Cara Membersihkan Riwayat Pencarian di Instagram

Sosial media yang memiliki lebih daru 500 juta pengguna aktif setiap harinya membuat instagram termasuk ke salah satu sosial media paling populer hingga saat ini.

Dan sebagai pengguna instagram pastinya kamu pernah mencari orang atau profil instagram menggunakan hashtag, lokasi, nama, dan lain-lain di menu pencarian. Nah jika yang kamu cari tersebut tidak ingin diketahui oleh orang lain yang bakal memegang android kamu dan membuka instagram kamu. Maka kamu perlu menghapus riwayat pencarian di instagram kamu.

KENAPA INSTAGRAM MENYIMPAN RIWAYAT PENCARIAN?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di instagram kamu. Tentu saja kamu harus tau dulu nih kenapa sih instagram menyimpan riwayat pencarian kamu setiap kamu mencari di menu pencarian instagram?

Jelas instagram akan menyimpan nya. Karena dengan riwayat pencarian kamu akan lebih mudah untuk mencari nya kembali jika suatu saat ingin kamu cari kembali. Mengingat setiap orang rata-rata mencari sesuatu yang sama persis dengan sebelumnya.

Contohnya nih kamu mencari #videolucu maka kata pencarian tersebut otomatis akan tersimpan di mesin pencarian instagram kamu dan akan ada setiap kamu mencari nya kembali. Dengan itu kamu tidak perlu mengetiknya berulang kali.

Tetapi selain membuat segalanya menjadi mudah. Dengan riwayat pencarian ini kamu juga akan disarankan beberapa postingan yang sesuai dengan yang kamu ketik dimesin pencarian dan akan terus muncul di beranda kamu. Misalnya tadi kita mengetik di pencarian yaitu #Videoviral. Maka setiap postingan video maupun foto yang memiliki hastag tersebut akan muncul diberanda kamu. Pastinya jika kamu tidak ingin muncul diberanda karena sangat mengganggu bukan?

Maka dari itu berikut afrizatul.com akan memberikan bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di instagram.

MENGHAPUS RIWAYAT PENCARIAN IG

Sama halnya dengan mesin pencarian lain seperti google. Kamu bisa menghapus riwayat pencarian nya seperti awal pertama kali diinstal alias bersih tidak ada pencarian sama sekali. Tetapi kamu perlu membersihkan secara rutin setiap setelah kamu mencari sesuatu apapun itu di instagram.

Berikut ini afrizatul.com berikut dua cara menghapus riwayat pencarian di Hp Android dan juga di PC atau Komputer :

HP Android

  1. Pertama buka aplikasi instagram kamu seperti biasanya kemudian klik ikon profil yang ada pada pojok kanan bawah.
  2. Setelah itu klik tombol tiga garis horizontal yang ada pada kanan atas layar.
  3. Kemudian pilih pengaturan yang berlogo gear atau roda gigi.
  4. Pilih keamanan.
  5. Kemudian pada menu keamanan Pilih Bersihkan Riwayat Pencarian.
  6. Jika masih belum bersih maka kamu bisa memencetnya berulang kali.

Browser Web Komputer atau PC

  1. Buka browser kamu masing-masing bisa menggunakan apa saja seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.
  2. Kemudian buka website instagram.com
  3. Lalu pada profil kamu pilih ikon yang gambar orang dipojok kanan atas
  4. Setelah itu ke pengaturan tepat disamping menu edit profil
  5. Pilih Privasi dan Keamanan
  6. Scroll terus kebawah dan pilih Lihat Data Akun
  7. Terdapat aktivitas akun kamu kemudian Pilih lihat semua di riwayat pencarian
  8. Dan Bersihan riwayat pencarian tersebut.
  9. Jika muncul pertanyaan klik saya Yes.

Selesai dengan 2 cara diatas maka kamu berhasil meghapus riwayat pencarian kamu sehingga tidak takut lagi jika ada orang lain yang membuka instagram kamu.

Akhir Kata

Itulah bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di instagram yang bisa kamu gunakan untuk mencegah jika smartphone android kamu digunakan oleh orang lain. Dengan ini data pribadi kamu dan privasi kamu akan lebih terjaga dan terjamin pastinya. Selamat mencoba..

Share on:

Tinggalkan komentar