Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara hapus aplikasi bawaan xiaomi bisa dilakukan meskipun belum pernah root sekalipun, Namun kita juga harus berhati-hati karena tidak semua aplikasi yang bisa kita hapus.

Pada dasarnya fitur untuk menguninstall aplikasi sudah disediakan pada setiap smartphone saat ini termasuk xiaomi, Tetapi pengguna hanya diperbolehkan untuk menghapus aplikasi tambahan yang di download sebelumnya melalui google play store atau pihak ketiga.

Jadi untuk aplikasi sistem kita memang tidak bisa sama sekali mengotak-ngatiknya termasuk menghapus aplikasi tersebut karena selain aplikasi ini sangat penting, Penghapusan juga akan sangat beresiko karena bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem seperti bootloop, mati total dan sebagainya.

Selain itu untuk menguninstall aplikasi bawaan di xiaomi sendiri wajib dalam keadaan root, Oleh karena itu jika hp xiaomi yang kamu gunakan belum pernah di root sebelumnya. Maka kita dapat mengakalinya dengan menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut.

Tentu saja aplikasi bawaan yang kita nonaktifkan tersebut sebenarnya masih tetap ada, Tetapi kelebihannya kita tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan karena aplikasi sistem atau bawaan itu bisa kita kembalikan jika suatu saat kita butuhkan.

Disini kami memberikan 2 cara yang bisa kamu gunakan yaitu menghapus aplikasi bawaan di xiaomi dan mengembalikannya menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga. Namun simak aplikasi apa saja yang boleh kamu hapus di xiaomi berikut!

Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

Di dalam hp xiaomi memiliki berbagai macam aplikasi yang terinstall baik itu aplikasi tambahan maupun aplikasi sistem. Diantara semua aplikasi tersebut tentunya ada beberapa aplikasi yang sering kita gunakan, jarang digunakan dan tidak pernah sama sekali kita butuhkan.

Untuk itu kamu harus tahu dulu nih fungsi dari semua aplikasi yang ada di hp xiaomi kamu agar kamu bisa lebih mudah memfilter aplikasi mana saja yang akan kamu hapus, Karena takutnya aplikasi yang harusnya kamu butuhkan terhapus dan sulit untuk dikembalikan.

Tetapi jika kamu masih bingung aplikasi apa saja yang ada di hp xiaomi kamu, disini kami akan menjelaskan beberapa aplikasi yang memang wajib untuk kami bagikan agar teman-teman semua lebih paham dan meminimalkan terjadinya kerusakan pada sistem setelah menghapus aplikasi nantinya.

Berikut daftar aplikasi bawaan xiaomi aman untuk dihapus :

1. Analytics

Aplikasi sistem di xiaomi yang boleh untuk kamu hapus atau nonaktifkan pertama yaitu aplikasi analytics, Fungsi dari aplikasi ini sendiri merekam data penggunanya dan dikirimkan ke server pusat xiaomi guna meningkatkan kualitas produk xiaomi.

Jadi setiap harinya aplikasi ini akan otomatis berjalan di hp xiaomi kamu, Tentunya aplikasi analytics ini cukup menguras baterai untuk itu kamu bisa menghapusnya apabila dirasa tidak dibutuhkan.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Google Di Xiaomi

2. Catatan

Catatan atau notes merupakan aplikasi pencatatan virtual yang bisa kamu manfaatkan untuk menuliskan apa saja hal penting untuk kamu simpan melalui ketikkan pada hp. Di xiaomi sendiri dilengkapi aplikasi catatan bawaan yang bisa kamu gunakan, tetapi jika kamu orang yang jarang banget memakai aplikasi ini silahkan hapus atau nonaktifkan saja.

3. Cuaca

Aplikasi weather tak kalah keren karena aplikasi ini mampu mendeteksi dan memberitahu penggunanya tentang cara yang akan datang dan saat ini secara akurat. Oleh karena itu hampir setiap smartphone saat ini memiliki aplikasi cuaca.

Tapi sayangnya karena setiap jamnya aplikasi ini berjalan, maka tentunya aplikasi ini akan memakan baterai yang cukup signifikan. Maka tak jarang orang-orang mematikan fitur cuaca ini bahkan menghapus aplikasinya secara permanen.

