Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word – Tanda tangan dalam sebuah surat, file, proposal, penelitian, berkas dan apapun itu yang membutuhkan tanda tangan dinyatakan resmi dan sah. Tanda tangan sangat lah di perlukan dalam semua hal, ini dikarenakan tanda tangan menyatakan resminya pembuat dan semua pihak yang terlibat.

Pada umumnya, tanda tangan bisa dilakukan pada saat file atau berkas nya sudah diprint. Tetapi pada zaman sekarang sudah banyak kita-kita bekerja dengan jarak yang jauh dan tidak memungkinkan bagi kita untuk datang ke antar kota hanya untuk menandatangi sebuah file atau berkas. Hal ini sangatlah tidak efektif.

Saat ini semua pekerjaan yang berhubungan dengan tanda tangan sudah di ganti dengan di gital. sekarang Cara membuat tanda tangan pun sudah sangat mudah dilakukan, dengan menggunakan microsoft word dan bisa tanpa media elektronik dan juga bisa menggunakan media elektronik seperti kamera hp dan scanner.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Menggunakan Microsoft Word

Disini saya akan menjelaskan 2 cara membuat tanda tangan digital di word yaitu membuat tanda tangan di word menggunakan scanner dan membuat tanda tangan di word tanpa menggunakan scanner.

1. Cara Membuat Tanda Tangan Di Word Menggunakan Digital Elektronik

Pada cara ini kamu bisa membuat tanda tangan kamu menggunakan digital eletronik seperti scanner, kamera handphone, atau kamera canon kamu atau kamera lainnya asal jelas pada pengambilan gambar hasil tanda tangan kamu di kertas.

Kamu tidak perlu khawatir karena kamu tidak bisa mengedit, disini kamu cukup menggunakan aplikasi Microsoft Word saja tanpa menggunakan photoshop atau aplikasi pengeditan lainnya.

Langkah-langkah membuat tanda tangan di word menggunakan digital elektronik :

1. Pada tahap ini, kamu di wajibkan untuk mempersiapkan 1 lembar HVS, atau setengahnya saja yang pastinya polos dan tidak ada tulisan atau bercakan apapun itu. Lalu kamu Tanda tangan di kertas polos yang telah kamu sediakan menggunakan Tinta warna hitam,.

selanjutnya kamu foto tanda tangan kamu di kertas tadi menggunakan kamera apapun, dan simpan hasil nya di galeri laptop atau komputer kamu.Jika kamu menggunakan scan, maka terlebih dahulu kamu mengscan tanda tangan kamu di HVS dan simpan di galeri laptop.

Usahakan pengambilan gambar tanda tangan kamu secara dekat dan pas-pas kamera, hal ini dikarenakan agar gambar yang kamu ambil tidak pecah saat di edit.

tanda tangan
tanda tangan

2. Selanjutnya buka dokumen kamu yang akan di berikan tanda tangan, lalu letakkan hasil gambar tanda tangan kamu kedalam dokumen tadi dengan cara mengcopy paste saja gambar tadi ke dalam dokumen, atau kamu bisa dengan memilih Menu Insert –> Picture –> pilih gambar tanda tangan kamu yang telah di simpan. kemudian atur tata letak tanda tangan tadi sesuai dengan nama yang sudah tertera. Kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.

cara scan tanda tangan word
cara scan tanda tangan word

3. Jika sudah sesuai tata letak tanda tangan dan nama yang tertera, selanjutnya kamu tinggal mengubah warna background pada foto tanda tangan tadi menjadi warna putih atau warna sesuai dengan dokumen pada microsoft word kamu. Cara nya yaitu kamu klik terlebih dahulu gambar tanda tangan kamu dan klik kanan lalu pilih Format Picture, bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat tanda tangan word
cara membuat tanda tangan word

4. setelah kamu pilih format picture tadi, akan muncul gambar seperti di bawah ini :

format picture word
format picture word

Nah, pada tahap ini kamu pilih Picture Color, dan pilih bagian Recolor lalu klik Presets lalu pilih pilihan Black and White. Bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat tanda tangan di word laptop
cara membuat tanda tangan di word laptop

selanjutnya, kamu pilih bagian menu Picture Corrections, lalu pada bagian Sharpen dan Soften kamu buat persennya dari 0 menjadi 100%. Maka hasil tanda tangan kamu seperti gambar di bawah ini.

picture corrections word
picture corrections word

selanjutnya yaitu dengan cara ke dua membuat tanda tangan di microsoft tanpa media elektronik.

2. Cara Membuat Tanda Tangan Di Microsoft Word Tanpa Media Elektronik

Disini lebih tepatnya yaitu langsung pada microsoft word nya, tanpa pengeditan, tanpa kertas hvs atau tinta. dan ini lebih mudah untuk kamu gunakan, karena tidak ribet dan sangatlah mudah.

Langkah-langkah membuat tanda tangan di microsoft word tanpa media eletronik :

1.. Langkah pertama yaitu, kamu buka dokumen baru, lalu kamu pilih Menu Insert –> Shapes–> Scribble, lalu kamu tahan cursornya dan mulailah kamu bertanda tangan, disarankan jangan sampai terputus, karena jika terputus kamu harus memulai baru untuk tanda tangan.

cara membuat tanda tangan di word tanpa scanner dan photoshop
cara membuat tanda tangan di word tanpa scanner dan photoshop

2. Jika sudah kamu gambar tanda tangan kamu, kamu tinggal merubah warna tanda tangan kamu menjadi hitam. klik terlebih dahulu gambar tanda tangan kamu, lalu pilih menu Format, lalu pilih Shapes styles gambar strip berwarna hitam.

shape styles word
shape styles word

3. Selanjutnya kamu tinggal mengcopy paste tanda tangan kamu tadi, dan letakkan di dokumen yang akan diberikan tanda tangan tersebut, dan atur tata letak tanda tangan kamu sesuai dengan nama yang tertera. Nah ini lah hasil tanda tangan yang telah di buat langsung pada microsoft word.

cara membuat tanda tangan di word tanpa scan
cara membuat tanda tangan di word tanpa scan

Baca juga : Cara Membuat Grafik Otomatis Di Microsoft Word

Demikianlah Cara membuat tanda tangan di word. Perlu kamu ketahui, saya menggunakan Microsoft word 2010, jika kamu menggunakan microsoft word 2007 atau pun 2013, kemungkinan tidak akan jauh beda dengan tutorial yang telah saya buat.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com