Cara Mematikan Mode Aman Xiaomi Tanpa Kehilangan Data

Cara Mematikan Mode Aman Xiaomi – Safe mode atau mode aman adalah salah satu fitur yang dapat mendeteksi permasalahan atau error pada perangkat baik smartphone maupun pc.

Meskipun sebenarnya kamu bisa mendiagnosis masalah hp atau pc kamu tanpa safe mode, akan tetapi di beberapa kasus seperti problem yang berat tidak cukup mengandalkan mode normal.

Contohnya saja apabila pc kamu atau hp kamu terkena virus yang sudah merusak sistem maupun aplikasi yang ada, maka solusi alternatifnya yaitu masuk ke mode aman.

Oleh karena itu mode aman atau safe mode tidak hanya bisa kita jumpai pada pc atau laptop, di hp xiaomi kamu juga bisa menggunakan fitur ini.

Bagi kamu yang masih awam terkait safe, yuk kenalan lebih jauh mengenai apa itu safe mode di hp xiaomi.

Baca juga : Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Mode Aman atau Safe Mode di Xiaomi

Ciri-ciri jika hp xiaomi kamu berada di safe mode yaitu ditandai dengan tulisan safe mode atau mode aman yang biasanya terletak di bagian pojok kiri bawah layar hp.

Selain itu, aplikasi atau setelan yang ada juga akan dikembalikan seperti bawaan atau defaultnya ketika kamu membeli hp xiaomi pertama kali.

Jadi kamu jangan khawatir kalau aplikasi yang kamu instal sebelumnya di hp xiaomi hilang semua, karena ini memang fungsi dari fitur safe mode.

Data atau aplikasi kamu tetap aman dan tersimpan pada mode normal. Jadi kamu cukup beralih ke mode normal jika ingin melihat data atau aplikasi tersebut.

Cara Masuk ke Mode Aman Xiaomi

Cara menonaktifkan Safe Mode Xiaomi

Secara default, ketika kita menghidupkan hp xiaomi maka akan masuk ke dalam mode normal atau yang bisa kita gunakan sehari-hari. Disana akan muncul segala aplikasi yang kita install dan juga data-data yang sudah disimpan sebelumnya.

Akan tetapi, jika kamu ingin masuk ke mode aman di hp xiaomi caranya cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Matikan hp xiaomi terlebih dahulu.
  2. Jika sudah silahkan hidupkan kembali dengan menekan tombol power.
  3. Pada saat logo MIUI muncul, tekan dan tahan tombol volume ke bawah.
  4. Tunggu hingga masuk ke safe mode xiaomi.
  5. Selesai.

Dengan begitu kamu sudah berada di mode aman dan pastinya aplikasi atau data juga tidak akan terlihat di mode ini.

Baca juga : Cara Mematikan Talkback Xiaomi Yang Tidak Berfungsi

Cara Keluar dari Mode Aman Xiaomi

Cara keluar dari Mode Aman Xiaomi

Namun jika kamu merasa tiba-tiba hp kamu masuk ke mode aman yang tidak kamu inginkan, maka kamu bisa keluar dari safe mode.

Untuk melakukannya kamu hanya perlu menggunakan tombol power dan merestart hp xiaomi, simak caranya berikut ini :

  1. Pastikan kondisi hp masih masuk ke mode aman xiaomi.
  2. Setelah itu restart atau reboot dengan cara tekan tombol power.
  3. Lalu pilih Mulai ulang daya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai hp xiaomi hidup kembali dan berhasil keluar dari safe mode.

Dengan cara di atas, seharusnya kamu sudah berhasil keluar dari mode aman di hp xiaomi. Untuk masuk ke mode aman silahkan ulangi cara di atas.

Tidak Bisa Keluar dari Mode Aman Xiaomi?

Pada beberapa pengguna tidak bisa keluar dari mode aman di hp xiaomi mereka, oleh karena itu disini saya akan memberikan tips yang mungkin dapat membantu :

  1. Cek apakah tombol power kamu berfungsi dengan baik atau tidak.
  2. Pastikan tombol volume baik itu volume atas dan bawah tidak mengalami kerusakan, karena ini akan berpengaruh pada hp yang bisa mengakibatkan hp xiaomi masuk ke mode aman dengan sendirinya.
  3. Jangan buru-buru untuk melakukan reset hp xiaomi karena ini akan menghapus seluruh data kamu.
  4. Kamu bisa menggunakan pc sebagai alternatif jika tombol power kamu rusak.
  5. Antar ke servis hp terdekat agar lebih aman.

Agar lebih mudah, kamu bisa menonton video tutorial cara mematikan mode aman di hp xiaomi yang telah kami buat :

Jadi itulah cara mematikan mode aman xiaomi dan juga bagaimana cara masuk ke safe mode, Sebenarnya kamu tidak perlu takut kehilangan data atau hp kamu akan rusak karena fitur ini memang resmi dari xiaomi.

Hanya saja fitur ini akan mengalami masalah jika tombol power atau volume di hp xiaomi kamu rusak karena cara masuk ke mode aman yang menggunakan tombol-tombol tersebut.

Tinggalkan komentar