Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Cara mengatur kecerahan laptop windows 10 diketahui sebab sangat berpengaruh pada diri kita terutama pada kenyamanan mata. Saat kita melakukan aktivitas menggunakan Laptop/PC ada baiknya kita memperhatikan cahaya diruangan. Seandainya kita berada ditempat yang kondisinya terang, maka ada baiknya kita meningkatkan kecerahan layar kita dan begitu sebaliknya, jika kita berada ditempat yang kondisinya redup atau tidak terlalu terang maka ada baiknya tingkat kecerahan kita kurangi menjadi standart.

Hal ini dilakukan agar mata kita tidak merasakan sakit akibat dari radiasi yang ditimbulkan oleh Laptop/PC kamu. Untuk menghindari terjadinya kerusakan mata akibat dari kecerahan layar maka kita bisa mengatur tingkat kecerahan cahaya layar. Nah, cara untuk menaikkan dan menurunkan kecerahan cahaya pada windows 10 sangat lah mudah. Terdapat 4 cara yaitu menggunakan Tombol Fisik, melalui windows mobility center, melalui display settings serta action center.

Cara ini juga berlaku pada laptop asus, acer, hp, lenovo dan tipe lainnya dengan syarat menggunakan windows 10. Selain itu jika kamu tidak menemukan fitur brightness atau tidak berfungsi kami juga kan memberikan solusinya di bawah ini. Berikut cara dan langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatur brightness windows 10 agar menjaga kenyamanan mata kamu !

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Dalam mengatur brightness pada windows 10 terdapat setelan atau pengaturan khusus yang perlu kita ketahui. Selain kita bisa mengetahui tingkat kecerahan layar atau brightness ini juga terdapat beberapa fitur yang mungkin awal nya kamu tidak tahu menjadi lebih tahu letak atau posisi fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh windows 10 ini. Cara setting brightness pada windows 10 :

1. Menggunakan Keyboard

cara mengatur kecerahan laptop windows 10 dengan keyboard

Cara yang pertama yaitu menggunakan Keyboard. Tombol fisik pada Keyboard bisa mengatur cahaya sesuai dengan tingkat kecerahan pada layar laptop. Tombol fisik ini yaitu penggunaan kombinasi tombol yang tersedia oleh keyboard. Hanya saja tata letak di setiap keyboard yang mempunyai opsi brightness berbeda-beda.

Pada umumnya penggunaan shortcut juga berbeda tergantung dari merk laptop nya masing-masing. Tetapi kamu juga bisa mencobanya dan menerapkan nya. Kombinasi tombol keyboard yang digunakan yaitu FN + F5 (untuk mengurangi tingkat kecerahan) dan FN + F6 (Untuk menambah tingkat kecerahan). Tekan secara bersamaan agar kombinasi keyboard yang kamu tekan berfungsi.

Seandainya kombinasi FN+F5 dan FN+F6 tidak berfungsi di laptop kamu, kamu juga bisa menggunakan tombol keyboard langsung tanpa menggunakan kombinasi, seperti langsung menekan tombol F11 (untuk mengurangi tingkat kecerahan) dan F12 untuk meningkatkan kecerahan). Jika seandainya tidak berfungsi juga kedua cara tersebut kamu bisa langsung melihat atau menekan simbol brightness yang terletak pada keyboard PC kamu.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop

2. Melalui Windows Mobility Center

Windows Mobility Center merupakan cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi atau menambahkan tingkat kecerahan layar Laptop/PC kamu. Mobility Center yaitu terdapat beberapa fitur yang tersedia seperti sinkronisasi, battery server, opsi presentasi, volume speaker serta display tambahan. Langkah-langkah penggunaan windows mobility center :

  • Menggunakan Shortcut WinX. Kamu bisa menggunakan kombinasi atau shortcut WinX dengan menekan Win + X secara bersamaan. Kemudian pilih fitur mobility center.
    cara mengatur kecerahan di laptop acer windows 10
  • Jika kamu sudah mengklik fitur mobility center diatas, maka muncul kotak windows mobility center. Disana tersedia banyak fitur yang bisa kamu gunakan. Nah disini untuk mengatur tingkat kecerahan kamu bisa menggeser garis yang terdapat di brightness.
    cara mengatur kecerahan laptop asus windows 10
  • Jika sudah kamu atur tingkat kecerahan layar kamu, Selanjutnya kamu hanya tinggal menutup windows mobility center tersebut.

