Cara Melihat Catatan Yang Disembunyikan Di HP Xiaomi

Jika kamu tanpa sadar menghapus catatan di xiaomi atau memang sengaja menyembunyikan catatan tetapi bingung untuk mengembalikannya, Jangan khawatir karena ada cara melihat catatan yang disembunyikan di hp xiaomi dengan mudah.

Catatan merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada di smartphone xiaomi, Dengan begitu penggunanya tidak perlu lagi menginstall aplikasi catatan tambahan dari pihak ketiga untuk menyimpan sesuatu yang penting ke dalam aplikasi catatan.

Selain itu aplikasi catatan xiaomi juga memiliki berbagai keunggulan yang mungkin tidak akan kamu temukan di aplikasi catatan lainnya seperti membuat folder, merubah latar belakang, mengubah gaya tulisan dan menyembunyikan catatan dengan kata sandi yang juga akan kami bagikan disini.

Pada kasus lainnya seringkali orang ingin menampilkan catatan yang disembunyikan oleh teman, atau pacarnya yang merasa penasaran isi dari catatan tersebut. Nah, jika kamu termasuk orang yang kami sebutkan maka kamu dapat menggunakan cara ini untuk membuka catatan yang disembunyikan dan dikunci.

Tak hanya itu, disini kami juga akan membagikan secara lengkap mengenai cara backup catatan di hp xiaomi untuk mengembalikan catatan yang kemungkinan terhapus. Menarik bukan? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Cara Membuat Catatan Di HP Xiaomi

Membuat sebuah catatan di hp xiaomi sangatlah mudah mengingat aplikasi catatan yang dibekali berbagai fitur sudah ada di smartphone ini, Berikut ini fitur keren yang bisa kamu nikmati di aplikasi catatan bawaan xiaomi.

1. Membuat Folder Catatan

cara membuat catatan di hp xiaomi

Fitur yang pertama yaitu folder catatan, Dengan adanya folder kamu bisa membantu kamu untuk mengorganisir semua catatan yang ada menjadi ke dalam 1 folder saja. Tentunya file catatan akan lebih rapi dan mudah untuk ditemukan ketika kita membutuhkannya.

Untuk membuat folder kamu cukup membuka aplikasi catatan di hp xiaomi kemudian tap dan tahan pada salah satu catatan kemudian pilih Pindah ke di menu bawah. Jika kamu belum pernah membuat folder apapun sebelumnya kamu bisa membuatnya dengan memilih Folder baru dan memberikan nama atau memilih folder yang sudah ada.

Nah apabila kamu perlu untuk mengubah nama, menyematkan atau menghapus folder silahkan tap dan tahan pada folder yang diinginkan.

Baca juga : Cara Membuka Aplikasi Yang Terkunci Di Xiaomi

2. Memasukkan Gambar dan Suara di Catatan

cara menampilkan catatan yang tersembunyi di xiaomi redmi 4a

Meskipun secara garis besar kita bisa menyimpulkan bahwa setiap catatan yang dibuat oleh orang yaitu berisi tulisan, Tetapi di aplikasi catatan xiaomi memungkinkan kamu untuk menambahkan gambar dan juga suara yang kamu rekam secara langsung.

Hal ini dikarenakan saat ini bukan hanya teks yang perlu disimpan tetapi gambar dan suara juga dapat disimpan dan bisa kita buka jika diperlukan suatu saat nanti. Untuk melakukannya kamu bisa membuka salah satu catatan yang ada kemudian tap pada ikon gambar untuk menambahkan gambar dan ikon frekuensi suara untuk memasukkan suara.

3. Merubah Tema Catatan

cara mengembalikan catatan yang terhapus di xiaomi

Apabila kamu orang yang suka bosan dengan tampilan aplikasi catatan yang gitu-gitu aja, Untungnya xiaomi memberikan fitur untuk merubah tampilan atau tema di catatan. Dengan begini kamu bisa memilih tema apa yang ingin kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa segi tampilan juga sangat berpengaruh pada mood seseorang apalagi dalam hal mengetik tulisan. Buat kamu yang ingin merubah tema catatan tersebut silahkan buka salah satu catatan dan tap pada ikon baju di bagian bawah.

Baca juga : Tema MIUI 11 Tembus Semua Aplikasi

4. Mengubah Format Tulisan di Catatan

aplikasi catatan xiaomi

Dalam membuat sebuah catatan penting di aplikasi catatan xiaomi mungkin kamu perlu membuat format penulisan yang baik dan benar seperti membuat tulisan bercetak tebal, teks miring, rata tengah, rata kiri kanan, memperbesar tulisan dan sebagainya.

Hal tersebut diperlukan agar catatan kita lebih teratur dan rapi seperti memberikan tanda pada poin-poin penting agar mudah dibaca jika isi teks cukup panjang, Silahkan buka sebuah catatan di hp xiaomi kamu kemudian tap pada ikon huruf T dan atur gaya tulisan yang kamu inginkan.

Baca juga : Cara Mengubah Font Di HP Xiaomi

5. Menyembunyikan Catatan di HP Xiaomi

Bukan hanya foto, video, dan aplikasi saja yang merupakan privasi seseorang di sebuah smartphone seperti xiaomi. Catatan juga salah satunya karena biasanya isi catatan dibuat berdasarkan pengalaman yang dialami oleh pribadi seseorang.

