Cara Daftar BNI Mobile Banking Lewat HP Tanpa Harus Ke Bank

BNI Mobile merupakan salah satu aplikasi keuangan digital yang mempermudahkan kita dalam bertransaksi tanpa harus memegang uang tunai. Dengan aplikasi ini kita bisa bertransaksi dimanapun dengan syarat mempunyai jaringan yang mendukung.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana mendaftar BNI mobile yang sudah memiliki nomor rekening sebelumnya atau bisa dikatakan yang sudah membuat rekening BNI sebelumnya namun belum mendaftar BNI Mobile banking.

Download Aplikasi BNI Mobile Banking

Kamu bisa menginstall atau mendownload aplikasi BNI Mobile banking di playstore hp Android maupun IOS yang kamu miliki. Jika yang sudah memiliki aplikasi ini hendaklah mengupdate versi terbaru dari BNI agar kamu bisa menggunakan semua fasilitas yang tersedia di aplikasi ini.

aplikasi bni mobile banking

Cara Daftar Aplikasi BNI Mobile Banking

Untuk mendaftarnya kamu tidak perlu kehalaman web BNI dan bisa langsung di aplikasi tersebut.

Sesudahnya kamu menginstall BNI Mobile ini, kamu tinggal membukanya dan juga langsung bisa melakukan pendaftaran dengan mengklik registrasi pada gambar dibawah ini.

masuk aplikasi bni mobile

kemudian akan muncul syarat dan ketentuan, disini kamu bisa membacanya terlebih dahulu dan kemudia klik “Ya saya setuju”.

1 – Registrasi

Pada bagian regitrasi kita akan mengisi data diri yang diperlukan dan buat User ID, seperti :

  • Masukkan Nomor rekening dengan lengkap
  • 6 digit nomor teakhir kartu ATM yang telah diberikan oleh pihak bank.
  • PIN ATM BNI yang telah kamu buat sebelumnya baik itu secara online maupun secara offline
  • Tanggal lahir
  • NIK sesuai dengan KTP
  • Email yang sudah terdaftar sebelumnya pada saat mendaftar rekening
  • Buatlah User Id dengan kombinasi huruf dan angka maksimal 12 karakter.
  • kemudian pilihlah lokasi saat ini kamu berada.
  • Selanjutnya kode referal, jika kode ini kamu tidak ada bisa dikosongkan saja.

setelah mengisi data dengan lengkap dan benar kemudian klik ” Daftar”.

daftar bni mobile banking

2 – Kode Registrasi (Email)

email bni mobile banking

Bank BNI akan mengirimkan kode registrasi melalui email yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Maka sebelumnya kamu harus mengisi email secara benar agar bisa mendapatkan kode registrasi.

Silahkan cek email kamu untuk mengetahui apakah Bank BNI sudah mengirimkan kode registrasi atau belum dan kamu juga bisa melihat pada bagian Spam untuk mengecek kode tersebut. Karena bisa saja kode tersebut berada di bagian spam dikarenakan pihak email mengira bahwa pesan masuk tersebut termasuk kedalam spam.

Pihak BNI akan mengirim kode selama 5 menit, jika dalam waktu 5 menit kamu belum juga mendapatkan kode tersebut, maka kamu bisa meminta kode registrasi kembali dan kode OTP juga hanya berlaku dalam 5 menit saja lebih dari itu kode OTP tidak bisa digunakan.

kode verifikasi email bni mobile banking

3 – Kode OTP (SMS)

kode otp bni mobile banking

Kode OTP merupakan kode yang kita dapatkan melalui SMS kenomor handphone  yang telah kita daftarkan sebelumnya. Sama halnya dengan kode registrasi, kode OTP ini kita dapatkan kurang lebih dari 5 menit. Jika kamu belum mendapatkan kode tersebut , maka lakukan kembali meminta kode OTP setelah 5 menit.

verifikasi bni mobile

4 – Membuat MPIN dan Password Transaksi

Setelah proses kode registrasi dan kode OTP telah selesai maka selanjutnya kamu membuat MPIN dan Password Transaksi untuk Mobile Banking kamu.

Jika tidak ada MPIN dan Password maka kamu belum bisa menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking.

  • Buatlah MPIN yang terdiri dari 6 angka. Tidak boleh dikombinasi dengan huruf hanya boleh angka saja. Dan Lakukan konfirmasi MPIN yang telah dibuat.
  • Buatlah password transaksi yang terdiri dari angka dan huruf dengan maksimal 12 karakter.
mpin bni mobile banking

Disarankan untuk kamu mencatat MPIN dan passwaord transaksi yang telah kamu buat di catatan HP kamu agar kamu tidak lupa dan menghindari pemblokiran MPIN.

Jika sudah selesai maka akan ada pemberitahuan selamat registrasi dan Aktivasi BNI Mobile Banking berhasil !

cara mendaftar bni mobile banking

Kamu bisa mencoba membuka BNI Mobile banking kamu dengan memasukkan USER ID dan MPIN yang telah kamu daftarkan sebelumnya dalam pembuatan Rekening BNI secara Online. Kamu bisa langsung bertransaksi seperti mengirim uang, mengisi e-wallet, membeli pulsa, membayar listrik dan sebagainya dengan memasukkan password transaksi.  

Perlu diketahui, kamu hanya bisa mendaftar 1 Handphone dengan 1 User ID dan MPIN. Jika kamu melakukan transaksi dengan hp yang berbeda dan belum mendaftarkan User ID sebelumnya, Maka kamu tidak akan bisa login.

Jadi saran saya, gunakan 1 handphone yang terdapat kartu sim yang terdaftar sekaligus email untuk daftar aplikasi BNI Mobile banking ini, jika terjadi apa-apa kamu bisa langsung memblokir dan membukanya kembali hanya dengan 1 aplikasi.

Tinggalkan komentar