Cara Membuat Kontak Darurat di HP Xiaomi

Dengan cara membuat kontak darurat di hp xiaomi maka setidaknya kita sebagai penggunanya bisa memanfaatkan fitur ini apabila dalam keadaan mendesak terutama terkait dengan keselematan diri sendiri.

Seperti namanya, kontak darurat atau emergency call (sos) merupakan salah satu fitur yang dibekali setiap smartphone xiaomi. Cara kerjanya sangat sederhana, kamu bisa menghubungi nomor kontak dengan menekan tombol power pada hp sebanyak 5 kali.

Nomor yang dihubungi juga bisa kamu setting sesuai kebutuhan misalnya seperti nomor saudara, sahabat, pacar atau yang lainnya. Jadi kamu tidak hanya bisa menghubungi nomor call center saja. Selain itu kamu bisa melakukan panggilan darurat ini meskipun hp xiaomi kamu dalam keadaan terkunci.

Dalam melakukan panggilan hp xiaomi kamu akan mengaktifkan fitur gps dan berbagi lokasi terkahir kamu, mengirimkan sms, serta melakukan panggilan secara otomatis. Jadi pastikan kamu selalu memiliki pulsa atau setidaknya mempunyai paket sms gratis.

Tidak hanya menjelaskan cara membuat kontak darurat di hp xiaomi, disini kami juga akan membagikan cara mematikan atau menonaktifkan fitur sos apabila kamu tidak membutuhkannya. Berikut penjelasannya secara lengkap!

Baca juga tips & trik xiaomi keren lainnya :

Cara Setting Emergency Call di Xiaomi

Ada beberapa tahapan dalam men-setting emergency call di hp xiaomi, jadi pastikan hp xiaomi kamu sudah support sos darurat. Perlu diingat pula disini kami menggunakan smartphone xiaomi S2 dengan MIUI 12, jadi silahkan sesuaikan saja dengan miui yang kamu gunakan baik itu MIUI 11, 10 dan lainnya karena pada dasarnya metode yang digunakan tidak jauh berbeda.

1. Mengaktifkan Fitur SOS Darurat

Langkah yang pertama kali yaitu mengaktifkan fitur sos darurat, karena memang secara default atau pengaturan awal fitur ini tidak diaktifkan dengan otomatis. Mengingat tidak semua orang membutuhkannya, nah tetapi buat kamu yang penasaran bisa cobain juga fitur sos darurat ini untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.

panggilan darurat xiaomi mi a1
  • Pergi ke aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke bagian bawah lalu pilih Sandi & Keamanan.
  • Selanjutnya tap pada menu SOS.
  • Terakhir berikan tanda centang di bagian SOS darurat.
  • Dengan begitu fitur sos darurat berhasil diaktifkan.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke Iphone

2. Menambahkan Nomor Ke Kontak Darurat di HP Xiaomi

Sedikit informasi bahwa sebenarnya fitur sos darurat ini sudah sejak lama ada bahkan sudah dimiliki oleh ponsel jaman dulu, Tetapi kekurangannya adalah kita hanya bisa menghubungi nomor yang sudah diatur oleh ponsel tersebut. Biasanya sih nomor call center operator dan sejenisnya.

Nah untungnya di kontak darurat xiaomi kamu bisa mengatur terlebih dahulu nomor darurat yang ingin kamu tambahkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ini merupakan hal yang sangat penting karena apabila kamu terlambat mengsetting nomor ini maka kamu harus membuka layar hp lagi.

Cara menambahkan nomor lain ke kontak daruurat xiaomi hampir sama saja, silahkan pergi ke sandi dan keamanan lalu pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur SOS darurat dan tap pada menu kontak darurat. Di bagian bawah silahkan pilih menu Tambah dan centang 3 nomor kontak yang ingin kamu jadikan nomor darurat.

cara menambahkan nomor darurat di xiaomi

Catatan : nomor darurat bisa ditambahkan melalui nomor yang ada di kontak hp xiaomi kamu dengan syarat maksimal hanya bisa menambahkan 3 nomor saja. meskipun begitu kamu dapat mengatur urutan dari nomor yang sudah dimasukkan ke dalam daftar kontak darurat.

Baca juga : Cara Mengetahui Nama Kontak WA Kita Di HP Orang Lain

3. Melakukan Panggilan Darurat

Jika kamu sudah berhasil melakukan langkah-langkah di atas maka kamu sudah bisa melakukan panggilan darurat ke nomor yang sudah kamu atur sebelumnya. Seperti yang telah kami jelaskan di atas untuk menggunakan fitur sos di xiaomi silahkan tekan tombol power sebanyak 5 kali dengan jeda singkat dan hasilnya seperti ini.

panggilan darurat xiaomi redmi 4a

Gps juga akan ikut aktif karena memang fitur gps ini berguna untuk mengirimkan lokasi kita saat ini yang dikirimkan melalui pesan singkat sms, silahkan jalankan aplikasi sms pada hp xioami kamu dan cek pesan yang kamu kirimkan kepada nomor darurat.

panggilan darurat xiaomi redmi 5a

Baca juga : Cara Mengatasi Panggilan Dialihkan Telkomsel

4. Mematikan Panggilan Darurat di HP Xiaomi

Iseng-iseng menggunakan fitur panggilan darurat di hp xiaomi terus bingung cara matiinnya? Tenang, kamu bisa menonaktifkannya dengan mudah melalui cara yang sama yaitu masuk ke aplikasi pengaturan > sandi dan keamanan > kemudian matikan fitur SOS darurat. Jangan lupa juga untuk mematikan gps kamu karena fitur ini cukup cepat menghabiskan baterai.

cara mematikan sos darurat xiaomi

Itulah penjelasan cara membuat kontak darurat di xiaomi serta settingan sos darurat lainnya, Buat kamu yang masih kebingungan silahkan berikan pertanyaan melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk membaca juga artikel seputar tutorial xiaomi kami lainnya.

Share on:

Tinggalkan komentar