4 Cara Memindahkan Whatsapp Ke HP Baru Dengan Nomor Yang Sama

Cara Memindahkan Whatsapp Ke HP Baru Dengan Nomor Yang Sama

Cara Memindahkan Whatsapp Ke Hp Baru – Hello guys, apakah hp kalian baru saja rusak atau udah ada hp yang baru nih? Tentu aja kalian pasti ingin mindahin whatsapp nya juga kan? Yuk simak tutorialnya berikut ini.

Buat kalian yang masih bingung gimana cara mindahin whatsapp di hp lama ke hp baru baik itu di android atau ios, pada dasarnya sama aja kayak facebook, instagram atau telegram cuma pakai username atau nama pengguna, email, kata sandi, dan nomor hp.

Selagi kalian masih punya salah satu data di atas, maka kalian udah bisa leluasa berpindah-pindah perangkat tanpa batasan nih.

Tapi bedanya dengan sosial media lain, whatsapp tidak menyimpan data pribadi kalian ke dalam server mereka sendiri. Jadi jangan heran kalau kalian kehilangan chat, foto, video, file atau data lain yang sebelumnya ada di hp lama.

Sedangkan untuk berpindah akun facebook, instagram itu kalian tidak perlu takut kehilangan data chat kalian karena memang semua data tersebut sudah disimpan sendiri ke sistem server mereka.

Oleh karena itu, berikut tata cara memindahkan whatsapp ke hp baru dengan nomor yang sama tanpa perlu kehilangan data nih guys. Simak langkah-langkahnya dengan benar ya!

Cara Memindahkan Whatsapp Ke HP Baru Dengan Nomor Yang Sama

1. Backup Data Whatsapp

Hal yang pertama kali wajib kalian lakukan apabila ingin memindahkan whatsapp di hp lama ke hp yang baru yaitu dengan melakukan backup data.

Backup data whatsapp sendiri sebenarnya sangat mudah, kalian bisa menggunakan google drive di pengaturan whatsapp.

Tapi ingat ini khusus bagi kalian yang menggunakan whatsapp resmi dari google playstore. Apabila kalian memakai whatsapp mod atau whatsapp yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga maka kalian tidak bisa menggunakan google drive.

Untuk panduan lengkapnya bisa kalian baca disini : Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive ke HP Baru Lengkap

2. Jangan Uninstall Whatsapp di HP Lama

Jika proses backup data whatsapp selesai, maka tentu data backupnya ada di google drive akun gmail kalian. Tapi meskipun kalian sudah yakin backup data whatsapp nya sudah benar, kalian jangan uninstall atau hapus aplikasi whatsapp di hp lama dulu.

Karena jika nanti ketika kalian login ke whatsapp di hp baru dengan cara selanjutnya, dan kalian kehilangan seluruh data whatsapp. Kalian bisa balik lagi ke whatsapp di hp lama untuk melakukan backup ulang sampai benar-benar datanya sudah sama dengan yang ada di hp baru barulah kalian bisa menghapus aplikasi whatsapp di hp lama.

Baca juga : Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa Tanpa Menghilangkan Chat

3. Login ke Whatsapp di HP Baru

Jangan langsung menuju langkah ke-3 ini apabila kalian belum benar-benar melakukan proses backup ya.

Jadi disini saya asumsikan data backup whatsapp kalian sudah tersimpan dengan benar di google drive, maka kalian bisa login aja ke whatsapp yang baru.

Caranya tentu kalian sudah pada paham ya, tinggal install aplikasi whatsapp nya terus login ke whatsapp di hp baru dan masukkan kode verifikasi whatsapp dari nomor hp kalian.

4. Restore Data Whatsapp

Bagaimana cara mengembalikan data whatsapp yang ada di hp lama ke whatsapp yang di hp baru?

Caranya kalian bisa login pakai akun gmail yang google drive berisi data backup whatsapp sebelumnya, kemudian nanti pas waktu login ke whatsapp di hp baru otomatis akan terdeteksi cadangan whatsapp dan kalian bisa tap pulihkan cadangan.

Tetapi kalau misalnya tidak ada pemberitahuan seperti itu, kalian bisa ikuti aja sampai masuk ke whatsappnya seperti biasa, cek apakah data kembali atau tidak. Jika tidak ada, backup lagi dengan langkah pertama di hp lama.

Oleh karena itulah kami mengingatkan kembali jangan uninstall whatsapp di hp lama terlebih dahulu sebelum data whatsapp benar-benar di backup secara maksimal.

Bagaimana Jika Nomor Whatsapp Sudah Hilang atau Tidak Aktif?

Ada lagi kasus atau masalah yang dialami pengguna whatsapp ketika hendak memindahkan whatsappnya dari hp lama ke hp baru yaitu nomor whatsapp tersebut sudah tidak aktif, ataupun hilang.

Untuk masalah ini tidak ada cara lain selain mengaktifkan nomor yang lama ke grapari telkomsel, atau data center operator kartu sim kamu misalnya xl, axis, three ataupun yang lainnya kembali.

Kami juga sudah pernah membahas perihal ini yang bisa kamu lihat disini : Cara Mengaktifkan Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif.

Tapi kalau dirasa ribet ya mau gak mau kalian beli nomor baru untuk whatsapp, kekurangannya kalian perlu memberitahu seluruh kontak whatsapp misalnya teman, keluarga atau orang lain di whatsapp bahwa kalian telah mengubah nomor.

Jika tidak tentu semua orang di whatsapp tidak akan menyimpan nomor kalian, tapi kalian tetap memiliki semua nomor kontak mereka dan bisa menghubungi mereka. Untuk itu, beritahu mereka bisa lewat broadcast chat whatsapp sekaligus ke semua nomor.

Apa Perbedaan Memindahkan Whatsapp di Android dan iOS?

Mau pakai android, iphone atau hp semahal apapun kalau kalian masih pake whatsapp cara mindahinnya sama aja. Mungkin bedanya cuma di tampilan, karena ya namanya smartphonenya aja udah beda kan, tentu sistem operasinya juga berbeda.

Nah jadi itulah Cara Memindahkan Whatsapp Ke Hp Baru yang paling tepat buat kalian, semua cara di atas sudah kami lakukan dan adalah cara yang terbaik.