Cara Membuat Footnote, Innote, dan Endnote Di Word Lengkap

Banyak sekali kita-kita yang belum memahami tentang Footnote, innote, dan Endnote dan bagaimana cara membuat Footnote, innote, dan Endnote. Padahal untuk membuat karya ilmiah, makalah dan penelitian Footnote, innote, dan Endnote sangat dibutuhkan. Mungkin dalam hasil cetakan print Footnote, innote, dan Endnote tidak nampak, dan bisa ditulis secara manual saja. Tetapi pada Microsoft word nya langsung sangat berpengaruh.

Di Microsoft Word sendiri ada pengaturan yang sangat mudah digunakan untuk membuat Footnote, innote, dan Endnote, ini lebih rapi dan efektif, daripada mengerjakan secara manual yang harus di perbaiki terus-menerus.

Sebelum lanjut ke pembuatan Footnote, innote, dan Endnote di Microsoft word, disini ada penjelasan sedikit tentang apa itu Footnote, innote, dan Endnote, bagaimana cara membuat Footnote, innote, dan Endnote dan langkah-langkah Footnote, innote, dan Endnote.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Pengertian Footnote, Innote, Dan Endnote

Footnote biasanya sering disebut Catatan kaki, Footnote ini merupakan daftar keterangan sebuah rujukan atau sebuah kutipan yang kita ambil dari buku, internet, jurnal dan lainnya. Biasanya Footnote dapat diartikan sebagai catatan kaki untuk menampilkan keterangan referensi yang kita gunakan, dan terteletak di bawah kertas kaki tulisan atau di bagian Footer.

Footnote ini hampir sama dengan daftar pustaka, yaitu mengutip kutipan dari sumber aslinya yang dijadikan sebagai referensi. Hal ini di lakukan agar pembaca lebih tahu sumber penulisannya, agar memudahkan si pembaca untuk mengembangkan kembali karya yang telah kita buat, terlebih agar tidak terjadi nya plagiarisme.

Innote biasanya sering disebut catatan perut, berbeda di footnote yang kutipannya terletak di bawah kertas kaki tulisan sedagkan innote yaitu mengambil kutipan dan langsung di letakkan pada kalimat yang telah kita ambil untuk rujukan, tanpa harus membuat penomoran tetapi biasanya kutipan ini akan di letakkan di bagian daftar.

Innote ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu kutipan langsung yaitu kutipan yang semua nya diambil dari sumber asli nya, tanpa diedit dan menyertakan nama pengarang, tahun, nomor, halaman. sedangkan kutipan tidak langsung yaitu kutipan yang diambil inti sarinya dan di olah kembali menggunakan bahasa sendiri.

Endnote biasanya sering di sebut sebagai catatan belakang atau catatan akkhir. innote ini terletak di akhir tulisan atau akhir kutipan. Endnote ini hampir sama dengan footnote, yang menjadi perbedaanya adalah biasanya Endnote teletak setelah Bibliograpy dan daftar pustaka.

Cara Membuat Footnote, Innote dan Endnote Di Microsoft Word

Cara membuat Footnote dan contohnya :

  1. Nama Pengarang Lengkap
  2. Judul Buku (digaris bawahi, jika menggunakan artikel bisa gunakan tanda petik dua)
  3. Tempat di terbitnya ( terletak di dalam kurung, setelah nama kota)
  4. penerbit
  5. Tahun terbit
  6. Halaman (biasanya dalam buku untuk rujukan menggunakan singkatan hlm dan diberikan tanda titik baru angka)

Contohnya : Sri Kusuma Dewi, Artificial Intelligence (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2003), hlm. 40

Cara Membuat Innote dan contohnya :

pada innote terdapat 3 bagian yang diperlukan yaitu :

  1. Nama Pengarang Buku (biasanya diambil nama belakangnya saja)
  2. Tahun penerbitan Buku
  3. Halaman Buku yang dijadikan kutipan

Contohnya :