Baca juga : Cara Mematikan Komputer Otomatis

3. Melalui Display Settings

Display Setting merupakan pengaturan tampilan yang sesuai dengan keinginan kita. jika 2 cara tersebut tidak bisa kamu gunakan, kamu bisa memilih cara ini untuk mengatur tingkat kecerahan layar. berikut langkah-langkah melalui display settings :

  • Membuka display settings bisa kamu menggunakan start menu atau search windows kemudian ketiikan display settings.
    cara mengatur kecerahan di laptop windows 10
  • Setelah kamu klik display settings pada search windows, kemudian muncul yaitu system. Nah di system ini sama dengan windows mobility center yang banyak terdapat fitur-fitur untuk pengaturan dalam laptop. Hanya saja yang membedakan Display Settings ini lebih terperinci atau lebih banyak pengaturannya dibanding windows mobility center. Sekarang kamu hanya tinggal mengatur tingkat kecerahan di Brightness Level.
    cara gelapkan layar laptop

4. Melalui Action Center

Action Center biasa disebut dengan quick action merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh windows 10 . Fitur yang disediakan oleh action center ini sering kita gunakan seperti Network, Location, Mobile Hostpot, Nearby Sharing serta Airplane mode. Apakah fitur Brightness juga tersedia dia action center ? Tentu ada tersedia. Berikut langkah-langkah melalu action center :

  • Terlebih dahulu membuka action center atau quick action dengan menekan tombol Win + A secara bersamaan.
  • Setelah muncul kotak action center yang menyediakan banyak fitur, maka kamu tinggal memilih fitur yang kamu butuhkan. Disini untuk Brightness kamu pilih yang ada tanda seperti matahari, kemudian tekan sekali saja. Maka cahaya akan otomatis terang ataupun redup.
    cara mengatur kecerahan laptop hp windows 10

Baca juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10 yang tidak berfungsi

Perlu kamu ketahui bahwa dalam pengaturan atau saat menyetting fitur brightness pada laptop/PC kamu pasti akan terdapat tombol atau pengaturan yang tidak berfungsi. Kamu seharusnya tau akan hal mengapa tombol brightnes atau pengaturan pada brightness tidak berfungsi. Pengaturan brightness bisa tidak berfungsi dikarenakan 3 hal :

  1. Tidak adanya slider kecerahan tersedia
  2. Tidak dapat menambah dan mengurangi kecerahan menggunakan tombol brightness yaitu F5 tidak aktif
  3. Laptop kamu dalam keadaan masalah yaitu tingkat kinerja pc sangat lambat.

Cara untuk mengatasi masalah tidak berfungsinya fitur brightness dengan mengupdate Display driver dari windows. mengupdate display driver ini sangat di perlukan dikarenakan juga akan berpengaruh terhadap fitur-fitur lainnya. Cara mengupdate display driver yaitu :

  • Buka search windows kemudian ketikkan Update Device Driver atau Driver Manager lalu klik 2 kali.
    cara mengatur kecerahan laptop windows 10 yang tidak berfungsi
  • Setelah muncul Device Maneger yang mengeluarkan banyak fitur, Maka klik 2 kali pada Display Adapters –> Microsoft Basic Display Adapter. Kemudian klik kanan pilih Update Driver. Pada tahap ini jika kita mengklik Update driver maka otomatis update sedang berjalan, tunggu hingga selesai.
  • Jika sudah selesai mengupdate, maka otomatis di display adapters berubah menjadi Intel (R) HD Graphics 620. Jadi, tandanya pengupdate berhasil dilakukan didisplays adapters berubah dari Microsoft basic menjadi Inter(R).
    cara mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur windows 10
  • Seandainya jika sudah di update driver tetapi tetap tidak mau, maka Intel (R) HD Graphics 620 harus di update terlebih dahulu. Caranya yaitu klik 2 kali pada Intel (R) HD Graphics 620, lalu pilih Driver –> Update Driver –> OK .
    cara menurunkan kecerahan laptop windows 10
  • Selanjutnya pilih Browse my computer for diver software.
    cara mengatur screen brightness windows 10
  • Pilih let me pick form a list of device drivers on my computer.
    cara mengatur brightness windows 10 yang tidak berfungsi
  • Kemudian pilih Intel (R) HD Graphics 620 –> Next. Tunggu hingga proses pengupdatetan selesai.
    cara menaikan brightness windows 10

Baca juga : Cara Memindahkan Data Dari Hp Ke Laptop

Nah sampai disitu tahap untuk melakukan update driver pada driver manager yang terdapat di windows 10.

Demikianlah Cara Mengatur kecerahan Laptop windows 10 dan juga cara setting brightness pc pada windows 10 yang tidak berfungsi. Caranya sangat mudah dan bisa kamu lakukan tahap pertahap, agar kamu lebih paham langsung mepraktekkan saja.

Share on:

Tinggalkan komentar