Cara Mengatasi Pesan Unknown Error di Instagram

Walaupun Instagram merupakan salah satu sosial media terbesar dengan jumlah pengguna lebih daru satu milliar orang setiap bulannya tidak ada yang tidak mungkin bahwa sosial media raksasa ini pernah mengalami kesalahan, error atau terdapat bug di dalamnya.

Contohnya saja kamu mungkin pernah melihat pesan Unknown Error disaat menggunakan instagram. Hal ini menyebabkan kamu tidak bisa merefresh atau menyegarkan postingan-postingan terbaru di beranda instagram kamu. Lalu bagaimana cara agar bisa normal kembali? Berikut ini afrizatul.com akan memberikan cara mengatasi pesan Unknow Error yang muncul pada instagram.

Kenapa Muncul Unknown Error?

Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita ketahui dulu penyebab kenapa muncul unknown error atau kesalahan seperti ini di instagram.

Salah satu kenapa pesan error ini muncul dikarenakan error dari server instagramnya sendiri dan kamu bahkan tidak bisa menggunakannya sama sekali. Lalu kamu juga bisa mengecek apakah koneksi internet kamu sedang rusak atau stabil. Koneksi internet dan kecepatan internet juga sangat mempengaruhi.

Jika kamu menggunakan koneksi internet melalui jaringan Wifi kamu bisa mengecek access point atau router wifi kamu masing-masing. Karena sebagian orang mengalami hal ini dikarenakan instagram tidak bisa merespon dengan baik dengan koneksi yang tidak stabil. Kamu juga bisa mencabut kabel dari router kamu kemudian memasangkan nya lagi. Ini mungkin bisa menjadi solusi.

Tetapi jika kamu menggunakan koneksi internet melalui data seluler atau langsung dari paket data internet kamu bisa merestart jaringan internet kamu dengan cara mengaktifkan mode pesawat kemudian matikan lagi. Mode pesawat sendiri di setiap smartphone berbeda-beda jadi kamu sesuaikan dengan tipe smartphone kamu masing-masing.

Itu adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi pesan error Unknown error di instagram, Tetapi jika masih tidak bisa kamu bisa menggunakan cara yang afrizatul.com telah sediakan dibawah ini.

MEMBERSIHKAN CACHE DAN DATA INSTAGRAM

Kita tau bahwa setiap aplikasi di android pasti memiliki cache dan data aplikasi. Cache berfungsi untuk menyimpan data sementara agar aplikasi tersebut tidak memakan kinerja hp menjadi lemot. Dan ketika data tersebut rusak maka yang terjadi akan ada beberapa kesalahan dan muncul nya bug. Semakin lama kamu menggunakan aplikasi instagram maka semakin banyak pula cache kamu. Jika kamu menggunakan instagram hampir setiap hari maka cache kamu akan berukuran sangat besar bahkan lebih besar dari pada size aplikasi instagram sendiri.

Untuk mengatasi pembekakan size cache yang sangat besar maka perlu adanya menghapus cache secara berkala agar penyimpanan kamu tidak terkuras habis. Jika cache kamu semakin besar maka otomatis android kamu juga akan semakin lemot. Jadi ayo kita bersihkan cache dan data aplikasi instagramnya dengan cara berikut ini :

  1. Kamu bisa ke pengaturan. Ada beberapa cara untuk masuk ke pengaturan bisa melalui aplikasi Pengaturan secara langsung atau dengan cara menarik bilah atas lalu menekan tombol gear atau pengaturan.
  2. Lalu pilih manager aplikasi (setiap smartphone android berbeda-beda). Kemudian cari aplikasi instagram.
  3. Setelah itu Hapus Cache dan Hapus datanya. Jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu jika ada data yang sekiranya penting.
  4. Jika sudah. Paksa Berhenti atau Force close kemudian buka kembali Instagramnya.

Dengan cara tersebut maka instagram kamu akan kembali ke posisi awal pertama kali diinstal dan jika ada virus sebelumnya maka akan hilang. Masih belum bisa? Yuk ke cara selanjutnya..

PERBARUI INSTAGRAM

Pastikan Aplikasi Instagram kamu berada di versi terbaru. Kamu dapat mengecek nya di Google Playstore. Jika ada tombol Update atau Perbarui maka kamu masih menggunakan versi yang lama.

Kamu bisa mengupdatenya terlebih dahulu. Dengan mengupdate aplikasi instagram secara rutin maka akan sedikit kemungkinan instagram kamu eror mengingat setiap updatean versi instagram, Instagram sendiri akan memperbaiki setiap bug secara rutin dan menambah fitur-fitur terbaru lainnya.

Cara ini juga terbukti ampuh bagi sebagian orang karena dengan mengupdate instagram ke versi terbaru akan mengatasi muncul nya pesan Unknown Error tersebut. Tertarik untuk mencoba?

UBAH TANGGAL DAN WAKTU

Walaupun kini smartphone android menyetel tanggal dan waktu secara otomatis. Tetapi masih saja sebagian pengguna android yang mengalami tanggal dan waktu nya yang tidak akur atau salah.

Dengan mengatur tanggal dan waktu juga menjadi solusi untuk mengatasi pesan error yang muncul di instagram. Berikut cara mengubah tanggal dan waktu di android :

  1. Buka pengaturan seperti biasanya setiap hp android berbeda-beda. Kemudian pilih pada pengaturan Tanggal dan Waktu. Pastikan kamu sudah mengatur nya ke otomatis.
  2. Buka instagram. Jika pesan error masih muncul ubah tanggal dan waktunya secara manual.
  3. Jika masih tidak bisa coba atur tahun nya ke 5 tahun kedepan dari sekarang kemudian buka instagramnya kembali.

Cara ini juga sudah terbukti bisa mengatasi sebagian pengguna instagram yang mengalami masalah seperti ini.

Akhir Kata

Itulah bagaimana cara mengatasi pesan error yang muncul pada instagram (Unknown Error) yang bisa kamu coba. Jika instagram kamu masih error kamu bisa menunggu beberapa saat karena biasanya server aplikasinya yang sedang mengalami perbaikan. Terimakasih selamat mencoba.

Share on:

Tinggalkan komentar