Cara Login WiFi id Melalui HP Dan Laptop Dengan Mudah

Cara Login WiFi id

Wifi Id sering kita temui secara tidak sengaja di tempat tinggal kita seperti di cafe, warkop, rumah dan sekitar nya. Mungkin jika kamu baru pertama kali mengenal wifi id bingung bagaimana cara login wifi id agar dapat terhubung ke internet.

Karena memang wifi id memiliki portal yang mengharuskan kamu untuk memasukkan username dan password berbeda dengan kebanyakan wifi terutama pemakaian pribadi hanya menggunakan password saja. Tentu saja kita harus membayar agar mendapatkan username dan password tersebut.

Untuk dapat masuk ke wifi id, ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu gunakan yaitu melalui pulsa, voucher dan yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa membayarnya dan mengakses wifi id melalui laptop dan juga hp.

Bagi kamu yang ingin menggunakan wifi id tersedia beragam harga yang disediakan oleh wifi id mulai dari paket harian, mingguan hingga bulan yang berkisar dari harga 5000, 10rb dan sebagainya.

Setelah kamu memilih paket yang diinginkan dan memilih metode pembayaran seperti potongan pulsa, maka pulsa akan ditarik secara otomatis kemudian kamu akan diberikan voucher untuk dapat masuk wifi. Pulsa yang diizinkan juga berlaku ke provider indosat, telkomsel, dan kartu 3.

Cara Login WiFi id

Supaya kamu bisa menggunakan wifi id, silahkan gunakan beberapa cara untuk login ke wifi yang akan kami berikan. Karena setiap cara tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sehingga timbul permasalahan.

1. Via Voucher Fisik

cara login wifi id menggunakan voucher

Cara yang paling umum digunakan orang yang sering memakai wifi id yaitu melalui voucher fisik. Kamu dapat menemukan voucher fisik ini di beberapa gerai atau konter hp, minimarket, wifi id corner atau kantor telkom terdekat.

Cara login wifi id via voucher :

  • Gosok pada kode voucher wifi id yang dimiliki.
  • Hubungkan hp atau laptop ke koneksi Wifi id.
  • Jika sudah otomatis akan masuk ke portal halaman login wifi id.
  • Silahkan masukkan username dan juga password sesuai yang tertera pada voucher.
  • Kemudian tap Login.
  • Apabila berhasil maka kamu akan diberi tahu bahwa proses login berhasil atau diarahkan ke halaman utama google.

Untuk harga voucher sendiri tiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, Dan kini kamu yang ingin membeli voucher wifi id bisa melalui marketplace di aplikasi android atau iphone seperti shopee, bukalapak, dan tokopedia.

Baca juga : Cara Cari Lokasi WiFi id

2. Via Pulsa

cara login wifi id dengan pulsa

Menggunakan pulsa sebagai cara untuk login ke wifi id adalah cara yang paling cocok buat kamu yang tidak mau ribet beli voucher fisik ke luar sana. Apalagi hampir semua provider seperti telkomsel, xl, 3 dan lainnya sudah bisa membeli akun wifi id.

Cara login wifi id via pulsa :

  • Silahkan cek pulsa kamu dan sesuaikan dengan jumlah pulsa yang dibutuhkan.
  • Setelah itu kirim sms ke 5000 dengan mengetik NET pada isi pesan.
  • Maka akan masuk username dan password wifi id kamu melalui sms balasan.
  • Setelah itu masukkan ke portal login wifi.

Untuk melihat harga paket yang tersedia di wifi id, kamu bisa mengeceknya secara langsung di portal ketika masuk pertama kali ke wifi id. Paket yang tersedia harian biasanya harganya 5000 tapi mungkin akan dikenakan PPN jika membayar via pulsa.

3. Dengan Akun Kampus

cara masuk wifi id kampus

Cara yang ketiga adalah menggunakan akun kampus, Cara yang satu ini cocok banget buat kamu yang berstatus mahasiswa/i yang berkuliah di universitas atau perguruan tinggi akan mendapatkan akun kampus wifi id secara gratis. Mengingat kebanyakan mahasiswa adalah anak kos maka wifi id solusi untuk menghemat biaya pengeluaran paket internet.

Cara login wifi id kampus gratis :

  • Pastikan kamu memiliki akun email dan password akun kampus.
  • Setelah itu hubungkan perangkap hp atau laptop ke wifi id.
  • Pilih login melalui akun komunitas > Kampus pada portal wifi id.
  • Lalu masukkan username dan password di kolom yang tertera.
  • Kemudian tap Login.

Dengan begitu kamu berhasil menggunakan akun wifi id secara gratis tanpa voucher maupun pulsa sekalipun. Tentunya kamu harus memiliki akun kampus dan masih status aktif sebagai mahasiswa/i.

Karena setiap akun hanya dimiliki 1 orang maka kamu tidak bisa menggunakan wifi id tersebut di beberapa perangkat menggunakan akun yang sama. Tetapi kamu bisa menghubungkannya, salah satu caranya adalah dengan menghidupkan hotspot pada hp dan menghubungkannya ke hp atau laptop lain.

Baca juga : Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop

4. Melalui Aplikasi Wifi id GO

cara login wifi id dengan aplikasi

Aplikasi wifi.id go merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk dapat login melalui wilayah yang terdapat wifi id terdekat di sekitarmu. Sehingga kamu dapat dengan mudah mencari lokasi yang memiliki koneksi wifi id.

Dengan begini kamu cukup menginstal aplikasi wifi id go untuk membeli voucher dan masuk ke wifi dengan mudah serta cepat, mengingat banyak pengguna wifi yang mengeluh membeli voucher via pulsa namun sms balasannya sangat lama diterima.

[appbox googleplay com.telkom.wifiidgo]

cara menggunakan aplikasi login wifi id :

  • Download dan install aplikasi Wifi id Go melalui playstore atau appstore pada hp kamu.
  • Setelah itu pada halaman depan pilih Buy Voucher kemudian pilih paket yang kamu inginkan.
  • Jika sudah tap Buy > Buy via SMS.
  • Buka sms masuk yang terdapat informasi login wifi id.
  • Pilih Pengaturan koneksi pada halaman utama aplikasi.
  • Kemudian pilih Wifi id Voucher dan masukkan username dan password yang dikirimkan melalui sms.
  • Tap save dan ubah pengaturan switch connection menjadi On pada halaman beranda aplikasi.
  • Selesai.

Apabila kamu menggunakan laptop, kamu juga dapat menginstal aplikasi playstore untuk menginstal aplikasi android seperti wifi id layaknya pada hp.

Baca juga : Cara Download Play Store Di Laptop

Selain cara login wifi id yang versi berbayar yang telah afrizatul jelaskan di atas, Ternyata ada banyak cara untuk menggunakan wifi id secara gratis diantaranya menggunakan aplikasi line, maupun membuat akun wifi id dengan akun indihome.