika sudah di download, maka kembali lagi pilih menu file–>Options–> Proofing. selanjutnya kamu lihat pada gambar di bawah ini yang dilingkari warna merah, kamu pilih itu (Custom Dictionaries).
    custom dictionaries microsoft word
  7. Jika muncul gambar seperti di bawah ini, maka kamu pilih bagian “File Path” dan salin dibagian File path.
    cara mengecek typo di word 2016
  8. Pada gambar di atas copy pada bagian file path “C:\Users\Asus\AppData\Roaming\Microsoft\UProof” dan paste ke “File Explorer” , atau ikuti pada bagian gambar yang ditandai warna merah.
    cara manual mengecek typo di word
  9. Jika sudah kamu salin, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :
    cara mengecek kalimat typo di word
  10. Custom pada gambar diatas yaitu dictionary yang disediakan oleh microsoft word itu sendiri, selanjutnya kamu klik, maka tampilannya hanya ada kata “ASUS“. yang berarti di tampilan itu kosong belum ada isi. Kata-kata yang ada didalam tidak semestinya asus, ada juga yang berbeda sesuai kebawaan laptop.
  11. Selanjutnya kamu buka kamus kecil yang kamu download sebelumnya tdi, dan kamu salin isi dari file yang telah kamu donwload kedalam custom pada file explorer. seperti gambar di bawah ini isi file yang telah di donwload sebelumnya, dan disimpan di custom pada file explorer dan jangan lupa di save kembali hasil salinan yang di file explorer.
    cara mengecek typo dan benar tidaknya kata di word
  12. Setelah itu akan muncul garis bawah berwarna hijau atau merah. Di bagian ini, jika berwarna hijau berarti itu ada typo nya, maka caranya adalah tinggal kamu klik kanan bagian ada garis berwarna merahnya, atau bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.
    cara cek kata yang salah di word

nah bisa kamu lihat pada gambar di atas, kata yang salah adalah kata peningkatan, maka jika kita klik kanan akan muncul kata kamus kecilnya langsung dan tinggal kita klik yang sesuai dengan kata sebelumnya.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Cek Penulisan yang Salah Di Word Secara Online

Cara yang ke dua yaitu mengecek typo di word online. Berbeda dengan cara yang pertama yaitu secara langsung di microsoft wordnya, cara kedua ini kita membutuhkan website yang sesuai KBBI untuk mengecek typo yang ada pada file atau dokumen kita.

Langkah-langkah mengecek typo di word online :

  1. Kamu tinggal ketikkan nama website untuk mengecek typo di file kamu yaitu “Typoonline.com”. jika kamu ingin menggunakan Typo Online ini, kamu wajib untuk Login menggunakan email kamu, atau jika tidak memiliki email bisa dengan mengklik Daftar. Seperti inilah gambar tampilan awal pada Typo Online.
    cara mengecek tulisan yang salah di microsoft word 2016
  2. Pada tampilan awal di Typo Online seperti gambar diatas, terdapat kata Arti kata, Dokumen, Teks, Website, dan Blog. Nah disitu sesuai pilihan kamu, kamu akan melakukan pengecekan typo berdasarkan apa ? sebagai contoh disini saya melakukan pengecekan dokumen. Jika kita akan melakukan pengecekan dokumen, kamu tinggal klik dokumen, dan upload dokumen kamu di situ. lakukan seperti gambar di bawah ini.
    cara mengecek typo di word 2010
  3. Upload dokumen kamu di tanda kotak, jika sudah lalu klik ok. Maka langsung akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
    cara cek typo otomatis di word
  4. Tampilan pada gambar diatas adalah hasil dari pengecekan typo dari typo online. Pada gambar di atas terdapat 3 warna yang memiliki arti. seperti warna pink berarti Typo, warna biru yang berarti berbahasa inggris, ungu berarti extra database.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

itulah penjelasan cara pengecekan typo yang bisa dilakukan secara langsung menggunakan word dan secara online melalui website Typo Online. Yang manakah paling efektif ? jika ditanyakan paling efektif ini semua efektif dan menambahkan pengetahuan kita, Hanya saja tergantung kebutuhan masing-masing.

Demikianlah penjelasan dan cara mengecek typo di word sesuai dengan yang dibutuhkan saat ini atau yang akan datang.

Share on:

2 pemikiran pada “Cara Mengecek Typo Di Word”

Tinggalkan komentar