MySQL adalah sebuah aplikasi Relational Database Management System (RDMS) yang sangat cepat dan kokoh. Dengan menggunakan MySQL Server maka data dapat diakses oleh banyak pemakai secara bersamaan sekaligus dapat membatasi akses para pemakai berdasarkan privilege (hak akses) yang diberikan. MySQL menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL) yaitu bahasa standar yang digunakan untuk pemrograman basis data. MySQL tersedia dibawah izin open source, tetapi juga ada izin untuk penggunaan secara komersial (Alexander, 2011 : 80)

cara membuat Endnote

cara membuat endnote hampir sama dengan footnote, yang menjadi perbedaannya adalah jika di microsoft word Foodnote menggunakan Angka seperti 1, 2, 3 dan seterusnya. sedangkan di endnote menggunakan angka romawi I, II, III, IV dan seterusnya. Pada pengutipan Endnote sama dengan footnote

Baca juga : Cara Membuat Dan Menghapus Tabel Di Word

Langkah-langkah membuat Footnote di Microsoft Word :

1.. Letakkan kursor di akhir kalimat yang ingin di beri footnote, Lalu pilih menu References —> Klik Footnotes, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat footnote di word 2010

2. Selanjutnya jika sudah klik bagian ujung kecil sebelah kanan seperti gambar diatas, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

cara bikin footnote di word

Nah, pada bagian ini kita atur sesuai yang kita mau, karna di sini membuat footnote maka kalian buat di Location nya menjadi Footnote dan bagian Number Format diganti dengan angka 1,2,3,….. Lalu klik Insert.

3. Otomatis terdapat nomor footnote di akhir kalimat dan kertas. Seperti gambar di bawah ini .

cara memasukan catatan kaki di word

Lalu tinggal kamu ketikkan referensi sesuai dengan rujukan yang telah kamu buat di akhir kertas. dan lakukan hal yang sama untuk footnote kedua.

4. Hasil Footnote

cara menulis catatan kaki di word

Langkah-Langkah Membuat Innote di Microsoft Word :

1.. Membuat Innote do Microsoft Word yaitu dengan cara manual tetapi dengan 2 pilihan yaitu menggunakan Kutipan Langsung atau tidak langsung.

2. Kutipan langsung kamu hanya mengetikkan kembali kata-kata yang kamu ambil,, contohnya dari buku dan setelah itu kamu buat nama pengarangnya sesuai dengan penjelasan di atas.

3. Jika kutipan langsung mengulang isi dari kutipan kamu menggunakan bahasa kamu sendiri.

4. Yang menjadi aturan membuat innote yaitu biasanya innote menggunakan spasi 1/2 atau 1,5 Lines dalam paragraf. Dalam pembuatan Innote semuanya diketik seperti biasa tanpa pengaturan apapun. Contohnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat innote di word

Langkah-Langkah Membuat Endnote di Microsoft Word :

1.. Letakkan kursor diakhir kalimat, dan pilih bagian References –> Footnotes –> Pilih Endnotes.

cara membuat endnote di word

2. Selanjutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini .

cara membuat endnote dari jurnal

nah pada bagian ini kamu tinggal pilih Endnote dan number format kamu pilih angka romawi, lalu klik insert.

3. Maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini

cara memunculkan endnote di word

nah disini kamu tinggal isi referensinya sesuai dengan rujukan yang telah kamu buat. Endnote ni terletak pada akhir tulisan.

Dari ketiga penjelasan tadi, menurut saya maka kesimpulannya adalah :

  1. Footnote dan endnote dalam penulisan sama, yang menjadi perbedaanya yaitu footnote terletak di akhir kalimat dan di akhir catatan kaki dan menggunakan penomoran angka . Sedangkan Endnote terletak di akhir kalimat dan di akhir tulisan.
  2. Pada Innote catatan perut dalam pengutipan hanya sebatas nama pengarang, tahun dan halaman, dan dalam pembuatannya di microsoft hanya diketik biasa tanpa pengaturan.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Demikianlah penjelasan dan cara membuat Footnote, Innote dan Endnote di word, agar mudah di pahami, sebaiknya teman-teman langsung mempraktekkannya saja di microsoft word. Dan sebagai catatan, saya disini menggunakan microsoft word 2010. untuk masalah perbedaan microsoft word tahun berapa, saya kira tidak akan terlalu berbeda asal bisa memahami dari penjelasan ini.

Tinggalkan komentar