Cara Membersihkan RAM Xiaomi dan Mengoptimalkannya

Semakin banyak dan besar size aplikasi yang diinstal pada hp xiaomi, maka juga berdampak pada memori ataupun RAM. Salah satu efek yang akan ditimbulkan yaitu hp terasa berat atau LAG. Untuk itu penting mengetahui cara membersihkan ram xiaomi.

Bagi pengguna hp xiaomi yang memiliki RAM kecil, Jika tidak mengoptimalkan RAM xiaomi bukan hanya lag saja akan tetapi bisa menimbulkan kerusakan yang lain pada sistem operasi android. Contohnya tidak bisa instal aplikasi dan mengalami crash saat membuka aplikasi terutama game.

Jika ini dibiarkan terus-menerus maka kinerja hp xiaomi akan semakin memburuk, oleh karena itu disarankan tetap sediakan backup data secara berkala seperti foto atau video ke flashdisk, laptop atau mengunggahnya ke sosial media terlebih dahulu agar mencegah kehilangan data.

Apabila hp xiaomi kamu sudah terlanjur lag karena jarang membersihkan RAM, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini. Untuk melakukannya kamu tidak perlu me-root hp xiaomi dan menginstal aplikasi pihak ketiga.

Cara Membersihkan RAM Xiaomi Tanpa Aplikasi

Pada tutorial kali ini kami menggunakan hp xiaomi redmi note 9 pro dan versi MIUI 12, Jadi apabila kamu memiliki xiaomi redmi, mi, poco atau seri lain silahkan sesuaikan saja karena mungkin akan ada sedikit perbedaan disegi tampilan.

Di hp xiaomi sendiri sebenarnya sudah dibekali dengan aplikasi yang berguna untuk membersihkan ram dan meningkatkan kinerja hp secara optimal yaitu aplikasi pembersih.

Meskipun aplikasi pembersih adalah bawaannya xiaomi, aplikasi ini cukup ampuh dan membantu para pengguna yang tidak memiliki ram besar. Tapi kamu juga harus berhati-hati menggunakannya karena aplikasi ini seringkali menghapus data pengguna yang penting.

aplikasi pembersih ram xiaomi

Berikut cara mengoptimalkan ram xiaomi dengan aplikasi pembersih bawaan :

  1. Jalankan aplikasi pembersih di xiaomi.
  2. Tunggu proses scan berkas cache, berkas tak berguna, paket, sisa, dan memori di hp kamu.
  3. Tap Bersihkan.
  4. Pilih bersihkan pada Pembersih whatsapp, dan facebook (opsional).
  5. Jika proses pembersihan selesai maka akan tampilan total penyimpanan internal dan yang tersedia untuk dipakai kembali.

Nah begitulah bagaimana cara membersihkan ram di hp xiaomi tanpa bantuan aplikasi apapun, jadi kita hanya memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan xiaomi yang sangat membantu melegakan ram.

Tips Mengurangi Penggunaan RAM Xiaomi Secara Optimal

Apabila kamu merasa aplikasi pembersih xiaomi ini tidak sepenuhnya membantu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner di google playstore atau appstore. Kami sendiri sudah mencoba mencari aplikasi melegakan ram untuk xiaomi tapi belum menemukan yang terbaik.

Namun kamu juga bisa mencoba beberapa tips untuk mengurangi penggunaan ram di hp xiaomi sesuai pengalaman kami di bawah ini.

1. Hilangkan Semua Iklan

Saat ini iklan bukan hanya bisa muncul di situs website, atau aplikasi akan tetapi juga berasal dari provider jaringan internet dan smartphone itu sendiri. Jika iklan ini sering muncul maka akan mengganggu aktivitas kamu karena menampilkan notifikasi atau pemberitahuan terus-menerus.

Di xiaomi sendiri iklan ditampilkan pada beberapa aplikasi bawaan, untuk itu kamu perlu menghilangkannya.

2. Clear Recent Apps Xiaomi

clear recent apps xiaomi

Recent apps yaitu aplikasi yang baru saja kamu buka di hp xiaomi, misalnya saja kamu sebelumnya membuka facebook, instagram, atau youtube nantinya akan masuk ke daftar recent apps.

Fungsi dari fitur ini untuk memudahkan pengguna membuka aplikasi yang kemungkinan akan dibuka kembali, jadi aplikasi tersebut tidak perlu dijalankan ulang yang membutuhkan waktu.

Seiring penggunaan aplikasi daftar recent apps akan semakin banyak dan cukup membebankan RAM hp xiaomi. Oleh karena itu kamu harus sering membersihkannya dengan cara tap pada ikon persegi di samping tombol home lalu pilih tanda silang atau bersihkan.

3. Membersihkan File Lainnya Xiaomi

Apakah kamu pernah merasa sudah membersihkan file di xiaomi tetap hp masih saja terasa berat atau gagal download aplikasi? Nah mungkin saja ada file lainnya yang tersembunyi di hp xiaomi.

Dengan menghapus file lainnya di hp xiaomi dapat membantu RAM menjadi lebih lega dan ringan.

4. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Mungkin kamu tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada beberapa aplikasi di hp xiaomi yang memang diatur untuk berjalan di latar belakang atau background, Hal ini karena aplikasi tersebut memang sering digunakan contohnya seperti keyboard.

Akan tetapi fitur aplikasi berjalan di latar belakang ini juga bisa kita atur secara manual, jadi ini sangat membebani hp kita karena memproses berbagai macam aplikasi.

Ada pula aplikasi yang kita instal misalnya dari google playstore meminta izin fitur berjalan di latar belakang, Namun tanpa kita sadari aplikasi ini sebenarnya tidak terlalu penting untuk diberikan izin fitur tersebut.

batasi aplikasi berjalan di latar belakang xiaomi

Berikut cara membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang hp xiaomi :

  1. Pergi ke menu pengaturan.
  2. Masuk ke menu tentang telepon.
  3. Tap 3x di versi miui sampai muncul pesan “anda sudah menjadi developer atau pengembang”.
  4. Kembali ke halaman sebelumnya.
  5. Gulir ke bawah dan cari setelan tambahan.
  6. Pilih opsi pengembang.
  7. Swipe ke bagian paling bawah dan pada menu apl di bagian batas proses latar belakang.
  8. Ubah batas standar ke tidak ada proses latar belakang.
  9. Selesai.

Dengan begini sekarang hp xiaomi kamu tidak akan menjalankan sebuah aplikasi apabila tidak digunakan. Apabila kamu merasa terjadi crash atau error silahkan ubah kembali batas proses latar belakang ke batas standar.

5. Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Aplikasi bawaan di hp xiaomi memang memiliki berbagai macam fitur yang sangat bagus dan membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti aplikasi catatan, kamus keyboard, talkback, mi video, dan lainnya.

Tapi tentu saja tidak semua aplikasi bawaan xiaomi yang sering kita gunakan, Nah untuk itu kamu bisa uninstall aplikasi default dari hp xiaomi yang kamu rasa tidak perlu.

6. Bersihkan Galeri Xiaomi

bersihkan ram xiaomi

Setiap smartphone memiliki aplikasi galeri di dalamnya agar dapat menyimpan seluruh data pengguna yang berbentuk video, foto ataupun gif dengan cukup membuka satu aplikasi saja.

Jadi apabila data foto kamu yang berasal dari screenshot, whatsapp atau aplikasi lain akan masuk ke sini, begitu pula halnya ketika kamu merekam dan mendownload sebuah video juga akan masuk ke galeri.

Bisa kita bayangkan ketika kamu seringkali menggunakan smartphone dan menyimpan foto atau video, galeri hp kamu akan semakin banyak yang tentunya berdampak ke penyimpanan internal.

Oleh karena itu sering-seringlah untuk mengecek aplikasi galeri dan menghapus secara rutin data mana saja yang sudah tidak dibutuhkan lagi atau layak untuk dihapus.

7. Mengaktifkan Penghemat Baterai

mengoptimalkan ram hp xiaomi

Jika kamu bertanya bagaimana bisa baterai berhubungan dengan ram, karena smartphone yang memiliki baterai cepat habis atau boros salah satu penyebabnya yaitu kinerja ram hp terlalu dipaksakan.

Dapat kita rasakan, fitur penghemat baterai di hp xiaomi sangatlah membantu pengguna ketika ingin menggunakan smartphone dengan waktu yang cukup lama dibandingkan menonaktifkan fitur ini.

8. Selalu Gunakan Aplikasi Pembersih RAM Xiaomi

Pada langkah awal artikel ini kami sudah menjelaskan bagaimana cara membersihkan ram xiaomi menggunakan aplikasi bawaan pembersih. Jadi kita tidak perlu ribet instal aplikasi yang malah memakan ram itu sendiri.

Jadi kami menyarankan kamu untuk selalu menggunakan aplikasi pembersih ini meskipun tidak terlalu mengerti secara teknis bagaimana ram itu bekerja. Jangan lupa untuk memastikan tidak menghapus data yang justru penting untuk disimpan.

9. Reset Xiaomi

Sudah banyak cara yang kami berikan untuk kamu yang ingin membersihkan serta mengoptimalkan ram di hp xiaomi, silahkan coba salah satunya.

Terakhir, jika hp xiaomi kamu masih terasa sangat lag atau berat. Mungkin faktor penyebabnya memang dari ram dan aplikasi yang diinstal tidak seimbang. Jadi cobalah untuk mengetahui berapa ram hp kamu dan instal aplikasi yang ringan-ringan saja sesuai ram tersebut.

Mereset hp xiaomi akan mengembalikan seluruh pengaturan seperti awal ketika kamu pertama kali membeli hp tersebut. Pastinya semua data yang kamu punya di penyimpanan internal seperti galeri, data aplikasi juga ikut terhapus total.

Cara ini termasuk sangat praktis karena dengan meresetnya saja kita sudah menghapus seluruh data tanpa perlu aplikasi lagi, Kekurangannya jika kamu memiliki data penting pada hp xiaomi kamu, silahkan backup terlebih dahulu.

Sekian cara membersihkan ram xiaomi yang bisa kami bagikan, adapun beberapa cara yang disebutkan di atas sebenarnya bagian artikel yang sudah kami buat sebelumnya. Apabila kamu punya pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar