Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen

Hapus akun Tokopedia merupakan tindakan yang cukup bijak apabila kamu tidak lagi membutuhkan marketplace tersebut, Hal ini dapat kamu lakukan pada akun seller maupun pembeli bahkan kamu juga bisa menghapusnya secara permanen.

Jika kamu sadari sebenarnya di aplikasi Tokopedia sendiri tidak menyediakan fitur penghapusan akun untuk para penggunanya. Padahal ada beberapa pengguna tokopedia ingin menghapus akunnya dengan berbagai alasan, salah satunya yaitu tidak memakai akun itu lagi karena sudah mempunyai akun Tokopedia yang baru.

Oleh karena itu dari pada akun Tokopedia tersebut disalahgunakan oleh orang lain, alangkah baiknya kita menghapusnya apalagi kita sudah tidak ingat No HP, Email dan juga Password pada akun tersebut. Nah buat kamu yang ingin menghapus akun Tokopedia baik itu sebagai pembeli maupun penjual, Silahkan simak cara nya berikut ini!

Cara Hapus Akun Tokopedia

Untuk menonaktifkan akun Tokopedia, toko, dan juga OVO memiliki cara yang berbeda-beda. Jadi silahkan sesuaikan saja cara yang ingin kamu gunakan untuk menghapus akun Tokopedia, Oh iya kamu juga bisa mempraktekkannya di HP melalui aplikasi Tokopediaatau laptop lewat browser dan situs website Tokopedia.

1. Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen

Cara yang akan kita bahas pertama kali yaitu bagaimana sih menghapus akun tokopedia secara permanen? Perlu diingat kamu bisa melakukannya, Hanya saja kamu akan kehilangan segala data penting kamu di akun tokopedia baik itu history transaksi, saldo tokopoint atau ovo, kupon promo, dan sebagainya. Jadi akun tersebut akan benar-benar hilang, Oleh karena itu sebelum melakukan cara ini silahkan pertimbangkan terlebih dahulu.

cara hapus akun tokopedia 2021

Langkah-langkah cara tutup akun tokopedia dari email secara permanen :

  1. Jalankan aplikasi tokopedia pada hp kamu.
  2. Tap menu hamburger di pojok kanan atas halaman depan aplikasi.
  3. Kemudian pilih ikon gear/pengaturan.
  4. Di halaman Akun Saya, gulir ke bawah lalu tap Keluar Akun.
  5. Setelah itu Hapus/Uninstall aplikasi tokopedia pada hp android atau ios kamu.
  6. Buka aplikasi Gmail
  7. Tap ikon avatar/foto profil di bagian atas.
  8. Swipe ke kanan dan pilih tab Keamanan.
  9. Gulir sedikit ke bawah dan tap Kelola akses pihak ketiga di menu Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun.
  10. Cari aplikasi Tokopedia lalu hapus akses.

Oke jadi kita simpulkan cara di atas menggunakan 3 tahapan yaitu pada tahap pertama kita logout akun tokopedia terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan menghapus aplikasi pada smartphone kita dan terakhir melepaskan kaitan akun gmail dan tokopedia. Dengan begitu cara ini sangat ampuh untuk menghapus akun tokopedia kamu secara permanen.

2. Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Selanjutnya khusus buat kamu yang menjadi seller atau penjual di tokopedia, kamu juga bisa menghapus toko tersebut dan membuat toko yang baru apabila sebelumnya toko yang pernah dibuat tidak berhasil mendapatkan pembeli sebagaimana yang kamu harapkan. Berbeda dengan cara sebelumnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

cara menghapus toko di akun tokopedia seller via web

Berikut inilah cara hapus toko di akun tokopedia seller :

  1. Jalankan aplikasi Tokopedia.
  2. Buka halaman pengaturan toko kamu.
  3. Kemudian tap Atur toko yang ingin ditutup atau dihapus.
  4. Selanjutnya pergi ke informasi toko dan masuk ke tab pengaturan.
  5. Di bagian status toko kamu bisa ubah ke Tutup sekarang untuk menutup toko.
  6. Jika sudah tap Simpan.

Sekarang kamu berhasil menutup atau menghapus toko di akun tokopedia kamu, Untuk jangka waktu kamu bisa tentukan sendiri apakah ingin ditutup sementara atau selamanya. Jika toko ingin dibuka kembali kamu bisa menggunakan cara yang sama.

