Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Paling Ampuh (Semua Tipe)

Apakah layar hp xiaomi kamu melakukan sentuhan sendiri saat bermain game, membuka aplikasi atau di lockscreen? Jika iya, baca cara mengatasi ghost touch pada semua seri hp xiaomi berikut ini.

Istilah ghost touch sendiri jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia yaitu sentuhan hantu dan berarti kondisi dimana layar hp melakukan touch secara sendirinya.

Gejala yang ditimbulkan akibat ghost touch ini bisa membuat hp menjadi sangat lag, baterai hp cepat panas atau habis, adanya delay saat bermain game dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini sangat mengganggu kita dalam melakukan segala aktifitas di hp, Dan perlu kamu ketahui masalah ghost touch ini bukan hanya dialami oleh pengguna miui xiaomi melainkan hampir di semua perangkat android.

Akan tetapi pada tutorial kali ini kami hanya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah ghost touch pada layar hp xiaomi. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui kenapa hp xiaomi kamu mengalami ghost touch.

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Di bawah ini, kami akan menjelaskan berbagai solusi untuk hp xiaomi yang mengalami ghost touch. Adapun cara yang kami gunakan yaitu mengecek masalah dari segi software maupun hardware. Dan sudah kami uji sebelumnya jadi kamu tidak perlu khawatir.

1. Menonaktifkan Fitur Yang Tidak Penting

Cara yang pertama untuk mengatasi ghost touch pada xiaomi adalah dari segi sistem perangkat lunak, tentu saja sistem pada hp mempengaruhi kinerja hp tersebut.

Untuk itu kamu perlu menonaktifkan bahkan bisa menghapus fitur atau aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu penting atau tidak akan kamu gunakan sama sekali.

cara mengatasi hp xiaomi ghost touch
  1. Buka hp xiaomi.
  2. Pada menu homescreen atau beranda swipe layar dari atas ke bawah.
  3. Dengan begitu akan membuka menu di notifikasi layar.
  4. Ada banyak fitur yang bisa kamu nonaktifkan seperti lokasi, rotasi layar otomatis, kecerahan layar otomatis, penghemat baterai dan yang lainnya.
  5. Matikan fitur yang kamu rasa tidak terlalu berguna dengan cara ketuk 1x pada ikon fitur.
  6. Warna biru menandakan fitur tersebut sedang aktif dan abu-abu atau normal berarti fitur tersebut berhasil dinonaktifkan.

Jika pada langkah di atas kita sudah berhasil menonaktifkan fitur dasar yang paling sering digunakan di hp xiaomi, Sebenarnya ada banyak fitur lagi yang secara default aktif pada saat kita membeli hp xiaomi pertama kali.

Untuk itu agar lebih mudah, kamu bisa membaca beberapa tutorial xiaomi yang dapat membantu kamu mengatasi masalah ghost touch pada xiaomi dari afrizatul berikut ini :

2. Mematikan Fitur Screenshot 3 Jari

Seperti yang kita ketahui, untuk menangkap layar di hp xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nah salah satunya yaitu dengan menggunakan sensor 3 jari atau sentuhan.

Dengan fitur ini kita hanya perlu mengusapkan 3 jari kita dari atas ke bawah untuk mendapatkan screenshot layar di hp xiaomi, Masalahnya seberapa pentingkah fitur ini buat kamu?

Apalagi fitur ini sering kali mengalami bug, contoh nya pada saat kita bermain game. Secara tidak sengaja kita melakukan usapan 3 jari yang membingungkan sistem apakah akan melakukan screenshot atau tidak.

bagaimana cara mengatasi ghost touch di xiaomi note 2

Oleh karena itu silahkan nonaktifkan dengan cara berikut :

  1. pergi ke pengaturan hp xiaomi.
  2. lalu masuk ke menu pintasan tombol.
  3. tap pada ambil screenshot.
  4. dan ubah geser ke bawah dengan 3 jari menjadi tidak ada.
  5. selesai.

Dengan begitu seharusnya kamu tidak dapat mengambil screenshot lagi menggunakan usapan 3 jari, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya ghost touch.

3. Versi MIUI

cara mengatasi ghost touch xiaomi redmi note 3

Jika sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mengatasi ghost touch dari sisi fitur dan juga aplikasi. Sistem operasi xiaomi yaitu MIUI juga sangat berpengaruh dalam hal ini.

