Cara Mengatur Ukuran Kertas Kuarto Di Word

Di artikel ini kamu tidak perlu bingung lagi buat cara mengatur ukuran kertas kuarto di word 2010, 2016, 2007, 2013 atau versi microsoft lainnya. Apalagi disini kami akan memberikan bagaimana cara print kertas kuarto agar dapat mempermudah teman-teman yang ingin mencetaknya.

Sebelum ke cara pembuatan kertas kuarto di word, Mari kita ketahui dulu apa itu kertas kuarto, kegunaan, perbedaan dengan kertas lainnya dan contohnya berikut ini.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Apa Itu Kertas Kuarto?

kertas kuarto adalah salah satu ukuran kertas yang berasal dari kata American Quarto yang memiliki dimensi lebar 21 cm dan panjang 29 cm atau kertas resmi ukuran A / Letter. Kertas kuarto ini dibuat oleh salah satu organisasi edukasi keperpustakaan yang bernama American Library Association (ALA).

Apakah Kertas Kuarto Dan A4 Sama?

Banyak yang bertanya apakah kertas kuarto sama dengan a4? Sesuai dengan definisi kertas kuarto yang telah kami jelaskan di atas, Maka sebenarnya dari segi ukuran kertas kuarto dan a4 hampir sama saja tetapi lebih panjang kertas kuarto. Oleh karena itu kertas A4 merupakan alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan kertas kuarto dengan ukuran 21,6 x 27cm atau 8,5 x 10,8 inch.

Kegunaan Kertas Kuarto

Kertas kuarto sendiri sering digunakan oleh mahasiswa dalam membuat skripsi atau tugas akhir, Mengingat sebagian universitas di indonesia mewajibkan mahasiswa/i nya untuk membuat skripsi dan mencetak menggunakan kertas kuarto. Dan kertas kuarto juga sering digunakan pada ijazah, dan berbagai surat resmi lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Footnote, Innote, dan Endnote Di Word

Contoh Kertas Kuarto

Salah satu contoh kertas kuarto yang paling sering dijumpai adalah kertas kuarto bergaris maupun yang polos. Berikut ciri-ciri kertas kuarto yang banyak beredar :

contoh kertas kuarto

Cara Mengatur Ukuran Kertas Kuarto Di Microsoft Word

Sekarang kita akan mengatur ukuran kertas kuarto di microsoft word, Untuk versi word yang digunakan silahkan gunakan versi apa saja karena memang sebenarnya hampir sama saja tetapi mungkin ada sedikit perbedaan pada tampilan dan letak menu pada microsoft word.

  1. Buka software microsoft word kemudian pergi ke Page layout lalu pilih ikon tanda panah disamping tulisan page setup.
    cara mengubah kertas kuarto di word
  2. Akan muncul menu settingan page setup, Pilih paper dan ubah ukuran menjadi Letter. Lalu pada lebar dan tingginya isi 21,5 CM x 29,7 CM. Kemudian OK.
    cara mengubah kertas kuarto di word
  3. Selesai.

Bagaimana? sangat mudah bukan untuk mengatur kertas kuarto di microsoft word, Karena memang caranya hampir sama saja pada kertas F4 (folio).

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Demikianlah bagaimana cara mengatur ukuran kertas di kuarto yang kami bagikan, Semoga dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas kuliah seperti skripsi dan dokumen lainnya menggunakan kertas kuarto. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar di bawah.

Tinggalkan komentar