IDM Versi Terbaru: Cara Download Serta Install (Legal dan Gratis)

Cara Download dan Install IDM
Cara Download dan Install IDM

Cara download dan install aplikasi Internet Download Manager (IDM) secara gratis dan legal. IDM adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mempercepat proses pengunduhan file dari internet.

Internet Download Manager (IDM) dapat secara signifikan mempercepat proses pengunduhan file dari internet dengan menggunakan teknik seperti pembagi file, penggunaan koneksi multi-thread, pengaturan prioritas unduhan, dan kemampuan untuk melanjutkan unduhan dari titik terakhir jika terputus.

IDM juga memungkinkan penjadwalan unduhan, memberikan fleksibilitas dalam mengoptimalkan penggunaan bandwidth. Meskipun kecepatan unduhan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kecepatan koneksi internet dan kebijakan server sumber file, kemampuan IDM untuk meningkatkan efisiensi pengunduhan membuatnya menjadi pilihan populer bagi banyak pengguna.

Baca juga : Cara Atasi Chrome Tidak Bisa di Update Pada Laptop/Komputer

Cara Download dan Install IDM

Cara Download dan Install IDM :

Langkah 1: Unduh File Instalasi

Pertama-tama, kita perlu mengunduh file instalasi IDM. Saya sarankan menggunakan browser Google Chrome untuk langkah ini. Buka Chrome dan ketik “IDM” dalam kolom pencarian. Pilih situs resmi IDM di www.internetdownloadmanager.com. Di sana, temukan tombol download dan dapatkan file instalasinya.

Langkah 2: Instal IDM

Setelah file instalasi berhasil diunduh, buka file tersebut. Pilih bahasa yang diinginkan (dalam contoh ini, kita akan menggunakan Bahasa Indonesia) dan klik OK. Ikuti langkah-langkah instalasi, setujui persyaratan, dan pastikan untuk membuat ikon IDM di desktop Anda.

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, buka aplikasi IDM dan ikuti petunjuk untuk mengintegrasikan IDM dengan Google Chrome.

Langkah 3: Atur Preferensi dan Integrasi

Sekarang, atur preferensi unduhan di aplikasi IDM. Buka Google Chrome, pilih menu, lalu pilih “More Tools” dan “Extensions”. Aktifkan IDM Integration Module untuk mengintegrasikan IDM dengan browser.

Langkah 4: Uji Coba Unduhan

Kini, IDM sudah terintegrasi dengan Google Chrome. Cobalah untuk mendownload file melalui browser, dan Anda akan melihat IDM secara otomatis aktif untuk mengelola proses pengunduhan.

Selamat! Anda telah berhasil mendownload dan menginstal IDM secara gratis dan legal. Sekarang, proses unduhan file dari internet akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Untuk memunculkan Internet Download Manager (IDM) di Google Chrome, pastikan IDM telah terinstal di komputer Anda. Buka Chrome, pergi ke pengaturan ekstensi, dan aktifkan IDM Integration Module. Cek integrasi dengan membuka Developer Tools dan periksa tab “Network” setelah me-refresh halaman.

Jika berhasil, IDM akan terlihat dan aktif di Chrome, siap untuk mengelola proses pengunduhan saat Anda mendownload file dari internet. Pastikan IDM dan Chrome dalam versi yang kompatibel, dan restart browser jika diperlukan.