Praktis, Begini Cara Membuat Grafik Otomatis Di Microsoft Word

Grafik merupakan sebuah gambar yang menjelaskan data dalam bentuk angka yang terdapat dalam satu lembar kerja. Istilah grafik dalam Microsoft Office sendiri yaitu diagram atau bagan. Sedangkan dalam dunia pendidikan untuk tingkat SD hingga SMA atau bahkan tingkat Universitas biasanya grafik ini berbagai macam, dari diagram batang, diagram garis, diagram titik dan diagram lingkaran.

Dalam dunia pekerjaan grafik ini sangat di perlukan khusus nya dalam dunia marketing, hal ini dikarenakan grafik atau bagan ini dapat menyajikan data yang sangat mudah di mengerti semua orang seperti naik turun nya suatu produk atau penghasilan dalam suatu perusahaan.

Grafik tidak hanya terdapat di microsoft excel saja, tetapi juga ada di microsoft word, ada banyak jenis grafik yang tersedia di microsoft word yaitu column, line, pie, bar, area, Scatter, stock, surface, Doughnout, Bubble, Radar dan lainnya. Data dan jenis Grafik harus disesuaikan agar informasi yang ingin disampaikan tidak berbeda maknanya dan mudah di pahami bagi semua orang.

Mungkin sebagian teman-teman sudah sangat paham dan familiar cara membuat grafik baik di microsoft word maupun di excel. Tetapi disini saya akan memberikan cara paling mudah membuat grafik secara otomatis di microsoft word dengan cepat tanpa harus mengatur bagian-bagian tertentu.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Langkah-Langkah Membuat Grafik otomatis di Microsot Word

cara membuat grafik x y di word
cara membuat grafik x y di word

1. Sebelum membuat grafik, maka terlebih dahulu menyiapkan data dalam bentuk tabel, Hal ini akan memudahkan kita untuk mengatur posisi. Disini saya menggunakan data cara Menghitung produksi Beras setiap Bulannya selama setahun.

cara membuat grafik dari tabel di word
cara membuat grafik dari tabel di word

2. Selanjutnya yaitu pilih Menu Insert di bagian Ilustrations dan pilih Chart ( Insert –> Chart) . Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

cara bikin chart di ms word
cara bikin chart di ms word

Nah, pada gambar diatas banyak menu pilihan sebelah kiri dari column, Line, Pie dan sebagainya. Disini saya akan menjelaskan membuat grafik menggunakan Line, Pilih bagian line dan lalu klik OK.

3. Setelah klik OK maka akan muncul grafik line di microsoft word dan muncul halaman microsoft excel sebelah microsoft word. Kamu bisa lihat seperti gambar di bawah ini.

cara membuat grafik di word 2013
cara membuat grafik di word 2013

4. Pada tahap ini yang harus kamu lakukan adalah Menyalin Data yang sudah kita sediakan ke dalam kolom Microsoft Excel dan hapus kolom yang tidak digunakan. Jika saat mengcopy paste dari word ke excel muncul peringatan, maka cukup klik ok, bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Dan lakukan menyalin data seperti gambar di bawah ini.

cara membuat tabel statistik di word
cara membuat tabel statistik di word

Ikuti tata letak tabel dari microsoft word ke excel atau dari sebelah kiri ke kanan seperti gambar di atas. Jika sudah semua data kamu salin ke microsoft excel maka kamu hanya tinggal tutup Microsoft excel nya tanpa menyimpan.

5. Maka hasil Grafik dari Produksi beras setiap bulannya adalah :

cara membuat grafik penjualan
cara membuat grafik penjualan

seperti ini lah hasil grafik line dari data tabel produksi beras. Nah bagaimana cara menggunakan Column ? atau diagram batang ?

Caranya sama saja seperti langkah-langkah di atas, tetapi hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

cara membuat grafik batang di word
cara membuat grafik batang di word

Mudah bukan cara membuat grafik secara otomatis di microsoft word? tanpa perlu mengatur posisi terlebih dahulu. Selamat Mencoba

Tinggalkan komentar