Cara Download Data Mobile Legends

download data mobile legends

Sebagai salah satu pecinta game moba seperti mobile legends, Kita ingin bermain dengan nyaman ditambah koneksi internet yang stabil. Tetapi sering kali terjadi masalah terutama ketika kita baru pertama kali menginstal game mobile legend harus memerlukan data resource.

Data resource atau obb ini sendiri merupakan file tambahan yang berbeda dari file apk atau aplikasinya. Untuk ukuran aplikasi mobile legends di google playstore itu kurang dari 100mb saja, Sangat ringan sekali tetapi ini belum file data tambahan yang ada di dalamnya.

Kasus lainnya adalah kesalahan kita yang tidak sengaja menghapus file tambahan saat membersihkan cache di hp kita, Jadinya file obb hilang dan disuruh download ulang. Mengingat ukuran file resource ini yang cukup besar juga banyak gamer yang mengeluh bagaimana cara agar bermain mobile legends tanpa data resource nya.

Yah.. Yang namanya file tambahan tentunya seharusnya tidak wajib untuk kita download karena dengan mendownload dan menginstal aplikasinya saja sudah cukup untuk digunakan bermain game,

Tetapi banyak masalah yang akan kamu dapatkan ketika mencoba memaksa masuk ke dalam permainan tanpa mendownload data resource ini. Salah satu yang paling menonjol adalah seperti:

  • Koneksi internet menjadi tidak stabil dikarenakan di dalam permainan terkadang proses download yang belum selesai masih berjalan di latar belakang.
  • Hero menjadi kotak-kotak dan tidak terlihat membuat sangat sulit untuk mengetahui apa hero yang kamu gunakan, begitun hero musuh sehingga alhasil kita hanya menggunakan insting menebak-nebak saja.
  • Tidak bisa menggunakan Skin karena logikanya hero saja tidak keliatan apalagi skin yang tidak terlalu diprioritaskan untuk bermain.
  • Suara hero tidak ada, tidak hanya suara hero bahkan suara aplikasi dan juga musik tidak ada alias seperti tanpa suara.

Mungkin itu saja masalah yang saya temui dan itu sangat ngeganggu banget dan bikin mood bermain menjadi tidak enak, Karena emosi yang udah gak tertahan jadi ya AFK aja.

Bayu Afrizatul Rizki

Oleh sebab itu, mau tidak mau kamu harus mendownload data tersebut secara total agar dapat bermain dengan lebih leluasa tanpa diganggu oleh download-tan yang tidak jelas. Tetapi masalahnya proses downloadnya juga lama dan membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam (tergantung kecepatan koneksi internet).

Nah, lalu bagaimana cara cepat mendownload data ml? Silahkan simak tips yang saya berikan sesuai pengalaman saya sendiri berikut ini.

Bikin Do’i Baper dengan Kata Kata Mobile Legends Ini.

Blog Afrizatul.com

Cara Download Data Mobile Legend Terbaru

download data mobile legends terbaru

Setiap update-tan terbaru file data resource akan berubah jadi karena ini patch nya skin zhask yaitu extraterrestrial jadi saya akan memberikan file data mobile legends yang sesuai saat ini.

Disini Saya akan membagikan file data resource mobile legends terbaru tepatnya 17 juni 2020 (akan saya update terus) agar teman-teman bisa download dengan mudah tanpa download dari dalam game.

Jadi, jika kita sudah mempunyai data ini kita dapat membagikannya kepada orang lain yang mungkin hanya memiliki kuota data sedikit. Tentunya lebih menghemat paket data dan juga menghemat waktu tanpa menunggu terlalu lama, belum lagi jika downloadnya gagal dan download ulang lagi.

Download Data Mobile Legend 1.92GB disini: bit.ly/DataML2020 (17 juni 2020)

Setelah berhasil mendownload file di atas. Ikuti cara menggunakan data mobile legends berikut ini :

  • Pergi ke folder dimana tempat penyimpanan file hasil download tadi lalu Extract
  • Buka file manager dan ke Android
  • Lalu hapus folder com.mobile.legends.
  • Pindahkan data ml yang telah di download sebelumnya ke Folder Android
  • Tunggu proses hingga selesai dan berikan izin penyimpanannya
  • Selesai, Silahkan buka Game Mobile legends

Apabila kamu memang sudah mempunyai datanya tetapi belum selesai proses downloadnya hingga 100%, ikuti tips cara mempercepat download data ml berikut ini!

Cara Cepat Download Data Mobile Legend

Ada banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan kenapa kok bisa lama banget proses downloadnya, Untuk naik ke 10% saja saya sendiri pernah nunggu sampai 1jam. Saya pikir karena menggunakan data seluler koneksi internetnya lemot tapi saya coba pakai wifi eh sama aja.

Dan akhirnya setelah mencoba-coba saya pun menemukan solusi untuk mengatasi hal ini, Sebelum itu berikut beberapa penyebab yang umum terjadi yang mungkin kamu alami :

  1. Menggunakan data seluler yang mempunyai jaringan tidak stabil.
  2. Penyimpanan hampir penuh, biasanya akan terhenti otomatis karena memang dibutuhkan sedikit ruang untuk aplikasi sistem.
  3. Tidak berada di lobby game, Mungkin dari kamu tidak tahu bahwa proses download file resource ini hanya akan berjalan ketika kamu berada di lobby, kamu dapat bermain ke dalam game tetapi proses download akan terhenti otomatis.
  4. Belum memberikan perizinan penyimpanan untuk aplikasi mobile legends,

Itulah yang paling sering menyebabkan proses download data menjadi sangat lama, Sekarang ayo kita coba mempercepatnya dengan tips cara download data mobile legend dengan cepat yang saya berikan berikut.

