Cara Downgrade Instagram

Instagram adalah salah satu sosial media di android untuk berbagi foto dan video yang saat ini terus memperbarui aplikasinya, Setiap pembaruan tentunya terdapat kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Namun disamping itu ternyata setiap update-tan versi instagram tidak luput dari bug yang di alami beberapa penggunanya, Oleh karena itu banyak orang ingin men-downgrade atau menurunkan versi aplikasi instagram mereka ke versi yang lama.

Alasannya adalah akun instagram tidak dapat login atau masuk ke instagram yang baru dan tidak diketahui apa penyebabnya, Ini terjadi ketika baru saja mengupdate instagram yang baru.

Untuk mengupdate instagram ke versi terbaru kita dapat melakukannya secara langsung di Google Playstore, Tapi ada juga yang secara tidak sadar karena mungkin settingan defaultnya mengaktifkan fitur pembaruan otomatis.

Pembaruan otomatis sendiri bekerja dengan cara mendeteksi apakah aplikasi yang terpasang di hp kamu telah diperbarui oleh developer aplikasi, Jika memang ada maka akan di update secara otomatis oleh sistem tentunya harus terhubung ke koneksi internet.

Selain untuk mengatasi permasalahan bug dan eror pada instagram, Menurunkan versi instagram ke yang lama (downgrade) dapat mengembalikan akun ig kamu yang telah hilang.

Berikut ini afrizatul akan membagikan tips cara downgrade instagram dengan mudah :

Cara Melihat Versi Instagram

cara kembali ke instagram lama
Buka aplikasi Instagram di kantor

Sebelum mendowngrade aplikasi instagram, kita harus pastikan dulu bahwa aplikasi instagram yang sedang kita instal pada hp android kita agar dapat lebih mudah untuk memilih versi instagram yang akan kita pasang.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek berapa versi instagram yang kita gunakan yaitu melalui pengaturan aplikasi, melalui aplikasi instagram, dan google playstore sendiri.

Baca juga : Cara Mengganti Nomor Hp di Instagram

Melalui Pengaturan

Disini kita akan melihat versi instagram melalui menu pengaturan yang ada pada hp kita, Perlu diingat bahwa disini saya menggunakan smartphone xiaomi S2 dengan MIUI 11.

Jadi jangan khawatir jika memang terdapat perbedaan letak menunya karena pada intinya sama saja, Silahkan sesuaikan saja dengan hp yang kamu gunakan masing-masing ya.

  1. Pergi Ke Pengaturan
  2. Lalu tap pada Apl
  3. Setelah itu pilih Kelola Aplikasi
  4. Ketikkan pada kolom pencarian “Instagram” dan pilih aplikasi instagram.
  5. Maka akan muncul versi instagram yang kamu gunakan tepat dibawah logo dan nama aplikasi tersebut. Contoh : 100.0.0.17.129(V19).

Nah itulah bagaimana cara melihat versi instagram melalui menu pengaturan, lalu jika di aplikasi instagram langsung apakah bisa? Bisa, berikut caranya..

Baca juga : Cara Mengatasi Instagram Music Is Not Available in Your Region

Melalui Aplikasi Instagram

Selain melalui pengaturan aplikasi, kita juga bisa mengecek versi ig tersebut melalui aplikasi instagram dengan sangat mudah dibandingkan cara sebelumnya.

  1. Buka Aplikasi Instagram
  2. Tap dan tahan pada menu Home yang ada di bagian bawah.
  3. Tarik ke bawah dan pada APK info akan terlihat versi instagram

Nah itulah bagaimana cara melihat versi instagram langsung ke aplikasinya sendiri. Masih belum bisa? Tenang, ada cara lain yang bisa kamu lakukan.. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Melalui Google Playstore

Cara mudah dan praktis lainnya adalah menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh semua pengguna android. Benar sekali melalui Google Playstore, Berikut caranya :

  1. Buka Aplikasi Google Playstore
  2. Lalu ketikkan “Instagram
  3. Pastikan terdapat tombol Uninstal dan Buka
  4. Jika tulisannya adalah Uninstall dan Update maka dipastikan versi instagram yang kamu gunakan yaitu versi yang lama.
  5. Pilih Tentang Aplikasi
  6. Pada bagian versi kamu dapat melihat versi terbaru yang baru saja di update oleh pihak Instagram.

Baca juga : 2 Cara Mudah Download Video dari Instagram di Android

Nah, begitulah tiga cara melihat versi instagram dengan mudah.. Sekarang kita sudah tau bukan aplikasi yang kita gunakan saat ini adalah versi terbaru ataupun versi lama.

Meskipun versi lama maupun versi terbaru, kita juga bisa download instagram dengan syarat aplikasi yang sekarang harus kita hapus atau uninstall terlebih dahulu. Jika kamu bingung bagaimana cara menghapus aplikasi instagram silahkan ikuti cara berikut ini..

