Cara Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar Secara Otomatis Di Word

Masih menggunakan cara manual buat daftar gambar daftar tabel di microsoft word? Cobain cara otomatisnya biar makin mudah!
Cara Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar Secara Otomatis Di Word

Membuat daftar gambar dan daftar tabel yaitu memberikan petunjuk tentang halaman isi dari gambar atau tabel tersebut. Daftar gambar merupakan daftar yang digunakan dalam makalah, skripsi, atau laporan lainnya untuk menguraikan gambar-gambar. Begitu juga dengan daftar tabel yaitu untuk menguraikan tabel-tabel yang sudah di buat.

Biasanya daftar gambar dan daftar tabel yang terdapat pada skripsi terletak setelah daftar isi. Daftar gambar dan daftar tabel sama dengan daftar isi, yang menjadi perbedaannya adalah daftar isi mencakup semua judul besar atau judul kecil beserta halamannya. Sedangkan daftar tabel atau daftar gambar di buat hanya berdasarkan keterangan gambar atau keterangan tabel nya saja.

Selain daftar gambar dan daftar tabel, kamu juga bisa membuat daftar isi otomatis di microsoft word agar mempermudah kamu untuk membuat daftar isi tanpa manual dan pastinya cepat rapi.

Cara Membuat Daftar Gambar secara Otomatis di Word

1.. Buka dokumen yang sudah tersusun rapi dari gambar pertama hingga akhir. kemudian klik gambar pertama yang akan di berikan keterangan, lalu klik kanan pilih Insert Caption.

cara membuat daftar gambar

setelah klik Insert Caption seperti gambar diatas, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

cara menambahkan label pada insert caption

2. pada gambar diatas terdapat lingkaran yang berbeda warna, setiap warna memiliki fungsi yang berbeda. Lingkaran Hitam yaitu caption untuk membuat keterangan pada gambar.

Lingkaran merah yaitu untuk memilih label karena disini kita ingin membuat daftar gambar, maka label yang kita gunakan adalah Gambar caranya dengan mengklik label dan pilih tulisan Gambar. Jika seandainya tulisan gambar tidak ada pada label, kamu bisa membuat label dengan cara klik new label yang terdapat pada lingkaran kuning. untuk position nya kamu pilih below selected item yang berarti keterangan terletak setelah gambar. Jika sudah maka akan muncul tulisan seperti gambar di bawah ini

hasil keterangan pada gambar

tulisan “Gambar 1 Desain Output Prediction” Bisa kamu ganti warna tulisan, ukuran tulisan dan tata letak tulisan .

3. Selanjutnya buat keterangan pada seluruh gambar. Caranya sama dengan penjelasan pertama hingga penjelasan ke 2. jika sudah kamu buat semua keterangan pada semua gambar, selanjutnya yaitu memunculkan semua keterangan yang ada pada gambar di halaman daftar gambar.

4. Buat halaman daftar gambar, tetapi masih dalam 1 file yang sama. kemudian pilih menu References –> Insert Table Of Figures. (Klik insert table of figure yang terdapat pada bagian caption). Setelah itu akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah :

5. pada bagian ini kamu hanya tinggal memastikan pada caption label nya. jika caption labelnya sudah gambar, maka kamu hanya tinggal klik OK. Ini lah hasil dari cara membuat daftar gambar di ms word.

hasil dari cara membuat daftar gambar di word

Cara membuat Daftar Tabel secara otomatis di word

membuat daftar tabel tidak terlalu sulit, caranya sama dengan membuat daftar gambar. yang menjadi perbedaannya adalah nama pada caption dan posisi pada tabel. Jika pada gambar keterangan gambar terletak setelah gambar, sedangkan pada tabel keterangan tabel terletak sebelum tabel.

Langkah-langkah membuat daftar tabel di word :

1.. buka file dokumen yang sudah tersusun rapi semua tabel, lalu berikan keterangan disemua tabel. caranya klik kanan pilih Insert Caption. setelah itu akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah :

menampilkan pemberitahuan caption pada label

pada pemberitahuan seperti gambar diatas maka pada label kita ganti menjadi tabel dan position akan otomatis berubah menjadi “Above selected item”, lalu klik OK.

2. Lakukan hal sama pada penjelasan pertama hingga akhir. Pastikan semua tabel sudah di berikan keterangan.

3. Setelah semua telah selesai pemberian keterangan tabel, langkah selanjutnya yaitu dengan menampilkan daftar tabel di halaman daftar tabel. Pilih menu References–>insert table of figure. pada tahap ini kamu tinggal mengganti Caption Label menjadi Tabel seperti lingkaran berwarna merah pada gambar.

table of figure

4. Hasil menampilkan daftar tabel secara otomatis di word

Hasil menampilkan daftar tabel secara otomatis di word

Demikianlah cara singkat yang bisa kita gunakan untuk membuat daftar tabel dan daftar gambar secara otomatis di word. Hal ini dapat memudahkan kita untuk mengerjakan proposal, skripsi, makalah, dan pekerjaan lainnya. Membuat daftar tabel dan daftar gambar secara otomatis akan menghemat waktu kita dalam mengerjakan tugas.