Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa

Mau buka whatsapp eh tiba-tiba ada notifikasi whatsapp kadaluarsa, Begini cara mengatasinya yang terbukti ampuh!
Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa

Error yang sering terjadi saat menggunakan aplikasi whatsapp seperti tidak bisa dibuka dan muncul tulisan whatsapp kadaluarsa, Jika kamu memang mengalami hal yang sama berikut cara mengatasinya.

Ada beberapa cara yang akan saya bagikan, salah satunya adalah memperbarui whatsapp ke versi baru tanpa playstore, ganti nomor, menghilangkan chat dan juga tanpa perlu menghapus aplikasi whatsapp.

Adapun untuk mengupdate whatsapp sendiri kita bisa memperbarui secara langsung di hp android, atau iphone, atau langsung di situs resminya menggunakan browser pada laptop.

Namun ternyata, tidak sedikit yang mengatakan bahwa gagal memperbarui whatsapp di karenakan salah mengatur waktu atau tanggal di hp. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab yang membuat wa menjadi kadaluarsa.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Whatsapp Dengan Nomor Yang Tidak Aktif

Penyebab WhatsApp Kadaluarsa

Ada berbagai penyebab yang bisa bikin whatsapp menjadi kadaluarsa, Salah satu yang meungkin tidak kamu sadari adalah kamu salah mengatur tanggal atau waktu sistem pada hp smartphone.

Perlu kamu ketahui bahwa sederhananya yang namanya kadaluarsa, tentunya sangat berkaitan dengan yang namanya versi. Jadi apabila whatsapp memiliki update fitur terbaru otomatis whatsapp yang kamu gunakan akan menjadi kadaluarsa jika kamu tidak memperbaruinya dari versi lama ke versi terbaru.

Masalah lainnya adalah kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau whatsapp MOD, Jika kamu pengguna whatsapp mod mungkin kamu sudah tahu betul bahwa whatsapp mod tidak bisa diupdate secara otomatis layaknya whatsapp biasa di playstore.

Jadi, untuk mengupdate whatsapp MOD seperti GB Whatsapp, WhatsApp Plus, WhatsApp aero, YoWhatsApp, Fouad Whatsapp dan whatsapp mod lainnya adalah memperbarui secara manual di situs resminya.

Yang terakhir adalah pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil tidak lemot agar proses pembaruan whatsapp tidak gagal, Karena bisa jadi whatsapp kamu akan error jika updatenya gagal apalagi bisa menghilangkan semua chat yang ada.

Baca juga : Cara Mengetahui Nama Kontak WA Kita di HP Orang Lain

Cara Perbarui Whatsapp Kadaluarsa

Karena whatsapp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer dan memiliki 1 milyar pengguna lebih di dunia, Disini saya akan menjelaskan cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa di android dan ios atau iphone.

1. Android

update whatsapp playstore

Jika kamu pengguna smartphone android, Kamu bisa memperbarui whatsapp secara mudah langsung di google playstore android. Berikut caranya :

  • Pertama, Buka Google Playstore
  • Kemudian ketikkan atau cari WhatsApp
  • Lalu tap pada tombol Update/Perbarui
  • Tunggu hingga proses pembaruan berhasil
  • Selesai

2. Iphone

cara memperbarui whatsapp di iphone

Berbeda dengan android yang mempunyai google playstore, Apabila kamu menggunakan hp iPhone atau iOS kamu bisa membuka aplikasi Apps Store.

  • Buka aplikasi Apps Store.
  • Lalu cari aplikasi WhatsApp
  • Dan pilih Update atau Perbarui
  • Selesai.

3. Website

cara memperbaiki whatsapp kadaluarsa

Jika kamu tidak bisa update di google playstore ataupun pada apps store, Kamu juga bisa langsung update whatsapp melalui situs website whatsapp resminya.

Kamu bisa menggunakan smartphone android, iphone atau browser laptop untuk melakukan cara ini. Pastinya kamu akan mendapatkan aplikasi whatsapp versi terbaru yang terbukti keamanannya.

