Cara Membuat Bilangan Pecahan, Pangkat dan Akar di Word

Begini cara membuat bilangan pecahan, pangkat, dan juga angka di microsoft word dengan sangat mudah!
Cara Membuat Bilangan Pecahan, Pangkat dan Akar di Word

Pecahan merupakan bilangan yang menggunakan tanda per atau biasa yang kita tulis garis tengah. Pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut.

Pangkat merupakan hasil dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri, contohnya 2 x2 maka jika di pangkatkan menjadi 2 pangkat 2. pangkat 2 juga biasa di sebut dengan bilangan kuadrat.

Akar merupakan sebuah tanda, yang membuat sebuah bilangan yang hasilnya termasuk kedalam bilangan irasional, yaitu bilangan yang tidak bisa disebut sebagai bilangan bulat, pecahan. Bilangan bentuk akar ini menggunakan tanda akar.

Apakah bisa membuat tanda-tanda pecahan seperti pecahan, pangka, dan akar di word ? Tentu bisa.

Tanda-tanda dalam matematika tidak hanya di implementasikan pada kertas saja, tetapi juga bisa diimplementasikan pada Microsoft Word. Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui cara membuat pecahan di Microsoft word. Disini akan dijelaskan bagaimana cara membuat pecahan, akar, dan pangkat di Word.

Baca juga : Cara Menghilangkan Product Activation Failed di Microsoft Word

Cara Membuat Pecahan Di Word

Biasanya orang-orang yang belum mengetahui tanda-tanda matematika di word, mereka akan menggunakan tanda / yang berarti per untuk pecahan. tetapi jika yang tidak mengetahui tanda / adalah per, maka orang-orang bisa mengganggap tanda / sebagai tanda bagi. Disini akan di jelaskan bagaimana cara membuat pecahan di word.

langkah-langkah membuat pecahan di word:

1.. kita akan membuat pecahan dari 3/4 + 5/6, maka langkah awal yaitu Buka dokumen baru, dan pilih menu Insert –> Klik Equation –> Insert New Equation. atau bisa langsung klik Equation nya saja.

cara membuat pecahan (Equation) di word

setelah itu, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

cara membuat gambar pecahan di word

2. Jika sudah sesuai dengan gambar di atas, maka kamu tinggal klik bagian Fraction yang lambang nya x /y . kita memilih bagian Fraction dikarenakan kita akan membuat pecahan.

mengetik bilangan pecahan di word

3. pada gambar diatas ada lingkaran berwarna merah. Lingkaran yang berwarna merah ini merupakan tanda setelah kita mengklik Equation. Setelah itu kalian langsung bisa menulis bilangan pecahan dalam titik kotak diatas dan titik kotak dibawah.

Titik-titik kotak diatas pada pada pecahan merupakan pembilang sedangkan titik di bawah merupakan penyebut. Nah, disini saya sudah buat 3/4 + 5/6 dengan hasil 19/12. Untuk membuat pecahan tambahan, cukup kalian klik lagi fraction tetapi masih dalam kotak 3/4. contohnya seperti gambar di bawah ini :

cara membuat pecahan tambah

Baca juga : Cara Menggabungkan File Word Dengan Mudah dan Sangat Rapi

Cara Membuat Akar Di Word

akar dan pecahan masih dalam satu ruang lingkup yang terdapat pada equation. yang menjadi perbedaannya adalah tanda. pada microsoft word tanda akar dan pecahan juga sesuai pada rumus matematika. Itu semua bisa kita cari pada microsoft pada Equation.

Langkah-langkah membuat akar di microsoft word :

1.. Langkahnya sama dengan membuat pecahan, kamu tinggal pilih Insert–>Equation.

Menu Equation

pada gambar diatas terdapat semua menu Equation, jika tadi kita memilih fraction karena pecahan. sekarang kamu tinggal pilih radical untuk membuat akar, atau kamu bisa menggunakan tanda akar pada symbols.

2. Selanjutnya, ketika kamu klik Radical, maka akan muncul beberapa pilihan seperti Square Root, Radical With Degree, Square Root with degree, Cubit Root dan Radical. semua nya tergantung pilihan sesuai yang kamu ingin gunakan.

Equation Radical

sebagai contoh saya menggunakan bagian radical with degree, maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.

tampilan radical with degree

4. kemudian langkah selanjutnya kamu tinggal menulis angka di kotak-kotak kecil yang bertitik-titik. Jika kamu ingin membuat akar yang bertambah, cukup di dalam 1 ruang lingkup kotak itu saja, dan kamu berikan tanda tambah lalu pilih menu radical kembali.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Nomor Halaman yang berbeda Tiap Bab di Microsoft Word

Cara Membuat Pangkat Di Word

Pangkat tidak hanya pangkat 2 atau pangkat 3, pangkat bisa juga berada pangkat dalam pangkat. Disini ada 2 cara yang bisa di lakukan untuk membuat pangkat, dengan cara manual dan dengan cara menggunakan Equation, sama dengan pecahan dan akar.

1. Pangkat Secara Manual

1.. Kamu tinggal tulis angka yang berpangkat. contohnya 2 pangkat 5 atau (2 pangkat 2)pangkat 3. jika sudah kamu ketikkan di lembar dokumen kamu, lalu kamu blok angka yang di pangkatkan, lalu kamu pilih menu Home dan klik tanda X pangkat 2 atau bacaanya Superscript. Bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini :

cara membuat pangkat

2.. Untuk memblok semua angka yang akan di pangkatkan, cukup kamu blok 1 angka terlebih dahulu, lalu tekan ALT + tekan angka yang akan di blok lagi. Hasil nya akan seperti gambar di bawah ini :

bilangan berpangkat di word

2. Pangkat Menggunakan Equation

1.. Pilih menu Insert –> Equation. lalu kamu pilih bagian Script atau tanda E pangkat X dan akan muncul beberapa pilihan yang terdapat pada Script seperti gambar di bawah ini :

cara membuat pangkat di equation

2. Kamu tinggal pilih beberapa pilihan yang telah di sediakan pada Script yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Caranya sama dengan pecahan dan pangkat seperti diatas. Cukup kamu tulis angka berpangkat di dalam kotak titik-titik seperti gambar diatas.

sedikit penjelasan tentang manual yaitu menggunakan superscript. Superscript berfungsi untuk membuat huruf kecil diatas, sedangkan subscript berfungsi untuk membuat huruf kecil di bawah. Biasanya superscript digunakan untuk berpangkat, sedangkan subscript di gunakan untuk singkatan yang terdapat pada kimia contohnya C02.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Demikianlah cara membuat pecahan, pangkat dan akar pada word. Jika kamu ingin membuat tanda matematika yang lain yang tidak hanya pecahan, pangkat dan akar saja, kamu cukup lihat tanda matematika di Equation. Karena disana sudah tersedia yang kita butuhkan, jika tidak tersedia pada Equation, kalian bisa cari pada Symbols.