Cara COD di Tokopedia

Cara COD di Tokopedia – COD (Cash On Delivery) merupakan salah satu fitur yang hampir tersedia di seluruh marketplace indonesia saat ini seperti shopee, lazada, dan juga tokopedia. Dengan adanya fitur ini mempermudah kita baik itu sebagai pembeli maupun penjual, hal ini dikarenakan pembeli yang ingin membeli akan semakin banyak dan pastinya penjual juga semakin untung.

Sebelumnya jujur saya sendiri bertanya-tanya apakah tokopedia bisa cod (bayar di tempat), karena saya termasuk pengguna shopee dan sudah terbiasa menggunakan aplikasi shopee. Eh ternyata di tokopedia kamu juga bisa membeli barang dan membayar barang tersebut setelah sampai dirumah. Enak banget dong kalau kita pengen beli sesuatu tapi belum punya uang saat itu juga.

Walaupun begitu, saya juga gak terlalu pake fitur cod ini karena yah mungkin saya orangnya gak suka ribet ya. Jadi ya kalau udah beli barang tinggal tunggu nyampe dan ambil gitu. Tapi tiap orang beda-beda ya, ada juga tipe orang yang hanya ingin membayar pesanan ketika barang yang di order benar-benar sesuai pesanan.

Yah balik lagi dengan pribadi saya sendiri yang orangnya suka simpel-simpel aja, kalau ada barang yang gak sesuai ya pasrah aja gitu hehe.. Karena saya pikir seller/penjual mana sih yang sengaja ngasih barang jelek ke pembelinya apalagi reputasi tokonya udah bagus dan udah banyak langganannya.

Oh iya temen-temen, meskipun kita pake metode pembayaran cod (bayar di tempat). Biaya ongkos kirim tetap sama lho ya, jadi jangan dikira pakai fitur cod ini kamu tidak dikenakan biaya ongkir sama sekali. Selain itu juga kamu juga akan dikenakan biaya tambahan lainnya yaitu biaya layanan cod,tapi gak usah khawatir karena biayanya murah kok. Langsung aja deh kita ke tutorial cara belanja online di tokopedia dengan sistem cod dan menggunakan kupon gratis ongkir berikut ini!

Cara Belanja Online Di Tokopedia COD (Bayar Di Tempat)

Baca juga : Cara Menggunakan Tokopoints Di Tokopedia

1. Cari Barang Dengan Sistem COD

Hal yang harus kita lakukan pertama kali yaitu mencari barang dengan sistem COD, jadi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua produk/barang di tokopedia yang bisa kamu bayar menggunakan sistem bayar di tempat. Untuk cara mengecek yang lebih mudah kamu bisa melihat ikon atau logo bayar di tempat pada setiap produk di tokopedia.

cara setting cod di tokopedia
  • Buka aplikasi Tokopedia.
  • Setelah itu ketikkan nama barang, nama toko, atau nama merk produk yang ingin kamu beli di kotak pencarian atas aplikasi tokopedia.
  • Jika sudah silahkan cara produk yang memliki ikon bayar di tempat. Kalau gak mau ribet langsung aja filter dengan cara tap menu COD di bagian atas.
  • Dengan begitu akan muncul seluruh produk atau barang yang bisa dibayar dengan sistem cod.
  • Pilih salah satu barang yang kamu rasa menarik dari segi rating bintang, ulasan dan juga harga.
  • Masukkan ke keranjang terlebih dahulu jika barang yang ingin kamu beli lebih dari 1.
  • Centang semua barang yang ingin kamu beli.
  • Dan tap Beli.

Sekarang kita sudah punya barang atau produk yang dipastikan bisa dibayar dengan sistem cod (bayar di tempat), nah kamu bisa cek-cek lagi apakah barang yang ingin kamu beli sudah sesuai atau tidak. Jika sudah, lanjut ke cara berikutnya..

2. Pilih Jenis Pengiriman dan Gunakan Kupon Gratis Ongkir

Setelah mengklik Beli di halaman keranjang sebelumnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman pengiriman. Di halaman ini silahkan pilih salah satu kurir yang ingin kamu gunakan untuk mengantar barang ke rumah kamu.
Saya yakin deh pasti kamu milih kurir yang paling murah bukan, hehe sama saya juga kok kalo ada yang murah kenapa yang mahal ya gk? tapi tetap inget ya ada harga ada kualitas.

Jadi saya saranin buat kamu yang ingin membeli barang seperti elektronik, berbahan kaca yang mudah pecah untuk memilih kurir terpercaya. Oleh karena itu kamu sesuaikan saja dengan barang yang kamu beli ya.

cara aktifkan cod di tokopedia
  • Oke langsung aja klik pilih Pengiriman.
  • Setelah itu pilih Pengiriman bebas ongkir, reguler, kargo, atau ekonomi, instant, atau yang lainnya yang penting ada tulisan berwarna hijau “Tersedia COD (Bayar ditempat)”.
  • Tap pada “Makin hemat pakai kupon promo” jika kamu memiliki kupon gratis ongkir, kupon diskon atau sejenisnya.
  • Jika sudah lanjut ke halaman berikutnya yaitu tap Pilih pembayaran.

