Cara Memisahkan File PDF Secara Online Perhalaman

Cara Memisahkan File PDF – Seperti yang kita ketahui bahwa File PDF merupakan hasil laporan yang tidak bisa diedit, File PDF ini hampir sama dengan microsoft word yang berupa hasil lembar kerja, yang menjadi perbedaannya adalah jika file word bisa diedit sedangkan file pdf sudah tidak bisa diedit. Tetapi didalam file pdf terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan.

File PDF biasanya disimpan dengan .pdf, tapi tahukah kamu bahwa file PDF dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian tanpa harus adanya bantuan dari microsoft word. Berikut penjelasan mengenai PDF dan bagaimana cara memisahkan file PDF.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Pengertian PDF

PDF singkatan dari Portable Document Format yaitu dokumen yang dibuat oleh adobe system untuk pertukaran dokumen digital. Pada awalnya PDF ini hanya sebagai pertukaran dokumen saja. Seiring berkembangnya, PDF ini dapat digunakan sebagai presentasi dokumen yang terdiri dari grafik vektor, citra, huruf dan teks.

Format PDF ini sering digunakan dalam dunia perkantoran, hal ini memudahkan para pekerja karena kapasitas yang bisa dikompres menjadi standart dan rendah. Software yang digunakan dalam mengakses PDF ini yaitu Adobe Flash, Sumatra PDF, dan Foxit Reader. Fungsi dari sebuah PDF ini yaitu Membuat dan meyimpan sebuah dokumen yang berupa gambar, teks, atapun link.

Kelebihan File PDF Dari Dokumen Lainnya

PDF juga memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan atau yang ada di format pdfnya. Berikut kelebihan PDF dari dokumen lainnya yaitu :

  • Format PDF ini lebih fleksibel jika digunakan, Hal ini dikarenakan format ini bisa dibuka oleh komputer ataupun smartphone. Walaupun format ini hanya bisa diakses dengan aplikasi khusus, tetapi tidak akan mengubah format awal dokumen atau berantakan.
  • Format PDF mempunyai fitur Lock yaitu bisa digunakan untuk dokumen rahasia. Fitur lock ini tidak bisa menyalin, mengedit jika menggunakan fitur lock menggunakan password.
  • PDF juga bisa diedit. Awalnya banyak yang berpikiran bahwa pdf tidak bisa diedit apalagi sudah dikompres. Ternyata PDF bisa diedit dengan bantuan aplikasi PDF reader.
  • PDF juga bisa menyimpan gambar. PDF tidak hanya berisi atau berupa teks saja, tetapi PDF juga bisa berupa gambar.
  • Kompatibel. PDF bisa diakses di berbagai sistem seperti windows, Linux, Mac-Os.

Baca juga : Cara Menggabungkan File Word Dengan Mudah dan Sangat Rapi

Cara Memisahkan File PDF Online

cara memisahkan file PDF terbagi menjadi 2 bagian yaitu memisahkan sekumpulan halaman dan memisahkan tiap halaman. Caranya hampir sama aja, tetapi yang menjadi perbedaan yaitu dari segi maksud dari masing-masing penjelasan. Berikut penjelasan dari kedua bagian ini yaitu :

1. Memisahkan Sekumpulan Halaman

Memisahkan sekumpulan halaman ini seperti memisahkan halaman perbab atau perbagian. Untuk memisahkan sekumpulan halaman PDF ini dilakukan secara online. PDF secara online ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Biasanya yang gratis ini memiliki beberapa kuota dalam 1 hari yang bisa digunakan contohnya diberikan 1 hari hanya bisa menggunakan 5 kali. Cara memisahkan sekumpulan halaman ini yaitu :

  • Buka Browser kamu seperti mozilla firefox, google chrome atau yang lainnya.
  • Masuk kesitus seperti smallpdf.com, www.ilovepdf.com dan www.pdf2go.com. Contohnya kita ambil saja www.ilovepdf.com
  • Jika sudah buka situs www.ilovepdf.com, kamu pilih dahulu pisahkan Pdf. Kemudian klik “file PDF”. Pada tahap ini kita diarahkan ke file manager kita, dan kita pilih file PDF yang akan di pisahkan. setelah pilih file PDF maka kita akan tunggu filePDF terunggah hingga selesai.
  • kamu juga bisa menyimpan file PDF yang ingin dipisahkan dengan pilih Google Drive atau dropbox.
  • Jika selesai terunggah maka akan muncul tampilan disebelah kanan dengan menu “Pisah dengan rentang” atau “Ekstrak Halaman“.
  • Nah di bagian ini kita memisahkan file PDF dengan sekumpulan halaman, maka kamu tinggal klik “Pilih dengan rentang” Lalu kamu setting dari halaman 1 hingga halaman berapa yang ingin kamu pisahkan.
  • Jika pemisahan halaman sebanyak 4 x maka kamu tinggal klik “+ Tambah Rentang” .
  • Jika sudah selesai dengan keinginan kamu maka kamu tinggal klik pisahkan. seperti contoh di bawah ini
cara memisahkan halaman pdf

Baca juga : Cara Mengubah Format PDF ke Word

2. Memisahkan Tiap Halaman

Memisahkan tiap halaman ini yaitu memisahkan file pdf perhalaman. Contohnya seandainya kamu mempunyai 15 halaman, dan kamu ingin memisahkan file PDF nya perhalaman, maka File PDF yang kamu miliki dari 1 PDF akan menjadi 15 PDF. Cara melakukan pemisahan PDF perhalaman sama dengan cara memisahkan tiap halaman diatas, yang menjadi perbedaannya yaitu :

  • Jika diatas memilih “Pisah dengan rentang” maka pada bagian ini kamu memilih bagian ekstrak halaman.
  • Jika kamu telah memili ekstrak halaman maka kamu tinggal mengklik “Pisahkan PDF”. Seperti gambar dibawah ini.
pemisah pdf

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Demikianlah penjelasan mengenai pemisahan File PDF. ini sangat memudahkan kamu dalam melakukan aktivitas mengirim dokumen atau pekerjaan kantor. Kamu tidak harus membuka file berupa word dan menyimpan satu-satu dengan penyimpanan .PDF

Tinggalkan komentar