1. Menggunakan WiFi

Kita tau bahwa saat ini kita dapat dengan mudah menemukan jaringan wifi disekitar kita seperti di tempat makan, nongkrong, cafe, kantor, dll. Jadi tidak ada salah nya untuk mengorbankan waktu kita untuk berkunjung ke tempat tersebut demi mendapatkan akses koneksi internet yang lancar.

2. Menggunakan VPN

Cara ini sangat saya sarankan karena memang terbukti ampuh untuk mempercepat proses download data ml yang sudah saya coba sendiri. Entah bagaimana menggunakan vpn dapat mempercepatnya.

Padahal saat membuka video di youtube dengan resolusi 1080 (Full HD) wifi dapat berjalan lancar tanpa buffering, bahkan juga bisa untuk download aplikasi dengan ukuran yang besar-besar.

Ada banyak sekali aplikasi VPN yang bisa kamu temukan langsung di google playstore, Eitss tetapi tidak sedikit yang berbayar lhoo.. Ada sih yang gratis tapi ya ada harga ada kualitas, Oleh karena itu saya akan merekomendasikan sebuah aplikasi VPN yang gratis namun rasa premium.

  1. Buka Google Playstore
  2. Dan ketikkan “Melon VPN”, setelah itu download dan install seperti biasa.
  3. Jika sudah, Buka aplikasi Melon VPN
  4. Dan pilih lokasi server di negara mana yang ingin kamu gunakan.
  5. Pilih yang server Singapura, bisa yang premium dengan syarat kamu harus menonton iklan dengan durasi 15 detik tanpa melewatinya.
  6. Setelah itu coba masuk ke game mobile legends dan lihat apakah proses download berjalan lebih cepat dari sebelumnya, Jika tidak silahkan ganti server yang lain.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi vpn lainnya apabila memang sudah memiliki atau pernah mencobanya. Saya rasa cara ini sudah dapat membantu permasalahan kamu, tapi jika masih belum teratasi silahkan baca tips selanjutnya.

3. Izinkan Penyimpanan

Karena kita ingin mendowload data resource di mobile legends, pastinya kita harus mengijinkan penyimpanan terlebih dahulu khusus untuk apikasi ml. Untuk cara mengizinkan penyimpanan nya seperti ini.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Kemudian Apl lalu kelola aplikasi
  • Dan cari aplikasi mobile legends
  • Pilih perizinan apl dan berikan centang di bagian penyimpan.

Saya menggunakan hp xiaomi, jika kamu menggunakan hp merk lain silahkan kamu cari saja kira-kira seperti cara diatas.

4. Download Data File Mobile Legends

Solusi terakhir yang bisa saya berikan adalah dengan mendownload data mobile legends secara manual sesuai dengan patch terbaru seperti yang saya berikan di atas. Kamu juga bisa meminta data ini kepada teman kamu yang memilikinya.

Pastikan ia juga sudah mengupdate game mobile legends nya ke versi terbaru, jika tidak kamu tetap akan disuruh download di dalam game. Oh iya cara ini juga cocok banget bagi kamu yang baru buat akun ml baru tanpa download data.

Cara Menghentikan Download Data ML

Banyak orang yang bertanya kepada saya di DM instagram, dan messenger fb yang kira-kira pertanyaannya seperti ini.

Kak, Apakah kita bisa menghentikan download data di dalam game mobile legends?

Blog Afrizatul.com

Oke, saya akan menjawabnya sebenarnya sangat BISA. kenapa? karena di dalam game mobile legends sendiri sudah diberikan fitur yang dapat mematikan auto update ketika ada versi terbaru. Caranya masuk ke Pengaturan dengan men-Tap pada ikon gear di pojok kanan bawah lalu Pengaturan Update. Terdapat 2 opsi yang dapat kita pilih yaitu Update otomatis saat menggunakan wifi atau saat menggunakan jaringan (termasuk data seluler).

Namun cara ini kurang efektif karena sebagian orang mengeluhkan proses download juga belum berhenti. Berikut solusi yang tepat untuk menghentikan download data ml:

  1. Silahkan Masuk ke Game Mobile Legends
  2. Download file CdnTemp di bit.ly/cdntempml
  3. Buka aplikasi file manager di hp kamu masing-masing.
  4. Masuk ke folder Android > Data > com.mobile.legend > files > dragon2017 > assets
  5. Hapus folder CdnTemp dan ganti dengan file CdnTemp di atas.
  6. Selesai.

Jangan Sampe AFK, Ini Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri

Blog Afrizatul.com

Sekarang masuk kembali ke game mobile legends dan lihat proses download akan terhenti dan hilang. Jadi kamu dapat bermain dengan lebih nyaman tanpa lag sama sekali.

Demikianlah tutorial mengenai cara download, mempercepat data mobile legends dan menghentikannya yang saya bagikan, Semoga tips ini dapat membantu teman-teman semua. Apabila kamu punya pertanyaan silahkan tinggalkan komentarnya dibawah ya.. Happy gamming..

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"