Cara Menambahkan Tabel Di Excel

Cara Menambahkan Tabel Di Excel

Cara menambahkan tabel di excel sangat lah mudah dan hal ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan kerja sehari-hari, hal ini dikarenakan sangat efektif jika terjadinya kekurangan tabel. Ada sebagian dari kita yang belum paham dengan microsoft excel ini. Maka dari itu setiap lembar kerja yang kekurangan tabel baik itu kolom maupun baris, selalu diulang dengan cara mengcopy paste.

Padahal cara ini tidak efektif dan akan terjadinya kesalahan terus-menerus. Didalam sebuah tabel terdapat kolom dan baris, maka ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui baris dan kolom yang terdapat di excel ini. Biasanya di excel ini menggunakan kata berbahasa inggris. Jadi perlu kamu ketahui bahwa rows itu adalah baris (memanjang atau vertikal) sedangkan column itu adalah kolom (lurus atau horizontal).

Dan kamu juga harus mengetahui bahwa penambahan kolom dan baris pada word dan excel itu sangatlah berbeda. Hal ini dikarenakan pada Excel lembar kerjanya berbentuk kotak-kotak yang sudah ada dari awal, sedangkan pada word bentuk lembar kerjanya yaitu polos. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan tabel di excel !

Baca juga : Cara Mengubah Format PDF ke Word

Cara Menambahkan Tabel di Microsoft Excel

Menambahkan tabel di excel terbagi menjadi 2 bagian yaitu menambahkan kolom baru dan menambahkan baris baru. Nah, apakah masing-masing kedua bagian ini sama atau berbeda-beda ? Caranya yaitu ada yang sama dan ada yang berbeda, hal ini dikarenakan letak kolom dan baris berbeda. Berikut penjelasannya !

Cara Menambah Kolom di Excel

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan kolom di excel ini salah satu nya menggunakan shortcut atau menggunakan tab-tab menu yang terdapat di excel. Kamu bisa mengikuti salah satu cara-cara yang dijelaskan ini, jika kamu kurang paham dengan shortcut ataupun tab-tab menu.

1. Menggunakan Tab Home

Menambahkan kolom yang pertama menggunakan Tab home yang terdapat di menu Excel sendiri. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Terlebih dahulu kamu harus menentukan bagian yang ingin ditambahkan kolom. Hal ini akan berpengaruh untuk tata letak kolomnya.
  • Letakkan kursor disebelah yang ingin ditambahkan kolom. Kemudian pilih Tab Menu –> Insert –> Insert Sheet Columns.
cara membuat kolom tabel di excel

2. Menggunakan Keyboard

Selain menggunakan Tab Home, kamu juga bisa menggunakan keyboard Laptop/PC kamu. Caranya sangat mudah untuk kamu yang pemula, yaitu :

  • Blok kolom yang ingin ditambahkan kolom.
  • kemudian tekan tombol keyboard CTRL + SHIFT + (+) secara bersamaan.
  • Selanjutnya muncul kolom kecil seperti pemberitahuan, maka kamu pilih Shift Cell Right –> OK. shift cell right berarti penggeseran kolom sebelah kanan karena adanya penambahakn kolom sebelah kiri.
cara membuat tabel di ms excel

3. Menyisipkan Kolom

Menyisipkan kolom merupakan cara yang paling mudah digunakan. Karena hanya dengan sekali klik maka kolom baru akan muncul sebelum atau setelah kolom selanjutnya. Cara menyisipkan kolom ini yaitu terlebih dahulu kamu blok bagian yang ingin ditambah kolom, kemudian klik kanan pada huruf-huruf diatas lalu pilih Insert. Maka otomatis akan muncul kolom baru pada tabel yang sama.

cara membuat tabel microsoft excel 2010

Baca juga : Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Cara Menambah Baris Di Excel

Cara Menambahkan baris di Excel ini hampir sama dengan cara nambahkan kolom di excel, Mungkin bisa dibilang kebalikan dari menambahkan kolom. Hanya saja tata letak nya yang berbeda. Jika kolom itu tegak lurus maka baris itu adalah yang memanjang. Berikut cara-cara yang bisa digunakan untuk menambahkan baris di Excel :

1. Menyisipkan Baris

Cara menggunakan menyisipkan baris ini sama dengan cara menyisip pada kolom. Hanya saja yang menjadi perbedaan adalah saat meng blok bagian yang akan ditambahkan barisnya. Caranya yaitu kamu tinggal blok baris yang akan di tambahkan baris baru, kemudian klik kanan pada angka yang sudah ada lalu pilih Insert.

cara membuat tabel microsoft excel 2013

2. Menggunakan Keyboard

Penggunaan keyboard untuk menambahkan baris sama dengan penggunaan pada penambahan kolom. Perbedaannya bisa dilihat pada langkah-langkah berikut ini :

  • Blok kolom yang ingin ditambahkan kolom.
  • kemudian tekan tombol keyboard CTRL + SHIFT + (+) secara bersamaan.
  • Selanjutnya muncul kolom kecil seperti pemberitahuan, kemudian tekan tombol keyboard CTRL + SHIFT + (+) secara bersamaan. lalu kamu pilih Shift Cell Down –> OK. shift cell down berarti penggeseran sel kebawah karena adanya penambahan sel baris yang baru.
cara membuat tabel ms excel 2007

3. Menggunakan Tab Home

Tab home yaitu tab yang memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan pada excel ini. Salah satunya fitur insert, didalam fitur insert ini pun juga terdapat beberapa bagian juga seperti penambahan kolom dan baris. Cara penggunakan nya sama dengan penambahan kolom, tetapi perbedaannya dipemilihan fitur yang disediakan oleh insert. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Letakkan kursor pada sel baris yang akan ditambahkan baris baru.
  • Kemudian pilih Menu Tab Home
  • Selanjutnya pilih Insert –> Insert sheet Rows. Maka akan muncul sel baris yang baru
cara menambahkan baris pada tabel excel

Baca juga : Cara Membuat Dan Menghapus Tabel Di Word

Demikianlah Cara menambahkan Kolom dan Baris pada satu tabel. Disini langkah-langkah yang terdapat pada kolom dan baris hampir sama, Kamu harus memperhatikan fungsi-fungsi dari masing-masing fitur yang digunakan dan perhatikan tata letak sel yang terdapat pada baris dan kolom.