Cara Mematikan Komputer Otomatis

Mematikan komputer secara otomatis ternyata banyak orang yang belum mengetahuinya. Pada umumnya kebanyakan orang selalu melakukan shutdown atau sleep saat sudah selesai beraktivitas menggunakan komputer/PC. Pernahkah kamu ketika sedang bekerja, mengerjakan tugas, atau menonton di komputer tetapi kamu tertidur dan lupa mematikan komputer. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan keborosan terhadap listrik. Bukan hanya keborosan listrik tetapi akan mengakibatkan kerusakan pada processor komputer atau komputer kamu dan pastinya akan membuat komputer/pc kamu kotor.

Pernah terlintas dipikiran untuk mengatur waktu kapan-kapan saja komputer/PC bisa mati dengan sendirinya saat sedang menggunakan dan lupa untuk mematikan komputer, Tetapi dikarenakan terbatasnya informasi maka tidak bisa menerapkannya. Nah, kamu jangan khawatir lagi karena disini akan memberikan tips untuk mematikan komputer/PC secara otomatis.

Keuntungan dalam menerapkan mengatur dalam mematikan komputer/PC ini secara otomatis dapat menghemat listrik, komputer/PC kamu lebih terawat, lebih efisien dan efektif. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam pengaturan waktu untuk mematikan komputer kamu. Cara ini pun bisa dilakukan di semua versi windows yang tersedia. Berikut penjelasannya !

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Pada tahap ini akan dijelaskan 3 cara mematikan komputer/pc secara otomatis tanpa bantuan aplikasi tambahan, melainkan dengan menggunakan kebawaan windows nya saja seperti Commad Promt, Shortcut dan Task scheduler. Cara ini bisa kamu lakukan atau bisa kamu terapkan disemua windows yang tersedia mulai dari windows 7, windows 8, windows 10. Cara mematikan komputer secara Otomatis :

1. Menggunakan Shortcut

Cara yang kedua yaitu kamu bisa menggunakan shortcut untuk mematikan komputer kamu secara otomatis. Penggunaan shortcut ini juga hampir sama cara nya dengan CMD dan penggunaan shortcut cukup mudah bagi pemula. Berikut langkah-langkah cara shutdown laptop otomatis menggunakan shortcut :

cara shutdown otomatis windows 10
  • Pertama, terlebih dahulu membuka layar shortcut. Cara membuka layar shortcut yaitu dengan mengklik kanan di layar deskop kamu lalu pilih New -> Shortcut.
  • Kedua, Memasukkan perintah atau kode dalam shortcut. kamu harus masukkan kode “Shutdown-s -t 1800” -> Klik Next.
  • Ketiga, Pemberian nama. Kamu bisa memberikan nama shortcut tadi dengan shutdown -> Klik finish saja tanpa penggunaan kutip, koma, titik ataupun angka.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop

2. Menggunakan Commad Prompt

Kamu bisa melakukan shutdown secara otomatis dengan menggunakan bawaan dari windows yaitu Command Promt. Mungkin ada yang sudah paham dan sangat kenal dengan command promt ini dan ada sebagian yang sudah sangat sering menggunakannya. Ya, Command Promt ini sering digunakan untuk perintah-perintah dasar atau hal lainnya dalam windows. Berikut panduan cara mematikan laptop otomatis dengan cmd :

cara mematikan komputer otomatis dengan cmd
  • Pertama, Kamu harus membuka commad prompt terlebih dahulu dengan cara tekan tombol windows + R secara bersamaan, maka akan muncul kotak kecil.
  • Kedua, Setelah muncul kotak kecil kamu tulis cmd tanpa menggunakan kutip ataupun penggunaan huruf besar, kemudian tekan ok atau bisa tekan enter.
  • Ketiga, Ketik dijendela Cmd atau Run seperti “Shutdown -f -s -t 3600” lalu tekan enter. Maka akan muncul pemberitahuan bahwa windows akan mati dalam 30 menit, seperti gambar dibawah ini.