Oleh karena itu tidak jarang pengguna xiaomi yang mengalami masalah, error, serta bug pada saat memperbarui atau versi miui.

Namun ada cara yang paling mudah selain mengganti versi miui yaitu dengan melakukan reset data. Hanya saja kamu perlu membackup data penting terlebih dahulu karena seluruh data kamu akan terhapus.

Untuk melakukan reset hp xiaomi ada beberapa cara, silahkan baca di artikel berikut : Cara Reset Xiaomi Untuk Semua Tipe

4. Charger

cara mengatasi ghost touch xiaomi redmi note 4x

Yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, hampir seluruh pengguna smartphone android pernah mengalami masalah pada layar hp mereka karena menggunakan charger yang tidak sesuai.

Oleh karena itu jika kamu menggunakan hp xiaomi, maka pastikan kepala charger adaptor dan juga kabel usb type c atau micro usb yang dipakai adalah original.

Apabila terjadi ghost touch atau layar bergerak sendiri, kamu bisa mencopot charger terlebih dahulu serta kepala charger dan memasangnya kembali dengan presisi. Karena jika kabel usb yang terhubung ke kepala charger itu longgar bisa mengakibatkan masalah pada layar hp xiaomi.

5. Layar

cara mengatasi layar xiaomi yang ghost touch

Pada langkah sebelumnya kita telah membahas charger yang merupakan faktor penting pada baterai hp, kini kamu juga perlu memeriksa layar hp xiaomi kamu jika terjadi ghost touch.

Pertama, kamu bisa memeriksa layar sentuh xiaomi kamu apakah bekerja dengan baik atau tidak dengan cara kalibrasi menggunakan kode rahasia xiaomi ini *#*#2664#*#*.

Jika tidak ditemukan masalah, mungkin kamu perlu mengecek juga anti gores layar hp xiaomi yang kamu gunakan. Karena anti gores yang sudah rusak atau dimasuki debu sudah tidak layak untuk digunakan.

Akan tetapi jika memang terjadi kerusakan pada layar sentuh hp xiaomi kamu, maka jalan terakhir adalah dengan mengganti layar hp tersebut melalui gerai center xiaomi atau konter hp terdekat.

6. Restart HP

cara mengatasi ghost touch poco x3 pro

Cara yang paling mudah dari semua metode yang telah kami jelaskan di atas untuk mengatasi ghost touch pada hp xiaomi adalah dengan merestart hp.

Jujur saja, hampir seluruh pengguna hp android jarang melakukan reboot atau restart hp mereka karena tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

Padahal memulai ulang perangkat hp sangatlah penting apabila terjadi crash atau error pada saat hp sedang aktif.

Untuk merestart hp xiaomi sama dengan smartphone android lainnya yaitu cukup menekan tombol power di samping layar hp kemudian pilih restart.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan alternatif lain untuk merestart hp xiaomi, perbedaannya disini kamu akan memaksa hp untuk memulai ulang jika terjadi error seperti layar sentuh yang terjadi ghost touch.

Caranya tekan tombol power selama beberapa detik hingga smartphone xiaomi mati dan hidup secara otomatis. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca disini : Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Tanpa Bongkar

Aplikasi Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Saat ini, tersedia berbagai macam aplikasi yang dapat membantu aktivitas kamu dalam menggunakan smartphone.

Nah jika kamu ingin memperbaiki layar hp xiaomi yang terkena ghost touch, disini kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang mungkin bisa kamu coba.

cara mengatasi ghost touch xiaomi redmi 6a
  1. Download dan install aplikasi partial screen di hp xiaomi.
  2. Pada halaman utama aplikasi tap pada start auto service atau manual service.
  3. Setelah itu jalankan analisis.
  4. Tunggu aplikasi mendeteksi kerusakan pada layar hp xiaomi.
  5. Jika terdapat ghost touch, maka aplikasi akan menandainya dengan titik berwarna.
  6. Dan secara otomatis aplikasi akan memperbaikinya.
  7. Selesai.

Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk mengatasi layar hp xiaomi yang terjadi error seperti ghost touch ini, jadi silahkan kamu coba saja.

Jadi begitulah cara mengatasi ghost touch di hp xiaomi dengan mudah, Kita bisa mengecek satu persatu sumber masalahnya baik dari segi software maupun hardware.

Jika kamu masih mengalami masalah yang sama, silahkan tinggalkan komentar agar kami dapat membantu, terima kasih.

Tinggalkan komentar