4. MSA

MSA (MIUI System Ads) merupakan salah satu aplikasi bawaan xiaomi yang berfungsi untuk menampilkan iklan di hp xiaomi. Tidak terlalu banyak yang saya ketahui mengenai aplikasi msa ini, tetapi kami sudah melakukan percobaan dengan menghapusnya dan hasilnya masih aman tidak ada kendala apa-apa.

Jadi mungkin itu saja aplikasi bawaan yang boleh untuk dihapus, Sebenarnya ada banyak tapi akan terlalu panjang jika kami menjelaskannya disini. Oleh karena itu silahkan tentukan aplikasi yang kamu rasa tidak penting dan tidak masalah untuk dihapus.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Bagi kamu yang hp xiaominya sudah root pasti dapat dengan mudah menghapus aplikasi apapun termasuk aplikasi sistem atau bawaan. Tetapi buat kamu yang belum, silahkan ikuti panduan cara hapus aplikasi bawaan xiaomi tanpa root berikut ini.

Jika dirasa kamu tidak perlu untuk menghapus aplikasi, tetapi hanya ingin menonaktifkan aplikasi bawaan di xiaomi agar kinerja hp menjadi lebih ringan. Kamu bisa memberhentikan aplikasi tersebut dengan cara yang mudah tanpa root dan bisa dilakukan di hp xiaomi dengan bantuan aplikasi tambahan.

Untuk aplikasinya sendiri kamu tidak bisa aplikasi tersebut melalui google playstore, Karena di playstore tidak tersedia kamu hanya bisa menemukannya di internet. Jika kamu bingung, Kamu bisa mendownload aplikasi ini melalui link yang telah kami berikan.

  • Download & install aplikasi redmi system manager versi 1 terlebih dahulu.
  • Jika sudah silahkan buka aplikasinya.
  • Di halaman depan tap Start.
    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi 5a
  • Lalu silahkan pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu nonaktifkan.
  • Dan tap Nonaktifkan pada setiap aplikasi.
    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi 6a
  • Dengan begitu otomatis aplikasi akan hilang pada halaman home screen.
  • Selesai.

Perlu diingat aplikasi sistem yang berjalan kemungkinan ada yang berkaitan dengan sistem seperti proses booting dll. Jika kamu tidak tau persis apa fungsi dari aplikasi tersebut jangan dinonaktifkan karena takutnya akan terjadi crash dan hp menjadi bootloop.

Kelebihan dengan hanya menonaktifkan aplikasi kamu tentunya bisa mengembalikan aplikasi bawaan di xiaomi tersebut karena hilang sementara di homescreen. Berikut panduannya!

Baca juga : Tema MIUI 11 Tembus Semua Aplikasi

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Terhapus

Ketika menghapus aplikasi pastinya kita pernah melakukan kesalahan seperti salah memilih aplikasi yang akan dihapus, Tetapi kamu jangan khawatir karena ada cara untuk mengembalikan aplikasi meskipun sudah terhapus.

  • Jalankan aplikasi Redmi system manager.
  • Tap pada tombol Start di halaman depan aplikasi.
  • Lalu pergi ke aplikasi yang ingin kamu kembalikan.
    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi 3
  • Kemudian tap Aktifkan.
    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi note 2
  • Dengan begitu aplikasi akan tampil dihalaman homescreen seperti semula.
  • Selesai.

Perbedaannya adalah mengembalikan aplikasi bawaan xiaomi yang terhapus secara permanen cukup sulit, tetapi jika kamu sebelumnya hanya menonaktifkan aplikasinya maka kamu bisa mengembalikannya dengan mudah karena aplikasi tersebut masih ada.

Demikianlah ulasan cara hapus aplikasi bawaan xiaomi yang bisa kamu bagikan kepada teman-teman semua, Menghapus aplikasi juga salah satu cara untuk mengatasi xiaomi yang sering lag saat bermain game. Selain itu ruang penyimpanan juga akan menjadi lebih luas, dan menghemat baterai.

Share on:

Tinggalkan komentar