Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Masih tentang Microsoft Word yaitu membahas tentang Membuat Daftar Pustaka otomatis di Microsoft Word. Nah pasti kalian sudah tau apa itu daftar pustaka ? dan bagaimana tata cara membuat daftar pustaka ?

Daftar Pustaka merupakan halaman rujukan dari karya ilmiah atau buku yang telah kita salin untuk sebuah proposal, laporan atau makalah yang telah kita buat. Hal ini sangat diperlukan karena mempermudahkan kita atau si pembaca untuk menganalisis lebih lanjut tentang karya ilmiah, laporan, makalah atau proposal yang telah kita buat.

Atau bisa di bilang juga tidak melanggar hak cipta dari penulis sebelumnya. Daftar pustaka biasanya terletak pada akhir laporan, makalah, proposal atau lainnya. Unsur-unsur yang terdapat dalam daftar yaitu Nama pengarang, judul buku, tahun terbit, penerbit, tempat terbit, cetakan ke berapa, nomor jilid, dan tebal.

Disini yang akan saya bahas yaitu cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word dan tidak perlu bingung bagaimana cara membuat daftar pustaka bagi yang tidak paham membuat daftar pustaka.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word

Sebelum membuat daftar pustaka, maka siapkan terlebih dahulu Jurnal atau buku yang kamu gunakan untuk membuat daftar pustaka. Disini saya hanya menggunakan 2 jurnal saja.

1.Buka Halaman Microsoft Word, Dan Buat kata-kata DAFTAR PUSTAKA letak paling atas. Setelah itu pilih Menu References lalu pilih Insert Citation dan klik add new Source (References –> Insert Citation–> Add New Source). Bisa lihat pada gambar di bawah ini.

2. setelah itu maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Nah pada bagian ini, kita tinggal isi sesuai jurnal. Isi dengan jurnal atau buku yang telah kita gunakan untuk rujukan. cara mengisinya yaitu :

  1. Type of Source nya pilih Journal Article.
  2. Author nya tulis nama penulis jurnal, Corporate Author nya tidak perlu di centang.
  3. Title isi dengan judul jurnal
  4. Journal name isi dengan nama jurnalnya . contoh jurnal IT, Jurnal Kewirausahaan.
  5. Year isi dengan tahun pembuatan jurnal
  6. Page isi dengan berapa halaman jurnal yang telah dibuat.

Setelah isi semua maka kita klik OK dan akan muncul kata-kata seperti gambar dibawah ini :

3. Pada Tahap ini lakukan kembali Pengisian daftar rujukan atau daftar pustaka yang kita gunakan seperti langkah diatas sampai selesai. Jika sudah semua daftar rujukan di input maka langkah selanjutnya adalah pilih References lalu pilih Bibliography lalu klik Insert Bibliography (References –> Bibliography –> Insert Bibliography ). atau bisa lakukan seperti gambar di bawah ini

4. Maka akan muncul daftar pustaka yang telah kita inputkan tadi. seperti ini lah hasilnya.

ini lah cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word. Nah teman-teman mudah bukan membuat daftar pustaka tanpa harus melihat konsep aturan daftar pustaka ? Cara ini akan memudahkan teman-teman dalam melakukan penelitian tugas akhir, tugas makalah, laporan dan hal lainnya. Selamat mencoba

Tinggalkan komentar