Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Instal Aplikasi

xiaomi tidak bisa instal aplikasi

Kesal banget gak sih udah lama banget nungguin proses download aplikasi yang berukuran besar eh malah tidak bisa di instal? Itulah yang sering dialami oleh pengguna hp xiaomi termasuk saya sendiri.

Sebenarnya sih untuk mendapatkan sebuah aplikasi khususnya android, Kita dapat mencarinya langsung di Google Playstore karena memang disana sudah banyak sekali aplikasi yang tersedia dari mulai aplikasi editor, game, kantor dan lain sebagainya.

Namun pada aplikasi yang tersedia di google playstore sendiri ada yang berbayar dan juga ada yang gratis, Tentunya perbedaannya terdapat pada fitur pada versi pronya yang biasanya lebih istimewa.

Salah satu fitur yang kamu dapatkan dari aplikasi versi berbayar yang disediakan adalah menghilangkan iklan pada aplikasi tersebut, Sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi dengan nyaman dan leluasa.

Baca juga : Cara Menghilangkan Pop Up iklan di Android Tanpa Aplikasi

Oleh sebab itu banyak sekali pengguna android yang mencari aplikasi premium namun dapat digunakan secara gratis dibagikan di google, Nah bagi kamu yang ingin menginstall aplikasi di luar google playstore ada sedikit pengaturan yang perlu kamu lakukan.

Pada kasus lain ada juga masalah yang mungkin kamu alami seperti gagal install aplikasi melalui google playstore karena paket aplikasi yang rusak dsb, Untuk itu silahkan simak ulasan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di xiaomi berikut ini.

Baca juga : Cara Mematikan Penyimpanan USB

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Luar Playstore

Cara yang pertama adalah khusus untuk kamu yang ingin memasang aplikasi dari sumber tidak dikenal atau hasil download dari luar playstore, Karena secara default memang hp xiaomi tidak dapat menginstal aplikasi yang bukan dari google playstore.

Sedikit informasi disini saya menggunakan smartphone xiaomi S2 dengan versi android 9 (pie) dan juga versi MIUI 11, Jadi apabila kamu menggunakan miui 10, 9, 8 atau MIUI 12 silahkan sesuaikan dengan posisi menu masing-masing.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Instal Aplikasi
Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi MIUI 11

Berikut Langkah-Langkah Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi MIUI 11, 10, 9, 8 dan versi lama :

  1. Pertama, Tap dan tahan pada aplikasi Google Chrome (browser untuk download aplikasi)
  2. Kemudian pilih info apl
  3. Gulir ke bawah dan tap pada Instal apl yang tidak diketahui.
  4. Kemudian aktifkan tanda centang pada izinkan dari sumber ini.

Setelah mengaktifkan dan mengizinkan hp xiaomi untuk menginstall aplikasi dari sumber tidak dikenal, Maka otomatis setiap aplikasi yang berhasil kamu download dari browser google chrome akan berhasil di install.

Fungsi utama kenapa fitur sumber tidak dikenal ini tidak diaktifkan adalah alasannya karena aplikasi dari luar playstore berkemungkinan besar terdapat virus atau malware yang bahkan dapat mengambil data pribadi kamu, Oleh karena itu apabila kamu mengaktifkan fitur ini maka kamu sudah bersedia untuk menanggung segala risikonya seperti kerusakan pada hp.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Playstore

Berbeda halnya dengan masalah yang pertama yaitu tidak bisa install aplikasi dari luar playstore, Ternyata ada juga teman-teman dari pengguna smartphone xiaomi yang tidak bisa install aplikasi di playstore.

Ada beberapa masalah yang paling mempengaruhi ketika kamu tidak bisa install apliasi dari google playstore yaitu seperti aplikasi tidak mendukung atau tidak sesuai dengan versi android yang kamu gunakan, google playstore error, aplikasi error, hp xiaomi error dan faktor lainnya.

Oleh sebab itu,Silahkan simak ulasan cara mengatasi play store tidak bisa instal aplikasi di xiaomi berikut ini!

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Hal yang pertama kali sering dialami pada saat hp tidak bisa instal aplikasi dari google playstore adalah koneksi internet yang kurang stabil, Contohnya saja seperti proses download sangat lama, stuck, bahkan berhenti dan download ulang kembali.

Jadi saya sarankan untuk menggunakan jaringan koneksi internet yang stabil dan mempersiapkan kuota lebih dari ukuran aplikasi yang akan diinstal, Kamu juga bisa menggunakan wifi apabila kamu memilikinya agar kuota kamu tidak cepat habis.

2. Restart Ulang Google Playstore

Jika kamu merasa koneksi internet kamu mencukupi atau sangat lancar, Mungkin saja terdapat masalah pada aplikasi google playstore yang kamu miliki. Oleh sebab itu kita perlu paksa berhenti aplikasi tersebut, bisa melalui menu pengaturan atau langsung menghapus pada log app.

Untuk memaksa berhenti aplikasi google playstore di hp xiaomi MIUI 11 yaitu masuk ke menu Pengaturan > Apl > Kelola aplikasi kemudian tap pada Google Playstore dan Paksa henti. Jika melalui log app yaitu tekan pada tombol recent apps di samping kiri tombol home pada hp xiaomi kemudian tap pada ikon tong sampah atau bersihkan.

3. Penyimpanan Internal Penuh

Untuk menginstal aplikasi apapun yang tersedia di google playstore, Tentunya kamu harus menyediakan ruang penyimpanan internal yang mencukupi sesuai dengan ukuran aplikasi yang akan kamu instal.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui berapa kapasitas ruang penyimpanan kamu yang dapat dipakai saat ini dengan cara pergi ke menu Pengaturan lalu pilih Tentang Ponsel dan pilih Penyimpanan, Disana akan terlihat berapa ruang penyimpanan yang tersedia dan detail lengkap pemakaian total ruang penyimpanan dari berbagai aplikasi, media, cache dan file lainnya.

4. Versi Android Tidak Didukung

Mengingat setiap aplikasi memiliki versi android pendukung yang berbeda-beda, Maka kamu tidak bisa menginstall aplikasi yang memang tidak mendukung versi android yang kamu gunakan saat ini.

Jadi, untuk mengetahui versi android yang kamu gunakan adalah dengan masuk ke menu Pengaturan > Tentang Ponsel dan lihat pada bagian versi android, Cara melihat versi aplikasi yang ingin kamu download dan install pertama pergi ke Google Playstore kemudian pada bagian bawah aplikasi pilih Tentang Aplikasi, Game dan lainnya.

5. Aplikasi Sistem Error

Apabila cara di atas tidak bisa mengatasi masalah hp xiaomi yang tidak bisa install aplikasi dari google playstore, Maka ada kemungkinan terjadi masalah atau error dari aplikasi sistem atau hp xiaomi kamu sendiri.

Saya tidak merekomendasikan cara ini bagi kamu yang masih awam terutama dalam hal hp android, Karena dengan menginstall ulang hp xiaomi kamu otomatis data akan hilang semua.

Tetapi jika kamu memang ingin mereset hp xiaomi kamu, Silahkan backup semua data yang ada terlebih dahulu agar tidak terjadi kehilangan data penting yang tidak akan bisa dikembalikan. Kebetulan saya sudah pernah membagikan caranya jadi silahkan baca di : Cara Reset HP Xiaomi.

Cara Mengatasi Apl Tidak Terpasang Paket Tampaknya Rusak Di Xiaomi

Maslah umum yang sering terjadi ketika kamu menginstal aplikasi dari luar google playstore adalah munculnya notifikasi seperti ini “Apl tidak terpasang, Paket tampaknya rusak“, Kemudian aplikasi gagal dipasang.

Nah, hal ini terjadi bahwa kamu memasang aplikasi yang sama atau mungkin dengan jenis yang sama namun namanya saja yang berbeda. Contohnya ketika kamu menginstall aplikasi kinemaster MOD tetapi di hp xiaomi kamu sudah terpasang aplikasi kinemaster dari google playstore, atau juga game dari unity dll.

Jadi cara yang mesti kamu lakukan adalah dengan menghapus atau uninstall salah satu aplikasi yang tidak kamu gunakan kemudian install aplikasi yang awalnya tidak bisa dipasang kembali. Untuk cara menghapus sebuah aplikasi di hp android seperti xiaomi kamu bisa ke menu Pengaturan > apl > pilih aplikasi yang ingin dihapus lalu Uninstall.

Baca juga : Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Demikianlah pembahasan mengenai xiaomi tidak bisa instal aplikasi dari google playstore maupun luar playstore dan juga mengatasi paket tampaknya rusak di hp xiaomi, Apabila kamu punya pertanyaan lain silahkan tinggalkan di kolom komentar dan jangan lupa untuk menantikan tutorial seputar xiaomi menarik lainnya.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com