Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Cara cek touchscreen xiaomi merupakan hal yang sangat perlu para mifans ketahui agar terhindar dari kerusakan yang betambah parah. Karena jika masalah sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki maka solusi terakhir yaitu mengganti touchscreen ke yang baru.

Salah satu faktor touchscreen hp rusak yaitu akibat jatuh, terbentur maupun faktor lainnya yang bisa saja dilakukan secara tidak sengaja. Tetapi akan lebih baik untuk menjauhi sebaik mungkin karena bukan hanya layar saja yang bisa rusak namun hardware lain pada hp juga sangat sensitif.

Jika kebanyakan orang langsung mengantar ke tempat servis hp apabila mengalami masalah pada touchscreen xiaomi mereka yang tentunya memerlukan biaya lebih, Tidak ada salahnya untuk mengecek apa jenis kerusakan pada touchscreen xiaomi kamu.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Touchscreen

Buat kamu yang mengalami masalah pada touchscreen hp xiaomi, ketahui dulu apa saja kerusakan yang umum terjadi serta mengecek apakah kerusakan pada layar tersebut bisa diatasi atau tidak.

1. Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Kerusakan touchscreen paling banyak didapati oleh pengguna smartphone yaitu error atau tidak bisa disentuh sama sekali. Untuk masalah ini bisa saja masalah terjadi pada sebagian layar dan bahkan hingga seluruh touchscreen.

Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, kamu jangan langsung mengantar ke servis untuk mengganti touchscreen karena sepengalaman kami untuk mengganti touchscreen kamu harus membeli LCD nya juga dengan biaya yang cukup mahal.

Untuk itu kamu bisa memastikan masalah yang sebenarnya terjadi pada touchscreen xiaomi kamu menggunakan cara yang kami jelaskan di bawah. Namun sebelumnya kami juga pernah membahas jenis kerusakan ini yang bisa kamu baca di sini : Layar Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

2. Touchscreen Bergaris

Kerusakan lainnya selain tidak bisa disentuh adalah touchscreen yang bergaris, Biasanya ada yang bergaris tidak parah sehingga masih bisa digunakan namun adapula yang mengalami touchscreen bergaris hingga menutupi layar hp.

Tentu saja jika layar hp sudah tertutup kita menjadi terganggu dan tidak bisa menggunakannya seperti biasanya, Kerusakan ini juga sering diakibatkan oleh kelalaian penggunanya seperti jatuh, terbanting, baterai terlalu panas, kemasukan air dan sebagainya. Namun lagi-lagi kamu harus memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada touchscreen hp kamu.

3. Touchscreen Retak

Siapa nih disini yang sering ngebanting hp nya? Kalau touchscreen udah retak mau berkata apa lagi. Apalagi retaknya sangat parah, Tentu saja tidak ada solusi lain untuk memperbaiki touchscreen yang sudah retak selain mengganti dengan touchscreen baru atau menggunakan touchscreen hp xiaomi lain yang masih berfungsi.

4. Touchscreen Terdapat Titik Hitam

Masalah pada touchscreen juga diakibatkan oleh air lainnya yaitu terdapat titik hitam di bagian layar hp. Jika noda hitam tersebut hanya sedikit tentunya kita tidak perlu khawatir karena masih touchscreen masih bisa berfungsi, Tetapi titik hitam bisa saja melebar hingga seluruh layar hingga touchscreen mati dan rusak.

Jadi itulah beberapa kerusakan pada touchscreen di semua hp baik itu android atau ios yang seringkali terjadi, Sekarang mari kita cek terlebih dahulu apakah touchscreen hp xiaomi kita benar-benar rusak.

Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Untuk mengetahui touchscreen pada hp xiaomi yang kita gunakan mengalami kerusakan atau tidak karena mungkin sebelumnya terjatuh secara tidak sengaja. Ada beberapa metode untuk mengecek touchscreen xiaomi, sala satunya yaitu melalui kode rahasia xiaomi.

1. Melalui FQC Test

Sudah tau belum apa itu FQC Test? FQC (Final Quality Control) merupakan fitur yang disediakan pada smartphone xiaomi untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada SIM, SD Card, LCD, Speaker, Headshet mic, dan sebagainya termasuk touchscreen.

Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan fitur FQC Test untuk mengecek touchscreen di hp xiaomi kita, Agar dapat masuk ke menu FQC Test kita bisa mengaksesnya melalui kode rahasia xiaomi. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka aplikasi panggilan di hp xiaomi lalu ketikkan kode *#*#64663#*#*.
    kode kalibrasi touchscreen xiaomi
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman menu FQC Test.
  • Kemudian gulir ke bawah dan tap pada menu Touchpanel.
    cara cek touchscreen xiaomi-4a
  • Terakhir silahkan ikuti garis yang ditunjukkan pada layar dan jika hasilnya berwarna hijau maka touchscreen hp kamu dalam keadaan baik-baik saja.
    cara cek touchscreen xiaomi note 5a
  • Selesai.

Baca juga : Cara Reset Xiaomi

Begitu pula sebaliknya, apabila sistem gagal mendeteksi sentuhan yang kamu berikan maka akan tampil tulisan Fail berwarna merah yang menandakan bahwa touchscreen xiaomi kamu sedang bermasalah.

Catatan tambahan : Menu FQC Test juga dapat diakses melalui menu Pengaturan > Tentang Telepon > Keseluruhan spesifikasi > Tap 3x di bagian Versi Kernal.

2. Cek Touchscreen Manual

Selain menggunakan aplikasi atau bantuan fitur cek touchscreen yang diberikan xiaomi, Sebenarnya kamu juga bisa mengecek touchscreen sendiri secara manual lho. Jadi kamu akan mengetahui area mana yang mempengaruhi layar hp xiaomi kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan menyentuh seluruh bagian touchscreen dengan perlahan bergantian, Apabila ada area touchscreen yang error seperti membuka aplikasi sendiri dan lain-lain maka di titik itulah kerusakan terjadi.

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Total

3. Aplikasi Cek Touchscreen

Kalau gak mau repot dengan cara manual di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di android maupun iOS untuk mengecek kerusakan pada touchscreen hp kamu. Tentunya fitur yang disediakan aplikasi lebih banyak dan mudah dipahami.

Ada banyak aplikasi cek touchscreen yang bisa kamu temukan di google playstore, Namun disini kami akan mereview satu aplikasi saja yang kami rekomendasikan untuk kamu gunakan. Berikut panduan cara mengetahui kerusakan pada touchscreen menggunakan aplikasi :

  • Download aplikasi Touchscreen Test melalui google playstore.
  • Jika sudah install dan buka aplikasinya.
  • Di halaman depan kamu bisa tap Start test tombol berwarna biru.
    aplikasi tes touchscreen xiaomi
  • Lalu akan terdapat banyak titik berwarna abu-abu, silahkan sentuh titik tersebut.
  • Jika semua area titik berubah menjadi hijau maka touchscreen kamu masih berfungsi dengan baik.
    cara cek touchscreen xiaomi redmi 3s
  • Selesai.

Untuk aplikasi ini kami sangat rekomendasikan karena selain ukuran aplikasi nya yang ringan, Tampilan yang diberikan juga simpel dan mudah dimengerti. Kekurangannya sih aplikasi ini terdapat iklan, tapi iklannya tidak menggangu sekaligus mendukung developer pembuat aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di MIUI 11

Mungkin itu saja pembahasan kita mengenai cara cek touchscreen xiaomi agar mengetahui apakah touchscreen kita mengalami kerusakan ringan atau parah. Dengan begini kamu bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone untuk menghindari biaya servis yang cukup mahal.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com