Cara Uninstall Aplikasi Instagram

download instagram versi lama
Uninstall Aplikasi di Android

Untuk menghapus atau uninstall sebuah aplikasi di hp android adalah hal yang sangat umum dan hampir semua orang sudah pernah melakukannya. Tetapi jika kamu masih bingung, ikuti cara yang akan kami jelaskan berikut :

Melalui Google Playstore

  1. Buka aplikasi Google Playstore
  2. Lalu cari aplikasi yang ingin kamu hapus, Misalnya : Instagram
  3. Dan terakhir pilih Uninstall

Maka otomatis aplikasi instagram akan terhapus di hp kamu.. Ada juga cara alternatif lain untuk menghapus aplikasi instagram yaitu melalui pengaturan setelan..

Melalui Pengaturan

  1. Buka Aplikasi Pengaturan
  2. Kemudian, pilih Apl > Kelola Aplikasi
  3. Cari dan pilih pada aplikasi Instagram
  4. Dan Uninstall
  5. Tunggu proses uninstall berhasil.

Melalui Beranda Aplikasi

  1. Pada halaman depan tarik icon aplikasi instagram ke atas.
  2. Lalu pilih Uninstall
  3. Pastikan untuk memilih aplikasi yang benar-benar ingin kamu uninstall.

Itulah bagaimana cara menghapus atau mencopot aplikasi instagram pada hp kita, Sekarang kita dapat menginstal aplikasi instagram versi lama.

Namun jangan terburu-buru ada tips yang perlu kamu perhatikan untuk menonaktifkan pembaruan otomatis pada google playstore, agar aplikasi kamu akan tetap pada versi yang sama saat ini.

Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Google Playstore

cara downgrade instagram ke versi sebelumnya
Auto Update Google Playstore

Agar nantinya google playstore tidak mengupdate aplikasi instagram secara otomatis dan terus-menerus kita dapat menonaktifkan fitur pembaruan otomatis. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Google Playstore
  2. Lalu usap ke kanan atau pilih menu yang ada di sebelah kiri kolom pencarian.
  3. Selanjutnya pilih Setelan
  4. Pada Update aplikasi secara otomatis terdapat pilihan melalui jaringan apapun, wifi saja dll.
  5. Pilih pada Jangan update aplikasi secara otomatis.

Sekarang kamu tidak perlu takut lagi dengan fitur pembaruan otomatis ini yang sering membuang-buang kuota karena secara otomatis memperbarui aplikasi di hp android, Apalagi dengan aplikasi yang berukuran besar tentunya akan memakan kuota internet yang besar pula.

Baca juga : Cara Melihat Orang yang Sedang Live Streaming di Instagram

Cara Downgrade Instagram

cara downgrade instagram android
Aplikasi Instagram iOS

Sekarang persiapan telah selesai, kita dapat dengan mudah downgrade instagram dengan versi lama yang kita inginkan.

Pada umumnya instagram sendiri tidak mempublikasikan versi aplikasi lamanya di Google playstore, Karena memang di google playstore tidak ada yang namanya downgrade kamu hanya bisa melakukan upgrade atau update.

Kenapa tidak ada fitur downgrade di google playstore? Ya kemungkinannya adalah untuk meminimalisir bug dan meningkatkan keamanan pada semua aplikasi yang ada.

Namun kamu tidak usah bingung karena kita dapat mendowload aplikasinya di luar google playstore yaitu melalui browser.

Pastikan untuk menghapus, dan mengecek versi instagram yang kamu gunakan saat ini ya.. Lalu berikut cara downgrade instagram :

  1. Buka browser kamu seperti google chrome, atau browser bawaan lalu ketik “Instagram Older Version“. Jika tidak ingin repot buka saja web berikut Download Instagram Semua Versi
  2. Kemudian pilih versi instagram mana yang akan kamu gunakan, lalu Download
  3. Jika sudah buka file berformat apk yang telah berhasil kita download
  4. Terakhir, Install.

Sekarang kita telah menggunakan versi instagram yang lama dan sesuai dengan keinginan masing-masing, Ada banyak web download aplikasi instagram lama yang bisa kamu cek sendiri di internet.

Pastikan format file dalam bentuk apk bukan yang lainnya, dan jangan sampai download aplikasi yang mengandung virus dan memperburuk hp kita.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan yang ada pada versi instagram lama, Tiap hp pastinya berbeda-beda ada yang support versi ini dan ada juga yang tidak support versi itu.

Kekurangan yang biasanya kita alami adalah fitur nya yang kurang lengkap karena memang pada versi itu atau sebelumnya belum terdapat fitur tersebut. Serta kekurangan bentuk ringan lainnya.

Jadi, Berapa versi instagram yang jadi favorit kamu saat ini dan apa alasannya?

Share on:

Tinggalkan komentar