Baca juga : Cara COD Di Tokopedia

3. Cara Hapus Akun di Tokopedia Sebagai Pembeli/Penjual

Seperti yang kita tau di aplikasi tokopedia terdapat dua peran pengguna yaitu pembeli (buyer) dan juga penjual (seller) yang mana akun pembeli hanya memiliki 1 akun tetapi penjual juga memiliki akun toko di dalamnya. Nah meskipun keduanya memiliki fungsi yang berbeda, Kamu bisa menghapus akun tersebut dengan cara yang sama.

cara menghapus akun tokopedia di aplikasi

Cara mudah hapus akun tokopedia sebagai pembeli atau penjual di HP/PC :

  1. Pada aplikasi tokopedia buka tokopedia care.
  2. Kemudian ketikkan “Saya ingin tutup akun” pada kolom pencarian.
  3. Siapkan email, password, nomor hp, tanggal lahir dan juga transaksi terakhir di akun tokopedia tersebut.
  4. Dan kamu bisa menghubungi pihak tokopedia melalui fitur live chat atau bantuan.

Cara ini sudah saya praktekkan dan berhasil di akun tokopedia saya yang lama, namun butuh beberapa hari agar akun tokopedia kamu bisa dinonaktifkan sepenuhnya. Kami ingatkan kembali segala jenis informasi dan data penting di akun yang telah terhapus tidak bisa digunakan kembali baik itu email dan juga no hp. Selain itu semua saldo yang ada pada akun tersebut juga akan hangus.

4. Cara Menghapus Akun OVO di Tokopedia

OVO merupakan salah satu layanan di tokopedia yang berguna untuk mempermudah proses transaksi kamu dalam berbelanja. Namun OVO saat ini mulai tergantikan oleh fitur Tokopoints yang baru saja diluncurkan. Walaupun begitu, menurut saya pribadi kedua fitur ini hampir sama saja. Apabila kamu hanya ingin menghapus akun ovo di akun tokopedia kamu, caranya cukup mudah silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

cara hapus akun ovo di tokopedia

Berikut cara hapus dan mengganti akun ovo di tokopedia :

  1. Buka aplikasi tokopedia.
  2. Di halaman beranda tap pada Jumlah saldo OVO (Top-up OVO).
  3. Selanjutnya pilih ikon gear di pojok kanan atas.
  4. Masuk ke Pengaturan akun.
  5. Tap Stop Hubungkan akun.

Alhasil cara ini akan menghapus akun tokopedia yang terhubung ke akun OVO, Sebenarnya kamu juga bisa memutuskan kaitan aku ovo dan tokopedia ini melalui aplikasi OVO.

Baca juga : Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Alasan Menghapus Akun di Tokopedia

Jika kamu membaca artikel ini sudah pasti kamu mempunyai alasan sebelum menghapus akun di tokopedia. Beberapa orang ada yang ingin menghapus akun mereka secara permanen, Namun ada pula yang hanya ingin menonaktifkan akunnya sementara. Dan inilah alasan dari pengguna tokopedia yang saya rangkum dari berbagai sumber seperti group facebook, twitter, dan instagram.

  • Sudah mempunyai akun tokopedia lebih dari 1.
  • Akun tokopedia tidak bisa dibuka karena lupa password, email, dan no hp.
  • Akun tokopedia sudah terkena pelanggaran.
  • Ingin membuat toko yang baru.
  • Tidak menggunakan tokopedia lagi.

FAQ

Kenapa Akun Tokopedia Dinonaktifkan?

Jika akun tokopedia kamu tidak bisa dibuka atau diblokir oleh pihak tokopedia, mungkin saja kamu melakukan pelanggaran ketentuan & kebijakan tokopedia. Hal ini bisa saja kesalahan yang kamu lakukan secara tidak sengaja. Contoh kecilnya saja jika kamu membatalkan pesanan yang dilakukan dengan metode pembayaran COD (Bayar di tempat) di tokopedia sebanyak 2 kali dalam 60 hari maka akun tokopedia kamu tidak bisa menggunakan fitur COD lagi.

Apakah Boleh Punya 2 Akun Tokopedia?

Di tokopedia kamu boleh saja menggunakan banyak akun, Hanya saja setiap akun tokopedia harus memiliki 1 nomor handphone. Jadi kamu bisa membuat akun tokopedia baru dengan nomor hp yang berbeda pada tiap akun.

Demikianlah beberapa cara hapus akun tokopedia dari mulai toko, ovo dan juga akun pembeli atau penjual. Saya harap artikel ini dapat membantu teman-teman semua yang ingin menghapus akun tokopedianya. Tetapi jika masih ada yang bingung silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar agar kami bisa membantu.

Tinggalkan komentar