Cara Membersihkan File Lainnya Di Xiaomi

Cara Membersihkan File Lainnya Di Xiaomi

Ukuran memori internal sangat berpengaruh kepada kinerja hp, oleh karena itu terdapat cara membersihkan file lainnya di xiaomi yang merupakan salah satu penyebab kenapa memori penyimpanan cepat penuh.

File lainnya sendiri di xiaomi sering juga disebut file serbaneka yang berisi beberapa berkas seperti file sampah, thumbnail, gambar, cache, data aplikasi, miui dan lain-lain. Namun file ini tersembunyi dan jarang diketahui oleh sebagian mifans.

Dengan begitu file lainnya seringkali tampak mencurigakan karena ukuran file nya yang bisa semakin membesar tergantung jangka waktu penggunaan hp xiaomi tersebut. Semakin lama digunakan maka file lainnya bahkan bisa berukuran sangat besar hingga bergiga-giga.

Salah satu dampaknya yang sering terjadi yaitu tidak bisa instal aplikasi dari google playstore dan berhenti pada saat proses download, Jadi kita wajib membersihkan memori penyimpanan terlebih dahulu setidaknya cukup untuk aplikasi yang akan diinstal.

Agar hal ini tidak terjadi maka kita sederhananya kita bisa menghapus file lainnya ini, Tetapi untuk menghapus file lainnya di xiaomi diperlukan beberapa tahapan karena beberapa mifans mengeluhkan tidak bisa menghapus file tersebut.

Di artikel kali ini kami akan membagikan cara menghapus file lainnya di xiaomi secara bersih total agar menambah ukuran penyimpanan dan membuat hp xiaomi menjadi lebih ringan. Tentunya cara ini tidak memerlukan root untuk melakukannya.

Cara Menghapus File Lainnya Di Hp Xiaomi Tanpa Aplikasi

Membersihkan file lainnya tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga sangatlah mudah, Apalagi kelebihannya kamu tidak perlu takut kehilangan data penting karena kamu menghapusnya sendiri secara manual. Tetapi tetap saja selalu berhati-hati setiap melakukan penghapusan file.

1. Menampilkan File Tersembunyi di Xiaomi

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa sebenarnya ada beberapa berkas file yang memang sengaja disembunyikan dalam hp xiaomi, Oleh karena itu kamu perlu memunculkan file tersebut agar dapat mengetahui apa saja sih file yang ada di hp xiaomi kamu.

  • Jalankan aplikasi File Manager di hp xiaomi.
  • Setelah itu tap ikon garis tiga horizontal di sisi kiri layar.
  • Dan pilih menu Setelan.
  • Terakhir aktifkan fitur Tampil berkas tersembunyi.
    cara ampuh menghapus file lainnya di xiaomi
  • Selesai.

Apabila kamu tidak memerlukan pembersihan file, lebih baik menyembunyikan file seperti sebelumnya karena takutnya ada file system yang tidak sengaja terhapus dan mengakibatkan kerusakan pada hp xiaomi.

Baca juga : Cara Ganti Lokasi Xiaomi

2. Menghapus Semua File Sampah

Sekarang pertanyaan nya mana saja file yang tidak penting? Nah di tahap ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah membersihkan file yang kami anggap sampah di penyimpanan xiaomi, Tetapi kamu juga dapat menghapus file lainnya.

  • Buka aplikasi file manager dan buka folder MIUI.
  • Lalu hapus folder debug_log.
    cara menghapus file lainnya di xiaomi tanpa root
  • Kembali ke folder MIUI dan hapus folder cloud.
  • Tap back dan masuk ke folder Video lalu hapus juga pada folder thumb/thumbsmall.
    cara membersihkan file lainnya lain di xiaomi redmi 3s
  • Jika sudah silahkan hapus file yang dirasa tidak penting di dalam file manager.
  • Hapus cache aplikasi atau uninstall aplikasi yang tidak penting.
  • Terakhir silahkan cek ukuran file lainnya melalui menu Penyimpanan di pengaturan.
    cara menghapus file lainnya di xiaomi redmi 5a
  • Selesai.

Cek ruang penyimpanan apakah bertambah apa tidak, jika dirasa kurang puas dengan hasilnya kamu bisa menghapus file lain yang tidak penting, data aplikasi, cache atau pun berkas yang mungkin tidak sengaja masuk ke dalam memori penyimpanan hp xiaomi.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Google Di Xiaomi

3. Restart HP

Disarankan buat kamu untuk melakukan reboot atau restart hp setiap kali melakukan penghapusan file karena biasanya efeknya akan lebih terasa jika hp xiaomi sudah dimatikan dan dihidupkan kembali. Silahkan tekan dan tahan tombol power di bagian samping hp dan pilih Restart.

Baca juga : Cara Reset Xiaomi

Aplikasi Menghapus File Lainnya Di Xiaomi

Berbeda dengan cara yang telah kami jelaskan di atas karena tidak memerlukan aplikasi untuk mempraktekkannya, Nah ternyata ada aplikasi pembersih yang bisa kamu temukan di google playstore untuk semua hp android termasuk xiaomi.

  • Buka google playstore dan ketikkan “Pembersih“.
  • Akan muncul deretan aplikasi pembersih file sampah di hp android silahkan pilih salah satu.
  • Disini kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi Pembersih ponsel dari Super cleaner studio.
  • Silahkan install dan buka aplikasi tersebut, ukurannya hanya 7MB.
  • Di halaman depan aplikasi silahkan tap pada Pembersih sampah.
    cara menghapus file lainnya di xiaomi redmi 6a
  • Aktifkan akses penggunaan aplikasi.
  • Lalu berikan perizinan ke memori internal xiaomi.
  • Tunggu proses scan file hingga selesai.
  • Dan pilih Bersihkan.
    cara menghapus file lainnya di xiaomi redmi note 7
  • Restart.

Tentunya menggunakan aplikasi pihak ketiga lebih mudah karena cukup menginstal aplikasi dan menggunakan fitur yang biasanya sudah disediakan dengan tampilan sederhana, Namun tetap saja risikonya ada beberapa aplikasi yang tidak sengaja dapat menghapus file penting bagi kita tetapi tidak bagi sistem.

Baca juga : Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Itulah penjelasan bagaimana cara membersihkan file lainnya di xiaomi menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi dengan mudah. Dengan begitu kamu tidak perlu memerlukan akses root untuk menghapus file sampah di xiaomi, Selain itu tentunya hp xiaomi kamu akan menjadi lebih ringan dan hemat baterai.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com