Pastikan kurir yang kamu pilih tersedia cod (bayar di tempat) ya karena memang ada beberapa kurir yang tidak menyediakan layanan ini, saya juga kurang tau kenapa jadi mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya. Sekarang mari kita ikuti langkah selanjutnya!

Baca juga : Cara Ganti Username Shopee

3. Pilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran merupakan fitur yang tersedia di semua marketplace dengan fungsi untuk mempermudah pembeli dalam melakukan transaksi, karena setiap orang memiliki cara pembayaran yang berbeda-beda. Ada yang hanya punya atm bank BRI, Mandiri, BNI atau cuma punyanya OVO, Gopay, Link aja dll. Untuk itu di tokopedia kamu bisa memilih metode pembayaran yang kamu anggap mudah serta cepat.

cara bayar cod di tokopedia
  • Tap pada menu Lihat semua untuk menampilkan metode pembayaran apa saja yang diizinkan oleh aplikasi tokopedia.
  • Karena disini kita ingin membeli barang setelah barang itu sampai, maka kita pilih COD (Bayar di Tempat) pada bagian melalui kurir.
  • Terakhir kamu pastiin dulu nih, kalau barang yang kamu pilih bener-benar udah sesuai keinginan kamu. Karena nantinya pesanan kamu akan langsung di proses tanpa ada proses lainnya.
  • Kalau udah yakin tap Bayar.
  • Dengan begitu pesanan kamu akan diproses secara otomatis.
  • Silahkan tunggu pesanan kamu hingga datang.

Jangan sampai kamu salah pilih ya karena pernah teman saya iseng-iseng gitu eh ternyata barang dikirim beneran. Mending kalau barang yang dipesan sesuai keinginan, kalau gak guna sama sekali gimana? rugi banget kan?

4. Bayar dengan Kurir

Tahap terakhir jika barang kamu sudah datang dan di hubungi oleh kurir, siapin dana sesuai nominal biaya yang akan kamu bayar sesuai yang tertera di aplikasi tokopedia ya. Oleh karena itu, pertimbangan dulu barang yang ingin dibeli sebelum membuat pesanan cod (bayar di tempat), jangan sampai barang udah dateng ke rumah eh uangnya gak ada hehe..

Untuk waktu pengiriman baik itu cod (bayar ditempat), reguler, ekonomi dan lainnya sama saja ya sepengalaman saya sih. Karena semuanya tergantung dari pelayanan ekspedisi yang kamu gunakan masing-masing. Makanya sebelumnya saya sudah peringatkan untuk memilih kurir yang benar-benar kamu percayai. Sebenarnya sih sama aja. Tapi saya pernah menerima barang hancur lebur dari salah satu ekspedisi karena waktu itu saya pilih yang paling murah menyesuaikan budget saya juga sih, dan alhasil barang rusak dan tidak bisa dipakai.

Oke selanjutnya saya akan membagikan pengalaman saya mengenai kelebihan dan kekurangan fitur cod di tokopedia menurut saya sendiri ya, Dan tulisan ini murni pengalaman saya sendiri. Jadi, kalau ada yang salah silahkan koreksi di kolom komentar postingan ini.

Baca juga : Cara Mendapatkan Shopee Paylater

Kelebihan dan Kekurangan Fitur COD Tokopedia

Kalau kita lirik kembali fitur cod (bayar ditempat) khususnya di tokopedia ini memang sangat membantu ya, Selain mempermudah kita dalam melakukan pembayaran. Metode ini juga sangat direkomendasikan buat kamu yang belum punya atm bank atau sejenisnya. Tapi baru-baru ini saya menemukan kekurangan yang mungkin juga akan kamu temukan di marketplace lain seperti shopee, lazada atau marketplace indonesia lainnya.

  • Tidak semua kupon gratis ongkir, kupon diskon atau kupon promo lainnya bisa digunakan jika kamu menggunakan sistem pembayaran COD (Bayar di tempat).
  • Jika kita menggunakan kupon gratis ongkir yang tidak sesuai, maka fitur cod ini tidak akan muncul saat kamu memilih metode pembayaran pada langkah ke-3 sebelumnya.
  • Mungkin itu saja sih kekurangannya menurut saya.
  • Untuk kelebihannya yaitu kita hanya akan dikenakan biaya layanan cod (bayar ditempat) dengan biaya yang sangat murah. Tapi ini tergantung dari pendapat masing-masing karena mungkin ada beberapa orang yang merasa biaya layanan cod ini sangat mahal.

Itu aja deh sharing pengalaman saya mengenai cara cod di tokopedia kali ini, Semoga bermanfaat buat temen-temen semuanya. Kalau ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. Saya juga sudah membuatkan versi videonya kamu bisa tonton di channel youtube saya, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

Share on:

Tinggalkan komentar