Untuk itu kamu bisa menghilangkan catatan yang kamu anggap penting agar orang lain tidak dapat membuka dan mengembalikannya apabila ingin dibuka dengan mudah. Berikut cara menyembunyikan catatan di xiaomi :

cara menyembunyikan catatan di hp xiaomi
  • Jalankan aplikasi catatan di HP Xiaomi.
  • Kemudian buat atau pilih salah satu catatan yang ingin disembunyikan. (folder tidak dapat disembunyikan).
  • Lalu pada bagian bawah tap ikon gembok atau menu Sembunyi.
  • Dengan begitu kamu diharuskan untuk menyetel kata sandi terlebih dahulu.
  • Jika sudah maka catatan yang dipilih akan hilang secara otomatis.
  • Selesai.

Agar keamanan lebih meningkat kamu juga bisa menambahkan akun MI ke dalam proses penguncian catatan, Jadi sebelum membuka catatan pengguna diharuskan untuk login ke akun MI terlebih dahulu. Selain itu jenis password yang digunakan yaitu pola kunci.

Catatan tambahan : Jika kamu tidak ingat apa kata sandi yang digunakan untuk menyembunyikan catatan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan fitur lupa pola yang ada di bagian bawah pada saat akan membuka catatan yang tersembunyi, Tetapi disarankan untuk membackup data kamu terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Cara Melihat Catatan Yang Disembunyikan Di HP Xiaomi

Nah ternyata nih banyak mifans yang bertanya kenapa kok catatan saya tiba-tiba hilang, dan bagaimana cara menampilkannya kembali? Bahkan ada pula yang mengira catatan tersebut terhapus, Padahal catatan tersebut hanya tersembunyi karena tidak dilakukan secara tidak sengaja.

Hal ini bisa terjadi diakibatkan kamu sudah pernah membuat kata sandi pada catatan sebelumnya, Jadi jika touchscreen error atau bergerak sendiri dan menyembunyikan catatan maka akan hilang secara langsung tanpa ada pemberitahuan membuat kata sandi kembali.

catatan di hp xiaomi tidak bisa dibuka

Inilah cara melihat catatan yang disembunyikan di hp xiaomi :

  • Buka aplikasi catatan di hp xiaomi.
  • Kemudian di halaman depan silahkan swipe dan tahan ke bagian atas.
  • Tunggu hingga muncul gembok kunci terbuka dan lepaskan.
  • Dengan begitu kamu akan disuruh untuk memasukkan kata sandi catatan.
  • Dan catatan yang tersembunyi akan ditampilkan.
  • Selesai.

Apabila kamu sudah menggeser ke atas tetapi catatan belum muncul silahkan lakukan hal yang sama berulang kali, Selain itu cara ini juga akan menampilkan seluruh catatan yang tersembunyi pada hp xiaomi kamu. Tentunya kamu harus tau dulu apa kata sandi yang digunakan untuk mengunci catatan tersebut,

Jika kamu tidak ingat apa kata sandi atau pola yang digunakan silahkan tap opsi lupa pola, Tetapi perlu diingat apabila kamu ingin reset password maka kamu harus kembali ke setelan pabrik dan disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Berikut ini caranya!

Cara Backup Dan Memindahkan Catatan Di Xiaomi

Ada berbagai file atau berkas penting yang bisa kita temukan di smartphone xiaomi termasuk catatan, Karena semakin lama hp tersebut digunakan oleh pemiliknya maka data catatan akan semakin banyak dan menumpuk hingga kita tidak tau lagi mana catatan yang penting dan mana yang tidak.

Untuk itu solusi terbaiknya kita perlu membackup catatan tersebut terlebih dahulu agar data catatan tetap aman meskipun hp xiaomi sedang mengalami kerusakan. Namun sebelum itu kamu harus tau dulu nih dimana sih letak semua data catatan yang ada di hp xiaomi kita?

Nah ternyata setelah mencari dimana letak file catatan xiaomi kami tidak menemukannya sama sekali, Jadi cara agar kita bisa membackup catatan tersebut dan memindahkannya ke hp lain hanyalah menggunakan akun miui. Berikut cara mengirim catatan xiaomi ke cloud :

cara memindahkan catatan di xiaomi ke hp lain
  1. Jalankan aplikasi catatan.
  2. Kemudian tarik atau swipe ke bagian atas sedikit saja. (Sebelum muncul ikon gembok).
  3. Akan muncul jumlah pesan yang belum tersinkron.
  4. Tap tulisan tersebut lalu Hidupkan.pada sinkron otomatis mati.
  5. Dengan begitu otomatis semua berkas catatan akan terbackup ke cloud.
  6. Kamu bisa menggunakan akun MIUI yang telah disinkronkan ke hp lain.
  7. Maka semua data pada akun MIUI termasuk catatan akan kembali seperti semula.
  8. Selesai.

Baca juga : Cara Membersihkan File Lainnya Di Xiaomi

Itulah cara melihat catatan yang disembunyikan di hp xiaomi dan juga penjelasan beberapa fitur yang disediakan pada aplikasi catatan. Jadi kamu tidak perlu takut lagi apabila hp xiaomi kamu hilang karena semua berkas termasuk catatan telah dibackup secara otomatis ke akun mi cloud.

Share on:

3 pemikiran pada “Cara Melihat Catatan Yang Disembunyikan Di HP Xiaomi”

  1. Saya sudah buat catatan lumayan banyak tapi tiba-tiba waktu saya mau membuka kembali untuk melanjutkan menulis di catatan….. Catatan tersebut tidak ada semua bagaimana ini? Itu catatan sangat penting bagi saya…

    Balas
  2. Saat sedang membuka catatan saya entah apa yang terjadi tiba2 catatan itu hilang.
    Dicari di berkas sampah di catatan tidak ada, di dalam catatan tersembunyi tidak ada, dalam berkas terhapus di Mi Cloud juga tidak ada.
    Kira2 kemana yah catatan saya itu ?
    Barangkali ada yang bisa bantu ?

    Balas

Tinggalkan komentar