Cara Mematikan Wifi IndiHome

Cara Mematikan Wifi IndiHome

Sama halnya dalam menyalakan wifi indihome, Adapun cara mematikan wifi indihome bisa dilakukan menggunakan hp dan pc dari jarak jauh.

Sehingga mematikan wifi sangat ampuh apabila kamu ingin mematikan wifi ketika ada banyak orang yang menggunakannya agar tagihan tidak membengkak. Mengingat layanan indihome mempunyai ketentuan FUP atau batas pemakaian wajar yang akan turun jika penggunaan melebihi batas FUP yang telah diberikan.

Tak hanya itu, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mematikan wifi orang lain dengan syarat kamu sudah terhubung dalam 1 jaringan bersama mereka. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui username dan password router untuk login ke dalam panel.

Meskipun begitu, kamu bisa menggunakan username dan password default yang biasanya masih aktif dalam wifi tersebut. Ada beberapa cara untuk mematikan wifi indihome diantara lain melalui hp, pc dan juga mengatur on/off widi indihome secara otomatis. Simak selengkapnya berikut ini!

Cara Mematikan Wifi IndiHome Dari HP

Bagi kamu yang memiliki hp android atau ios tentunya bisa mengontrol wifi indihome dari jarak jauh hingga 50 meter, Berikut panduan cara mematikan wifi indihome modem huawei hg8245h5 lewat hp :

  1. Pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan wifi indihome.
  2. Jalankan browser di hp kamu.
  3. Lalu akses dengan IP default gateway jaringan yaitu 192.168.100.1.
    cara mematikan wifi indihome huawei hg8245h
  4. Selanjutnya silahkan isi password dan username, Apabila kamu tidak tahu silahkan cek dibagian belakang modem indihome.
  5. Jika sudah silahkan tap Login.
  6. Pada halaman panel router pilih menu Advanced ikon gear di sisi kiri.
  7. Kemudian tap menu WLAN.
  8. Hilangkan centang Enable SSID.
    cara mematikan wifi indihome huawei lewat hp
  9. Terakhir tap Apply untuk menyimpan pengaturan.
  10. Selesai.

Dengan begitu otomatis wifi indihome tersebut akan tersembunyi dan tidak dapat digunakan oleh orang lain, Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menyalakan wifi indihome dengan syarat sudah terhubung dan memiliki data untuk login ke portal panel router.

Baca juga : Cara Ganti Password Indihome

Menyalakan Wifi Secara Otomatis

Buat kamu yang ingin menyalakan dan mematikan wifi indihome sesuai jadwal yang kamu inginkan maka kamu juga bisa melakukannya di hp atau pc melalui kontrol panel router sesuai modem yang kamu gunakan. Dalam hal ini kami menggunakan modem huawei hg8245h5. Ikuti caranya berikut ini!

  • Jangan lupa untuk menghubungkan koneksi wifi ke jaringan indihome kamu.
  • Kemudian login ke panel dengan ip router huawei yaitu 192.168.100.1
  • Apabila berhasil login silahkan pilih menu Advanced di samping kiri.
  • Lalu pergi ke menu WLAN > Automatic Wifi Shutdown.
    automatic wifi shutdown modem huawei
  • Tap pada nama Wifi yang ingin diatur.
  • Centang pada bagian Enable automatic Wifi shutdown.
  • Terakhir atur jadwal on/off wifi indihome sesuai keinginan dan Apply.
    matikan wifi otomatis berdasarkan waktu

Untuk pengaturan jadwal bisa kamu atur berdasarkan hari dan juga waktu seperti bagian Start yaitu saat memulai dan End untuk diakhiri.

Baca juga : Cara Cek Kuota IndiHome

Cara Mematikan Wifi IndiHome Lewat PC

Selain menggunakan hp, kamu juga bisa mengakses panel router via browser pc. Tentunya kamu harus terhubung terlebih dahulu ke jaringan wifi tersebut agar dapat mengakses ip modem indihome. Berikut cara mematikan wifi indihome dari pc modem ZTE F609 :

  • Hubungkan pc ke wifi indihome.
  • Jalankan browser di PC kamu.
  • Akses IP modem ZTE 192.168.1.1.
  • Masukkan username dan password kemudian login.
    cara mematikan wifi indihome zte f609
  • Pilih menu Network > WLAN.
  • Pada sisi kanan ubah Wireless RF mode ke Disabled.
    cara mematikan wifi indihome lewat pc
  • Terakhir Submit.
  • Selesai.

Di halaman WLAN Basic modem ZTE f609 tersebut ada berbagai fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mengontrol wifi indihome kamu seperti mengubah nama wifi, password, negara, bandwidth dan sebagainya. Jika kamu menggunakan modem lain silahkan akses dengan default gateway wifi tersebut.

Cara Mengembalikan SSID Wifi Indihome yang Hilang

Mungkin kamu bertanya setelah mematikan wifi indihome menggunakan cara di atas yaitu menghilangkan tanda centang pada SSID, maka bagaimana cara untuk mengembalikan settingan ssid menjadi enabled?

Caranya cukup mudah, silahkan gunakan kabel LAN dan hubungkan ke PC atau laptop kamu kemudian akses panel router dengan langkah yang sama dan atur ssid yang sebelumnya disabled menjadi enabled untuk menampilkan nama wifi kembali. Solusi lain yaitu kamu bisa melakukan restart modem indihome.

Jadi itulah cara mematikan wifi indihome dari jarak jauh lewat hp maupun pc yang bisa kamu gunakan, Selain itu kamu juga bisa menyalakan dan mematikan wifi secara otomatis berdasarkan waktu yang kamu tentukan.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com