Berikut cara memperbarui wa kadaluarsa melalui situs whatsapp :

  • Pertama, Silahkan kunjungi situs resmi whatsapp berikut ini : https://www.whatsapp.com/download/
  • Jika sudah klik pada tombol Download, Lalu tunggu hingga proses download selesai.
  • Install aplikasi whatsapp.
  • Selesai.

Itulah cara memperbarui whatsapp pada hp android dan iphone yang bisa kamu update melalui google playstore dan juga apps store dengan mudah, Selain itu kamu juga dapat mengunduh aplikasi whatsapp versi terbaru langsung dari situs resminya.

Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa Tanpa Update

Lalu apakah kita bisa mengatasi whatsapp yang sudah kadaluarsa atau tidak bisa dibuka tanpa update sama sekali seperti cara yang sudah saya jelaskan sebelumnya?

Jawabannya sangat bisa, karena jika kamu sudah paham penyebab whatsapp bisa kadaluarsa yang telah saya bagikan di atas maka kamu bisa memperbaiki masalah yang mungkin kamu tidak sadari berikut ini.

1. Mengatur Tanggal/Waktu

cara mengatasi whatsapp kadaluarsa di android

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur waktu pada smartphone yang kamu gunakan dengan waktu yang sesuai saat ini

Padahal sebenarnya di beberapa smartphone saat ini sudah disetel waktunya secara otomatis menggunakan koneksi internet, Tetapi tetap saja waktu sering tidak akurat dan tidak sesuai.

Disini saya menggunakan smartphone xiaomi, Jadi mungkin ada perbedaan sedikit pada menu yang ada pada hp kamu.

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan
  • Kemudian pilih Setelan tambahan.
  • Lalu Tanggal & Waktu
  • Hilangkan Tanggal & Waktu otomatis
  • Setelah itu atur tanggal, waktu dan juga hari sesuai waktu saat ini.
  • Selesai.

2. Menggunakan WhatsApp MOD versi terbaru

solusi whatsapp kadaluarsa

Cara yang kedua adalah bagi kamu para pengguna whatsapp MOD.

Mengingat bahwa saat ini whatsapp sering kali menutup aplikasi nya pada versi lama dengan notifiaksi pesan whatsapp kadaluarsa, Oleh karena itu kamu tidak bisa menggunakan whatsapp mod versi lama.

Berikut ini cara mengecek versi whatsapp :

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Kemudian tap pada ikon titik tiga lalu Setelan
  • Setelah itu pilih Bantuan
  • Dan Info aplikasi
  • Selesai.

Di halaman info aplikasi tersebut kamu akan diberikan keterangan yang berisi informasi whatsapp seperti versi yang digunakan saat ini.

Bisakah Memperbarui WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store?

Banyak pertanyaan yang muncul seperti “apakah kita dapat memperbarui whatsapp yang sudah kadaluarsa tanpa aplikasi playstore?” Jawabannya Bisa.

Untuk memperbarui whatapp yang kadaluarsa tanpa aplikasi seperti google playstore, Kamu bisa download aplikasi whatsapp versi terbaru melalui situs resminya whatsapp yang dapat kamu baca di panduan atas.

Bagaimana Cara Memperbarui Wa Tanpa Menghilangkan Chat?

Sebenarnya di aplikasi whatsapp sendiri sudah disediakan fitur backup yang dapat kamu gunakan untuk membackup data termasuk chat whatsapp secara manual maupun otomatis. Silahkan baca disini : Cara Backup Whatsapp

Selain itu kamu juga dapat membackup data whatsapp seperti foto, file, chat, video dan sebagainya dengan sangat mudah agar bisa kamu gunakan di hp lain tanpa menghapus aplikasi whatsapp.

Kerennya lagi kamu tidak perlu login kembali, ini berguna apabila kamu lupa password, email, atau no hp hilang dan tidak aktif lagi. Baca kesini : Cara Login Whatsapp Tanpa Verifikasi.

Baca juga : Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Wifi

Begitulah 7 cara mengatasi whatsapp kadaluarsa tanpa menghilangkan chat dan tanpa menghapus aplikasi whatsapp di android dan iphone yang telah saya bagikan, Jadi apabila kamu masih punya masalah terkait whatsapp yang kadaluarsa silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar postingan ini.

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"