Penjelasan untuk langkah ketiga pada perintah Shutdown -f -s -t 3600 yaitu -s merupakan perintah yang dilakukan untuk mematikan windows, -t yaitu waktu yang ditentukan untuk mematikan windows, 3600 itu artinya kamu mensetkan waktu 1 jam akan mati komputer tersebut.

3600 ini bisa kamu tukar sesuai dengan keinginan kamu, hitungannya yaitu 60 x menit. Contohnya saja jika komputer tidak lagi digunakan tetapi masih hidup maka dalam waktu 10 menit akan mati, maka pengaturannya adalah 60 x 10 = 600 menit. Maka kamu mengatur waktu dalam perintah cmd yaitu Shutdown -f -s -t 600.

Baca juga : Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Mematikan Komputer Otomatis Sesuai Jadwal

Task Scheduler berbeda dengan kedua cara tersebut, perintah nya pun berbeda. Task scheduler yaitu mematikan komputer/PC dengan cara terjadwal. Kita bisa mengatur jadwal atau jam berapa komputer/PC ini akan mati. Langkah-langkah cara setting task scheduler agar pc mati otomatis :

  • Pertama, Membuka Task Scheduler. Task scheduler ini sudah ada dari kebawaan windows, kamu bisa mencarinya dibagian pencarian pada start, lalu kamu ketikkan task scheduler kemudian tekan enter.
    cara mematikan komputer otomatis dengan task scheduler
  • Kedua, Pemberian Nama. Cara pemberian nama pada task scheduler berbeda dengan cara di CMD mau pun di Shortcut. Kamu pilih bagian create basic task, lalu kamu ketikkan nama yang mudah kamu ingat seperti Matikan, atau off kemudian klik next.
    cara mematikan komputer otomatis pada jam tertentu
  • Ketiga, Pemilihan Frekuensi. Disini kamu diwajibkan untuk pemilihan frekuensi yang sudah ada. Caranya Klik Trigger –> Daily–> Next. Kamu bisa memilih selain daily seperti weekly atau yang lainnya sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu tidak paham akan artinya kamu bisa translate terlebih dahulu arti dari masing-masing yang telah disediakan pada menu Trigger.
    cara mematikan komputer otomatis dengan waktu
  • Keempat, Mengatur waktu. Pada tahap ini kamu mengatur waktu sesuai dengan keinginan kamu dari mulai tanggal dan jam.
    cara mematikan laptop otomatis dengan timer
  • Kelima, Pemilihan Action. Karena disini kita ingin mematikan komputer secara otomatis, maka dalam pemilihan action sebaiknya kamu memilih “Start a Program” lalu klik next.
    cara shutdown pc otomatis
  • keenam, Penambahan Argumen. Pada dasarnya penambahan argumen ini optional, tetapi disini kita akan memberikan argument berupa -S yang berarti shutdown. Sebelum Kamu mengetik – S terlebih dahulu kamu masukkan program/scriptnya. Caranya kamu klik Browser, lalu pilih windows–>system32–>shutdown. Kemudian ketik – s dibagian kolom pada Arguments (optional), kemudian Klik Next.
    cara mematikan komputer otomatis windows 7
  • Terakhir yaitu kamu tinggal Klik Finish ketika ada muncul rangkuman settingan berupa tab summary.
    cara mematikan laptop pakai waktu

Jika ada cara mematikan komputer secara otomatis maka pasti ada cara untuk membatalkannya. Cara membatalkannya sangat mudah, kamu hanya memerlukan Commad Promt untuk mengaturnya. dan Perintah untuk membatalkan pun sangat lah singkat. caranyaTekan Win+R lalu kamu ketik shutdown -a tanpa menggunakan kutip. Maka otomatis akan ada pemberitahuan bahwa mematikan komputer secara otomatis sudah dibatalkan.

cara mematikan komputer otomatis lewat run

Baca juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Demikianlah Ketiga Cara mematikan komputer Secara Otomatis. Setiap cara memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda, walaupun mungkin pada penulisan perintahnya hampir sama. Nah disini kamu bisa memilih mana yang lebih efektif digunakan pada keseharian kamu menggunakan komputer/pc.

Share on:

Tinggalkan komentar