Cara Lengkap Membuat Makalah Dengan Struktur yang Baik dan Benar

Bagaimana cara membuat makalah yang benar ? Nah sebelum kita melanjutkan pembahasan membuat makalah,terlebih dahulu saya menjelaskan tentang :

  1. pengertian makalah
  2. manfaat makalah
  3. karakterisktik makalah
  4. jenis-jenis makalah
  5. Struktur makalah
  6. Langkah-langkah membuat makalah

nah langsung saja kita bahas per poin yang sudah ada dibagian atas :

Cara Lengkap Membuat Makalah Dengan Struktur yang Baik dan Benar

Berikut ini langkah-langkah cara membuat Makalah Dengan Struktur yang Baik dan Benar. Tutorial ini dibuat dengan rapi agar lebih mudah dipahami.

1. Pengertian makalah

menurut Widyamartaya dan Veonika Sudiarti makalah ialah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang
membahas suatu pokok bahasan yang merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.

2. manfaat makalah

  • belajar memahami dan mencari solusinya
  • menerapkan ilmu yang telah dipelajari
  • belajar berpikir sistematis
  • mengasah kemampuan menulis

3. karakteristik makalah

karakteristik makalah biasanya membahas atau menelaah kahian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksaan kegiatan lapangan. makalah umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi. bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah pendahuluan, isi dan kesimpulan.

4. Jenis-jenis makalah

1. Makalah Ilmiah yaitu Makalah ilmiah merupakan sebuah makalah yang membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah. Isi dari makalah jenis ini tidak boleh semata-mata berdasarkan pendapat atau opini yang bersifat subjektif.

2. Makalah Kerja yaitu Makalah jenis ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian. Berbeda dengan makalah ilmiah, makalah kerja memungkinkan si penulis untuk memberikan opini yang bersifat subjektif dari permasalahan yang dibahas.

3. Makalah Kajian yaitu Makalah kajian merupakan sebuah makalah yang isinya merupakan cara-cara pemecahan suatu masalah yang sifatnya kontroversial.

4. Makalah Posisi yaitu Makalah posisi adalah makalah yang penyusunannya dilakukan atas permintaan suatu pihak, di mana fungsi dari makalah jenis ini adalah sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan yang ada.

5. Makalah Analisis yaitu Sesuai namanya, makalah jenis ini berisi berbagai analisis suatu permasalahan yang sifatnya objektif dan empiris.

6. Makalah Tanggapan yaitu Makalah jenis ini merupakan yang paling sering di dapatkan oleh siswa/mahasiswa sebagai tugas dari guru/dosen. Isi dari makalah ini merupakan tanggapan/reaksi penulis terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi.

5. Struktur Makalah

nah setalah kita memahami apa itu makalah, baru kita memasuki tahap awal membuat makalah yaitu struktur makalah . struktur makalah ada beberapa bagian, yaitu

  1. Cover yaitu halaman depan untuk mendekripsikan tentang penulis. biasanya penulisan cover menggunakan tulisan “Times New Roman” dan font size ukuran 14 dan rata tengah . c

2. kata pengantar yaitu sebagai pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum pada makalah yang telah dibuat. contoh kata pengantar

3. Daftar Isi merupakan sebuah halaman/penomoran pada bagian bawah (header) yang berfungsi untuk memuat informasi dari page/konten yang telah dibuat. contoh daftar isi

4. Pendahuluan (BAB I ) yaitu tahap awal atau bab pertama yang ada pada makalah, pendahuluan ini terdiri dari 3 bagian yaitu : Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan.

  • Latar belakang yaitu lebih ke dalam hal pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan kenapa kita mebuat makalah ini. latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah di mengerti, pada latar belakang ini hal yang harus diperhatikan ialah memicu dengan pertanyaan seperti : “Mengapa kamu membahas topik tersebut ?” , “untuk apa kamu melakukan penelitian tersebut?” , “apa yang “membuat kamu menyelesaikan makalah tersebut ? solusinya apa ?” contoh latar belakang :
  • Rumusan Masalah ini biasanya diisi dengan beberapa pertanyaan. pertanyaan yang cenderung di bahas yaitu tentang “pengertian, fungsi, ciri-ciri dan lainnya” pada rumusan masalah ini tidak perlu banyak membuat pertanyaan, cukup 3 – 4 pertanyaan. contoh rumusan masalah
  • Tujuan yaitu bagian yang menggambarkan tentang tujuan dari makalah ini dibuat, tujuan bisa kamu buat denga singkat dan jelas. contoh tujuan :

5. Pembahasan (BAB II) yaitu bagian isi/ bagian terpenting dalam sebuah makalah. Bagian ini membahas pokok permasalahan dari sebuah makalah yang sesuai dengan latar belakang, rumusan dan tujuan yang telah kita buat. contoh pembahasan :

6. Penutup (BAB III) merupakan bagian akhir dari makalah. penutup ini terdiri dari 2 bagian yaitu kesimpulan dan saran. kesimpulan biasanya berisi hasil dari makalah yang telah kita buat. dan saran merupakan saran kata saran yang untuk mengembangkan hasil makalah yang kita buat. contoh penutup

7. Daftar Pustaka yaitu berisi daftar referensi/daftar literature yang telah kita ambil dari berbagai media, seperti jurnal, buku, internet dan lainnya. contoh daftar pustaka :

6. Langkah-langkah membuat makalah

  1. menentukan tema : hal yang pertama dalam membuat makalah ada menentukan tema. jika sudah tahu apa tema yang akan dibuat maka kita bisaa mengerjakan ketahap selanjutnya.
  2. menentukan judul : setelah mendapatkan tema, maka langkah selanjutnya adalah menentukan judul. buat lah judul yang semenarik mungkin untuk dibahas atau dipresentasikan. tetapi perlu diingat setiap penentuan judul harus berhubungan dengan tema yang telah ditentukan.
  3. Kumpulkan bahan referensi : bahan referensi/ literature dapat di ambil dari buku, jurnal, media valid diinternet.
  4. Tulis makalah secara teratur : bagian ini merupakan tahap pembuatan makalah. buatlah makalah sesuai struktur makalah yang telah ditetapkan seperti pembahasan pada bagian 5 yaitu struktur makalah .

nah sudah selesai, semoga bermanfaat sahabat kueennnn 🙂

Share on:

Tinggalkan komentar