Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Masih pake tab atau manual buat bikin daftar isi di microsoft word? Ayo Coba cara otomatisnya berikut ini.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Di Microsoft word sendiri sudah banyak menu-menu yang membantu kita dalam mengolah data secara otomatis. Contohnya saja cara membuat daftar pustaka otomatis, membuat daftar tabel dan daftar gambar otomatis. Hal ini sangat memudahkan kita dalam mengerjakan, mengolah data secara otomatis.

Membuat daftar isi secara otomatis sangat memudahkan kita dalam hal pekerjaan, waktu dan sangat efektif tanpa harus manual. Buat kamu yang mengerjakan skripsi, makalah, laporan ataupun tugas lainnya yang masih manual, yuk di pelajari bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di word ?

Baca juga : Cara Membuat Grafik Otomatis Di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Di Word 2010

Daftar Isi merupakan sebuah daftar halaman yang dibuat untuk memudahkan pembaca untuk mencari halaman tertentu atau halaman yang sudah terbaca tanpa harus membolak balik kan buku tersebut. Biasanya daftar isi ini terletak di bagian depan setelah kata pengantar. Daftar isi tidak hanya terdapat di makalah, laporan dan skripsi saja. Tetapi daftar isi ini juga terdapat pada buku, majalah, cerita dongeng dan lainnya.

Langkah 1 – Siapkan File yang akan di buat daftar isi

  • pastikan terlebih dahulu file yang akan di buat daftar isi sudah lengkap dan tersusun rapi lalu bukalah file tersebut.

Langkah 2 – Membuat Heading 1 pada judul besar

  • cara pertama untuk membuat daftar isi yaitu membuat heading 1 pada judul besar seperti Kata pengantar, Daftar isi, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V dan Daftar Pustaka.
  • Blok judul besar seperti kata pengantar, lalu pilih heading 1 yang terdapat pada menu Home dan hasilnya akan berbeda dari yang pertama. lihatlah pada gambar di bawah ini
cara membuat daftar isi otomatis di word 2013
  • pada gambar diatas Kata pengantar bisa di ganti dari bentuk tulisan, ukuran dan tata letak sesuai dengan format yang kita gunakan masing-masing.
  • Blok kembali judul besar selanjutnya setelah kata pengantar dan lakukan hal yang sama hingga akhir. Jika kamu ingin cepat dan memudahkanmu untuk tidak mengatur ukuran dan tata letaknya, kamu bisa menggunakan cara ini
  • ” letakkan kursor di kata pengantar yang sudah di heading. lalu kamu pilih Format Painter yang ada di menu home, kemudian kamu blok masing-masing judul besar dengan cara yang sama”. lihat lah pada gambar di bawah ini
Format Painter

Langkah 3 – Membuat Heading 2 pada sub judul

  • Blok bagian yang akan di berikan heading 2, lalu pilih heading 2 di menu home tepat di sebelah heading 1.
cara membuat heading 2
  • Setelah latar belakang muncul, maka editlah sesuai dengan format yang kamu gunakan.
  • Buatlah heading 2 di semua bagian sub bab, bisa dengan cara yang di blok dan klik heading 2, atau dengan cara menggunakan format painter.
  • cara menggunakan format painter bisa di ikuti pada langkah 2 diatas.

Langkah 4 – Membuat Heading 3 pada sub-sub judul

  • pada langkah ke 4 ini cara nya sama dengan langkah 2 dan langkah 3, tetapi jika kamu mempunyai sub-sub judul
  • jika kamu tidak mempunyai sub-sub judul pada sub judul kamu, maka kamu tidak perlu membuat heading 3.
  • Jika semua sudah selesai membuat heading pada langkah pertama sampai langkah ketiga, maka langkah selanjutnya yaitu membuat halaman. Hal ini bertujuan untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Langkah 5 – Membuat Halaman pada semua file

Langkah 6 – Membuat Daftar Isi

  • Langkah ke 6 ini adalah langkah yang teakhir, jadi kamu harus memastikan semua file sudah di berikan heading dan penomoran halaman. Dan atur jarak spasi pada setiap judul, sub judul dan sub-sub judul agar halaman yang terdapat di daftar isi sesuai.
  • Selanjutnya kamu pilih menu References–> Table of Contents. maka hasil daftar isi akan ditampilkan secara berurutan seperti pada gambar di bawah ini.
cara mebuat daftar isi di word

Demikianlah cara singkat membuat daftar isi otomatis di word. Jadi sekarang Kamu tidak perlu lagi membuat daftar isi secara manual.