Jadi Aesthetic, Ini Cara Edit Foto Virtual Photoshoot Ala Selebgram

cara membuat virtual photoshoot

Bingung mau photoshoot tapi lagi masa pandemi? Tenang aja nih, karena sekarang kamu bisa melakukannya dirumah aja dengan cara edit foto tersebut ala virtual photoshoot.

Sudah pada tau belum nih, jika belum Virtual Photoshoot itu adalah sesi pemotretan yang dilakukan secara tidak langsung hanya menggunakan teknologi virtual yang ada pada gadget seperti smartphone android dan iphone saat ini.

Tentu saja karena dapat dilakukan menggunakan hp yang kita punya, Tidak akan ada fotografer maupun kamera apalagi buat kamu yang tidak punya kamera mahal. Cukup dengan kamera di hp kamu, kamu bisa melakukan photoshoot sendiri dengan gaya semau dan sesuka kamu tanpa grogi diliatin orang banyak.

Untuk perbandingan kualitas foto dari virtual photoshoot dengan pemotretan langsung tidak jauh berbeda kok. Kamu bisa melengkapi peralatan yang ada atau setidaknya mendapatkan cahaya dari matahari sudah cukup untuk mendapati hasil foto yang baik.

Sekarang mari baca sedikit tips dari saya sebelum masuk ke prakteknya :

1. Siapkan Smartphone Kamera Selfie

cara edit virtual photoshoot
selfie kamera

Hal yang paling penting untuk kita persiapkan pertama kali pastinya adalah sebuah smartphone, Tidak perlu yang mahal-mahal, smartphone yang sudah dilengkapi kamera depan selfie yang memadai sudah cukup untuk melakukan virtual photoshoot. Jangan lupa untuk mengecek kapasitas baterai terlebih dahulu agar tidak lobet ketika kita sedang asyik foto.

2. Spot Foto Terbaik

spot foto jendela

Selain smartphone yang dilengkapi dengan kamera selfie serta baterai hp yang cukup memadai, Spot untuk melakukan foto juga faktor yang sangat penting. Jadi sebelum melakukan sesi pemotretan virtual photoshoot disarankan untuk memilih spot foto terlebih dahulu. Spot foto yang baik terdapat cahaya matahari dan background yang bagus.

Tempat yang paling sering digunakan untuk melakukan photoshoot adalah di area balkon rumah, di tepi jendela, menggunakan gorden atau tirai kamar untuk pengganti background, pada siang hari atau maksimak jam 4 sore karena pada saat itu cahaya matahari yang di tangkap kamera sangat baik. Jika pada malah hari bisa memanfaatkan ring light atau lighting tambahan sesuai kebutuhan.

3. Aksesoris Foto

cara virtual photoshoot
aksesoris ruangan photoshoot

Mungkin inilah sedikit kekurangan yang akan kita dapatkan jika melakukan photoshoot melalui aplikasi hp di android atau iphone. Karena biasanya jika pemotretan secara langsung kita akan diberikan aksesoris secara gratis dan biasanya juga mereka sudah memiliki perlengkapan aksesoris yang lengkap.

Untuk itu kamu juga bisa menggunakan aksesoris seadanya tidak perlu sama karena memang membutuhkan biaya lebih. Aksesoris yang sering digunakan seperti bunga kering, vas bunga, boneka, kacamata, kursi, dan peralatan yang cocok untuk fotografi lainnya.

4. Gunakan Filter Instagram

aplikasi untuk virtual photoshoot
filter instagram

Hari gini ngefoto gak lengkap deh kalau gak pake filter instagram, Nah buat kamu yang belum tahu apa sih itu filter instagram. Kamu bisa cek beberapa filter instagram yang sempat viral dan kekinian yang sudah pernah saya share di blog ini sebelumnya.

Selain lebih keren, menggunakan filter instagram ini juga cukup menghemat waktu kamu tanpa mengedit foto melalui aplikasi editor foto yang lumayan ribet apalagi kamu yang tidak punya basic editing sama sekali nih..

Itulah sedikit tips untuk memaksimalkan sesi pemotretan virtual photoshoot, sekarang ayo kita coba praktekkan.

cara virtual photoshoot di hp
hasil foto virtual photoshoot
  1. Pertama, Kamu bisa ambil foto kamu. Disini saya menggunakan filter di instagram kemudian rekam video lalu kamu bisa berpose sebanyak-banyaknya.
  2. Kedua, Buka galeri dan cari video yang tadi kamu rekam.
  3. Ketiga, Putar video tersebut kemudian pause pada pose yang kamu anggap bagus, Dan Screenshot
  4. Kemudian, buka Appstore jika menggunkan iPhone atau Google Playstore di Android lalu cari aplikasi Lens Distortions
  5. Buka aplikasi nya lalu pilih screenshot yang ingin kamu edit
  6. Lalu pilih Overlay dan Luminary, Efek inilah yang akan membuat foto kamu mirip banget sama virtual photoshoot karena menggunakan efek kaca.
  7. Lakukan editing yang sama pada foto lainnya, Kamu juga bisa merubah posisi overlay pada foto
  8. Jika sudah Save.
  9. Setelah itu, cari dan download aplikasi Unfold (Untuk membuat foto collage atau gabungan). Bisa juga aplikasi picsart, lightroom, atau vsvco.
  10. Masukkan foto screenshot yang sudah di edit tadi, dan jadi deh foto kamu ala virtual photoshoot.

Jadi begitulah cara bikin dan edit foto ala virtual photoshoot yang bisa kamu lakukan cuma pake hp android atau iphone. Apabila kamu punya pertanyaan atau ada yang masih bingung silahkan komentar di bawah ya.. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa