Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Sebuah Paragraf

Bagaimana cara menentukan ide pokok pada paragraf? Seorang penulis cerita baik itu cerita pendek, novel atau dongeng selalu dihadapi dengan adanya ide pokok paragraf. Kenapa harus adanya ide pokok ? karena agar pembaca tertarik dengan sebuah cerita yang kita buat. Bukan hanya judul saja yang menarik, tetapi ide pokok yang kita buat untuk sebuah isi cerita juga penting dalam penulisan.Tidak dipungkiri sebuah ide pokok menjadi kebutuhan bagi seorang penulis.

Seandainya jika terjadi kesalahan dalam menentukan ide pokok, maka pembaca akan menyebutkan bahwa cerita yang kita buat tidak layak. Maka dari itu seorang penulis harus memahami bagaimana cara membuat atau menentukan ide pokok paragraf. Tidak hanya penulis, Ide pokok paragraf ini juga sangat diperlukan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa/i. Dalam setiap pembelajaran bahasa indonesia selalu membahas tentang ide pokok paragraf. Nah, tips buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf, berikut adalah caranya :

Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Paragraf

1. Tandai Beberapa Kata Dalam Satu Paragraf

Dalam menggunakan cara ini, hal yang efektif kamu lakukan adalah dengan cara menandai beberapa kata yang menurut kamu informasi yang diberikan benar. Seandainya kata-kata yang kamu pilih terdapat di 2 kalimat atau lebih, maka seleksi lah kembali kalimat tersebut. Kamu akan mendapatkan ide pokok secara benar dengan menggunakan cara ini. Contohnya :

Segala objek yang dapat menghantarkan energi panas merupakan sumber energi panas. Sumber energi panas terbesar dari alam yaitu matahari. Oleh karena itulah matahari sangat dibutuhkan setiap makhluk hidup di bumi baik itu manusia, tumbuhan maupun hewan. Contohnya tumbuhan memerlukan energi panas dari matahari untuk proses fotosintesis yang baik sehingga hasilnya berguna untuk manusia.

Segala objek yang dapat menghantarkan energi panas merupakan sumber energi panas bisa kamu tandai garis bawah, Karena pada awal paragraf juga termasuk ide pokok paragraf. Selain di awal kamu juga harus membaca sampai di akhir kalimat, agar kamu memahami mana yang benar-benar termasuk dalam ide pokok paragraf.

2. Perbedaan Ciri-Ciri Antara Kalimat Penjelas Dan Kalimat Utama

Ciri-ciri kalimat utama biasanya ide pokok terletak pada awal kalimat, akhir kalimat, keduanya yaitu diawal dan diakhir paragraf, serta terdapat pada kesimpulan paragraf. sedangkan kalimat penjelas yaitu kalimat tambahan yang menperjelas sebuah ide pokok. Kalimat penjelas ini juga bisa dijadikan acuan untuk menentukan ide pokok, Tetapi kamu harus memahami terlebih dahulu dari perbedaan kalimat penjelas dan kalimat utama. Kamu bisa melihat perbedaan kalimat penjelas dan kalimat utama pada artikel sebelumnya.

3. Kalimat Penjelas Bersifat Pendukung

Kalimat penjelas harus bersifat pendukung. Artinya dalam sebuah paragraf untuk menentukan ide pokok paragraf jika didalam sebuah paragraf terdapat kalimat penjelas maka harus saling berkaitan atau menjadi kalimat pendukung untuk kalimat sebelumnya. Jika kamu belum memahami kalimat penjelas, kamu bisa melihat atau bertumpu pada penggunaan katanya. Penggunaan kata pada kalimat penjelas biasanya menggunakan kata yang berulang. seperti anak-anak, murid-murid dan nilai-nilai. Seandainya kalimat penjelas ini berdiri sendiri maka kalimat tersebut tidak bisa digunakan sebagai ide pokok paragraf. Contohnya :

Sebagai generasi yang sangat dibutuhkan baik bangsa dan negara, Anak-Anak perlu dibekali kebutuhan ekstra sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Meskipun di sekeliling kita banyak anak-anak yang kurang mampu dan masih belum merasakan hal ini seperti tempat tinggal yang kurang layak, tidak bisa ke sekolah ataupun yang lainnya. Dengan begitu sangat sulit untuk berkembang.”

Ide pokok paragraf pada kalimat penjelas diatas yaitu : Sebagai generasi yang sangat dibutuhkan baik bangsa dan negara, Anak-Anak perlu dibekali kebutuhan ekstra sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena kalimat diatas menggunakan pengulangan kata seperti anak-anak dan cita-cita dan setelah itu memiliki kalimat penjelas seperti oleh karenanya .

4. Menentukan Ide Pokok Campuran

Ide pokok campuran ini yaitu penggabungan yang terdapat di Awal kalimat dan juga di akhir kalimat. Dalam menentukan ide pokok campuran ini kamu harus mengetahui bahwa, kalimat awal itu bersifat utama sedangkan diakhir kalimat bersifat kesimpulan. Nah, jika terdapat di awal kalimat berupa pernyataan yang jelas dan diakhir terdapat kesimpulan, maka ide pokok yang digunakan adalah ide pokok campuran yaitu yang terdapat di awal – akhir kalimat atau paragraf. Contoh ide pokok campuran kamu bisa lihat pada artikel sebelumnya yaitu contoh gagasan pokok.

5. Memperluas Analisa Ide Pokok

Untuk menambahkan skill kamu dalam menentukan ide pokok, hal yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak atau memperluas pembelajaran kamu dalam menganalisa ide pokok suatu paragraf. Memahami jenis-jenis dan ciri-ciri kalimat utama serta mengasah kemampuan analisis dan pemahaman makna sangat mempermudah kamu dalam menentukan ide pokok dengan benar.

Baca juga : Contoh Gagasan Pendukung

Demikianlah penjelasan mengenai tips atau cara menentukan ide pokok paragraf pada sebuah wacana atau sebuah cerita. Menurut saya kesimpulan yang bisa diambil yaitu Ide pokok paragraf ini bisa kita dapatkan berdasarkan judul yang sudah tertera, jika semua paragraf pada cerita tersebut dirangkum menjadi satu untuk menentukan ide pokok paragraf. Berbeda halnya dengan menentukan ide pokok paragrafnya terpisah seperti didalam sebuah cerita terdapat 3 paragraf, maka juga terdapat 3 ide pokok paragraf. Hal ini dikeranaan setiap paragraf berbeda-beda ide pokok paragraf nya walaupun judul sebuah ceritanya sama.

Tinggalkan komentar