Cara Keluar Dari Google Classroom

Saking banyak nya gabung ke dalam kelas di google classroom, Dan pada akhirnya saya pun salah masuk kelas. Tetapi ada kok cara kelas dari google classroom apabila kamu mengalami hal yang sama.

Selain salah masuk kelas, alasan lain untuk keluar google classroom adalah karena telah bergabung dibanyak kelas apalagi beberapa kelas ada yang sudah tidak digunakan lagi seperti materi yang sudah selesai.

Oleh karena itu keluar dari salah satu kelas yang tidak butuhkan tersebut di google classroom adalah solusi yang tepat, Mengingat semakin banyak kelas yang kamu ikuti otomatis notifikasi yang masuk akan semakin banyak. Jadinya kamu tidak tau lagi mana notifikasi yang benar-benar penting.

Ada beberapa cara untuk keluar dari google classroom, kamu bisa menggunakan hp android, iphone, atau bisa dengan laptop kamu. Tetapi jika kamu tidak memiliki laptop, silahkan gunakan cara mengeluarkan akun dari google classroom lewat hp.

Disini afrizatul akan memberikan cara keluar dari google classroom berdasarkan tipe akun yang kamu miliki baik itu sebagai siswa atau anggota, dan juga guru atau dosen. Silahkan simak selengkapnya berikut ini! Baca juga : Cara Mengirim Rekaman Suara Ke Google Classroom

Cara Keluar Dari Google Classroom Sebagai Siswa

Bagi kamu seorang siswa, siswi atau murid tentunya mempunyai lebih dari 1 kelas dan di masing-masing kelas tersebut pastinya memiliki tugas yang berbeda-beda. Oleh karena itu agar suatu saat kamu tidak salah mengirimkan tugas adalah dengan keluar dari kelas tersebut.

Berikut cara keluar dari google classroom sebagai anggota kelas :

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Google classroom di hp kamu.
  2. Kemudian tap pada garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Pada bilang samping akan muncul beberapa menu, pilih Classes.
    cara keluar dari classroom sebagai siswa
  4. Setelah itu pilihlah kelas yang ingin kamu hapus atau ingin keluar dari kelas tersebut.
  5. Selanjutnya tap pada titik tiga di samping kelas yang dipilih.
  6. Lalu pilih Unenroll untuk keluar dari kelas.
    cara keluar dari google classroom lewat hp
  7. Terakhir tap Unenroll kembali.

Dengan begitu jika kamu telah keluar dari kelas tersebut otomatis kelas akan hilang pada bagian menu kelas di aplikasi google classroom akun kamu.

Baca juga : Cara Melihat Kode Classroom

Cara Keluar Dari Google Classroom Sebagai Guru

Apabila kamu sebagai pengajar, guru, atau dosen yang menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran secara daring lewat internet. Pastinya kamu memiliki beberapa kelas yang dikelola apalagi pengajar yang memang mengajar berbagai macam mata kuliah atau mata pelajaran.

Jika ada kelas yang sudah tidak digunakan, materi sudah habis atau tidak ada yang perlu dibahas kembali. Ada baiknya untuk menghapus kelas tersebut agar tidak terjadi kesalahan baik bagi siswa maupun guru yang menjadi admin grup.

Berikut cara hapus kelas di google classroom :

  1. Masuk ke akun di aplikasi google classroom.
  2. Pilih Classes pada menu di sisi kiri.
    cara keluar dari google classroom di hp
  3. Tap pada titik tiga di sisi kanan kelas yang dipilih lalu tap Archive.
    cara keluar dari google classroom di android
  4. Dan tap Archive kembali, dengan begitu otomatis kelas tersebut akan hilang tetapi tidak terhapus secara permanen.
  5. Untuk menghapus kelas tersebut secara permanen pilih Archived Classes pada menu samping.
    cara kelas dari google classroom di iphone
  6. Restore untuk mengembalikan kelas tersebut.
  7. Pilih titik tiga di pojok kanan kelas lalu Tap Delete untuk menghapus secara permanen.
    cara keluar google classroom
  8. Akan muncul notifikasi tap Delete.

Jika telah menghapus kelas yang dipilih otomatis kelas tersebut tidak akan bisa direstore atau dikembalikan, Sehingga segala data yang tersimpan di dalam kelas akan hilang. Oleh karena itu mengarsip kelas adalah cara terbaik selain menghapus kelas di google classroom.

Demikianlah cara keluar dari google classroom yang telah kami berikan bagi kamu yang memiliki akun google classroom sebagai siswa dan juga guru yang tergabung di beberapa kelas di google classroom. Silahkan tinggalkan komentar jika punya pertanyaan. Baca juga : Cara Mengisi Absen Di Google Classroom

Share on:

Tinggalkan komentar