Cara Melihat Sandi Gmail

Lupa kata sandi atau password adalah hal lumrah yang sering dialami oleh orang banyak terutama dalam membuat kata sandi gmail. Tetapi ada kok cara melihat sandi gmail bagi kamu yang tidak tahu apa kata sandi gmail kamu saat ini.

Sebenarnya setiap kali kita masuk ke gmail, kata sandi yang kita gunakan akan tersimpan secara otomatis di browser yang kita gunakan. Oleh karena itu disini kita akan melihat sandi tersebut dengan salah satu caranya melalui browser.

Selain itu juga kamu juga bisa memulihkan akun gmail yang lupa kata sandi dengan beberapa cara, tetapi kami menyarankan untuk mempersiapkan email, atau nomor hp jika salah satunya hilang atau sudah tidak aktif.

Adapun cara untuk melihat password gmail sendiri diantara lain bisa kamu lakukan di laptop atau pc, dan juga hp android. Simak tutorial selengkapnya dari afrizatul berikut ini!

Baca juga : Cara Menghapus Email Lama di Gmail dengan Cepat

Cara Melihat Sandi Gmail Melalui Browser PC

Cara yang pertama untuk mengetahui password atau kata sandi akun gmail kamu sendiri adalah menggunakan browser pc baik itu google chrome dan juga mozilla firefox.

Tentunya browser yang digunakan adalah browser yang pernah kamu gunakan untuk masuk menggunakan akun gmail yang telah lupa kata sandi tersebut. Syarat lainnya adalah browser yang digunakan belum dihapus history, cache, cookie atau sejenisnya.

Berikut cara melihat sandi gmail lewat komputer :

1. Google Chrome

Browser yang pertama adalah google chrome, Di browser google chrome ini kita tidak hanya bisa melihat kata sandi gmail saja melainkan password akun facebook, twitter, user dari sebuah website dan lain-lain.

Berikut cara melihat kata sandi gmail lewat browser google chrome :

  • Buka browser google chrome di laptop.
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas browser.
  • Setelah itu pilih Settings.
  • Pada halaman setting ini gulir ke bawah dan pada bagian Autofill pilih Password.
  • Ketik “google” pada kolom search password bagian atas.
  • Terakhir, tekan ikon mata untuk melihat password gmail yang tersimpan.
    cara melihat sandi gmail kita

2. Mozilla Firefox

Tidak jauh berbeda dengan browser google chrome, kamu juga dapat melihat sandi akun gmail di browser mozilla firefox.

Berikut cara melihat sandi gmail melalui mozilla :

  • Buka browser mozilla firefox
  • Pilih tanda garis tiga horizontal di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih login dan passwords.
  • Cari website yang beralamat accounts google.
  • Dan lihat password tersebut dengan cara mengklik ikon mata di bagian samping.
    cara melihat sandi gmail yg lupa

Baca juga : Cara Mengubah Bahasa Beranda dan Pesan Masuk di Gmail

Cara Melihat Sandi Gmail Di Android

Karena banyak yang bertanya apa bisa mengetahui kata sandi gmail di android? Sangat bisa, karena di android juga memiliki browser yaitu google chrome yang memiliki fungsi yang sama dengan versi desktop di komputer.

Berikut cara mengetahui password gmail di hp android :

  • Buka aplikasi google chrome.
  • Ubah ke mode tampilan desktop dengan cara klik pada ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih Situs Desktop.
  • Jika sudah, masih pada menu yang sama pilih Setelan.
  • Tap pada menu Sandi.
  • Lalu cari dengan kata kunci google dengan cara tap pada ikon search di bagian atas layar.
  • Setelah itu lihat dan salin sandi gmail kamu dengan cara tap ikon mata tepat pada sisi samping kata sandi.
    cara melihat sandi gmail di android

Baca juga : Cara Melihat Password Instagram Sendiri

Cara Melihat Sandi Gmail Lewat Google Playstore Android

Sekarang cara yang ketiga adalah melihat kata sandi atau password gmail yang tersimpan di aplikasi google playstore android. Selain itu dengan cara ini kamu bisa membuat password baru secara langsung.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan syarat akun gmail kamu sudah pernah masuk ke akun playstore dan juga nomor telepon yang digunakan pada saat mendaftar gmail masih aktif.

Berikut ini cara melihat kata sandi gmail yang tersimpan di google playstore :

  • Buka aplikasi Google Playstore.
  • Lalu tap pada menu hamburger di bilah kiri layar.
  • Kemudian ke Setelan.
  • Gulir ke bawah dan tap pada Wajibkan autentikasi pembelian.
  • Setelah itu pilih Untuk semua pembelian melalui Google Play di perangkat ini.
  • Otomatis kamu akan diarahkan ke halaman masuk gmail.
  • Dan pilih Lupa kata sandi.
    cara melihat sandi gmail di hp
  • Setelah itu atur kata sandi baru yang kamu inginkan.

Baca juga : Cara Download Play Store Di Laptop

Cara Memulihkan Akun Gmail yang Lupa Sandi

Apabila kamu tidak memiliki nomor hp karena sudah tidak dalam masa aktif, hangus atau karena masa tenggang, Intinya kamu tidak dapat menerima kode verifikasi melalui sms dengan nomor hp tersebut.

Berikut ini cara memulihkan akun gmail yang lupa kata sandi atau password dengan mudah agar akun gmail kamu kembali aktif.

1. Pertanyaan Keamanan

Metode pemulihan yang pertama adalah dengan menjawab pertanyaan keamanan, tentu saja pertanyaan keamanan yang akan diberikan adalah pertanyaan keamanan yang pernah kamu buat saat pertama kali mendaftar akun gmail.

Ada banyak variasi pertanyaan yang sering diperlihatkan, seperti Siapa nama orang tua kamu, kapan kamu lahir, dimana tempat kamu lahir, siapa guru favorit kamu, dan lain-lain.

Jika kamu berhasil menjawab pertanyaan tersebut dengan benar dan sesuai dengan jawaban kamu sebelumnya maka kamu akan diperbolehkan mengakses akun gmail tersebut kembali dengan kata sandi yang baru.

2. Alamat Email Pemulihan

Menggunakan email lain saat pemulihan untuk mengembalikan akun gmail yang lupa password atau kata sandi adalah solusi yang tepat bagi kamu yang tidak memiliki no hp atau tidak aktif lagi.

Tetapi sayangnya email pemulihan yang akan dikirim kode verifikasi pemulihan ini, harus email yang sudah dikaitkan atau dihubungkan ke akun gmail yang telah lupa password tersebut.

3. Nomor Telepon Pemulihan

Cara pemulihan yang ketiga bagi kamu yang tidak mengetahui pertanyaan keamanan, tidak punya akses ke email lain atau belum menghubungkannya tetapi memiliki nomor hp yang masih aktif untuk menerima sms.

Masukkan nomor hp yang kamu gunakan pada akun gmail, lalu tunggu hingga sms kode verifikasi dikirimkan. Jika sudah maka kamu akan diizinkan untuk dapat masuk kembali dengan kata sandi baru yang telah kamu atur.

lupa sandi, lupa password, pertanyaan keamanan, alamat email pemulihan, nomor telepon, komputer, android, browser menyimpan password,

Baca juga : Lupa Kata Sandi Facebook

Demikianlah cara melihat sandi gmail dan cara memulihkan akun gmail yang lupa password atau kata sandi, Jika kamu belum menemukan solusi untuk masuk ke akun gmail kamu. Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar