Cara Melihat ID Telegram

Cara Melihat ID Telegram

Terdapat cara melihat id telegram yang memungkinkan kamu untuk mencari seseorang di aplikasi telegram tanpa perlu mengetahui nomor hp, dan setiap akun telegram pastinya memiliki id yang berbeda-beda.

Seperti yang kita ketahui bahwa sama seperti sosial media chatting lainnya seperti whatsapp, facebook dan twitter di aplikasi telegram kamu bisa menggunakan username atau nama pengguna untuk mencari dan menambahkan teman atau orang lain dan juga melihat id kita sendiri.

Dengan menggunakan id pengguna inilah kita dapat dengan mudah menghubungi dan berkomunikasi sesama pengguna telegram, Ditambah lagi telegram juga akan membuatkan link khusus yang akan mengarahkan seseorang jika mengkliknya ke dalam obrolan chat dengan id yang dituju.

ID tak hanya dimiliki oleh akun telegram pribadi melainkan juga terdapat pada channel atau group telegram yang memudahkan kamu untuk mencari group atau channel telegram yang kamu sukai seperti nama komunitas, pencinta drama film dll serta bergabung dengan lebih mudah. Baca juga : Cara Mengubah Nama Di Telegram

Cara Melihat ID Telegram Sendiri

Cara yang pertama yaitu melihat id telegram yang kamu gunakan sendiri, namun apabila kamu merasa belum pernah sama sekali membuat id telegram dan bertanya dimana letak pengaturan id telegram maka hal yang harus kita lakukan adalah membuat id atau username terlebih dahulu.

1. Membuat ID Telegram

cara melihat id telegram sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa disini kita akan menggunakan username atau nama pengguna yang diawali dengan symbol @namapengguna sebagai identitas atau id telegram.

Disini kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga karena fitur id atau nama pengguna ini memang sudah disediakan di dalam aplikasi telegram. Jangan lupa untuk memastikan hp kamu sudah terinstall aplikasi telegram versi terbaru.

Cara buat id telegram :

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Lalu masuk menggunakan nomor hp yang kamu gunakan pada saat mendaftar ke telegram.
  3. Setelah itu tap pada ikon garis tiga di pojok kiri atas aplikasi.
  4. Tap pada menu Pengaturan.
  5. Kemudian tap pada Username, jika kamu belum pernah membuat username maka akan muncul tulisan “tidak ada“.
  6. Terakhir, buat username dengan nama kamu atau yang kamu inginkan, dengan syarat hanya menggunakan karakter huruf, angka, simbol underscore dengan panjang minimal 5 karakter.

Baca juga : Cara Menyematkan Pesan Di Telegram

2. Mendapatkan Link ID Telegram

cara bikin link telegram

Walaupun sebenarnya link id ini bisa kita lihat pada facebook dengan link fb.com/namapengguna, twitter dengan twitter.com/namapengguna, dan juga ig dengan link instagram.com/idpengguna tetapi uniknya di telegram nama telegram disingkat menjadi huruf t.

Dengan adanya link id telegram tersebut tentunya memudahkan kita untuk membagikan link akun telegram kita kepada orang lain, jadi tidak perlu lagi untuk menyebutkan apa id telegram kita tetapi cukup share dan teman atau orang lain akan mengetahui akun telegram kita dengan 1 klik saja.

Untuk cara membuat link tersebut cukup mudah, karena hal link tautan id telegram ini akan muncul ketika kamu membuat id username telegram. Silahkan tap dan tahan pada link tautan (contoh: t.me/bayuafrizatulrizki) yang tertera pada aplikasi telegram dengan begitu otomatis link tautan tersebut akan tersalin dan bisa kamu bagikan kepada orang lain.

Baca juga : Cara Chat Anonymous Di Telegram

Cara Melihat ID Telegram Orang Lain

cara mengetahui id telegram teman

Hal yang paling sering membuat kita kebingungan adalah dengan mengetahui id telegram teman atau orang lain tanpa harus menanyakan kepada orang tersebut yang pastinya membutuhkan waktu. Belum lagi menunggu orang tersebut untuk membalas pesan kita.

Berikut ini cara mengetahui id telegram orang lain :

  1. Silahkan masuk ke aplikasi telegram menggunakan akun kamu.
  2. Selanjutnya pada halaman depan chat pilih akun telegram teman atau orang lain yang ingin kamu ihat idnya.
  3. Tap pada nama akun telegram pada bagian atas layar hp android, iphone atau pc kamu.
  4. Maka jika mereka pernah membuat id sebelumnya akan muncul di bagian menu Username.
  5. Terakhir tap dan tahan lalu Salin untuk menyimpan username telegram.

Cara Buat Link Telegram Group

cara melihat id group telegram

Cara yang terakhir khusus untuk kamu yang mungkin ingin mengundang/join teman-teman kamu untuk dapat masuk ke dalam sebuah group dan mengajak mereka bergabung tetapi secara otomatis menggunakan link telegram group.

Langkah-langkah cara membuat link invite grup telegram :

  1. Masuk ke grup telegram yang kamu miliki.
  2. Kemudian tap pada nama grup pada bagian atas aplikasi.
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke daftar anggota grup, tap pada Tambah anggota.
  4. Lalu pilih Undang ke grup melalui tautan.
  5. Terakhir, copy dan bagikan link tautan grup tersebut kepada semua teman-teman kamu.

Baca juga : Cara Hapus Akun Telegram

Demikianlah tutorial cara melihat id telegram sendiri, teman maupun orang lain dan juga membuat link tautan grup untuk mengajak orang bergabung sehingga mempermudah kita untuk membagikan id telegram tersebut melalui link yang telah dibuat secara otomatis oleh aplikasi telegram.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com