Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Cara cek IMEI hp xiaomi bisa digunakan untuk mengetahui apakah smartphone yang kamu gunakan asli dan memiliki garansi resmi. Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya silahkan ikuti panduan berikut ini!

Seperti yang kita ketahui saat ini pemerintah akan memblokir kartu SIM yang memiliki nomor IMEI tetapi tidak terdaftar, Akibatnya kartu SIM tersebut tidak akan bisa melakukan telepon, SMS, internet bahkan sinyal jaringan akan ikut hilang walaupun masih bisa menggunakan koneksi Wifi.

Oleh karena itu kamu wajib mengetahui nomor imei di hp kamu, Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kode iMEI. Salah satu cara yang paling mudah kamu bisa mengecek bagian belakang dus atau kotak HP xiaomi pada saat pertama pembelian.

Tetapi jika dus hp sudah hilang, kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengetahui IMEI pada hp xiaomi yang digunakan. Selain itu IMEI juga sangat berguna untuk mengetahui lokasi hp xiaomi yang hilang dan juga membypass akun mi apabila dalam keadaan terkunci.

Namun kami mendapat pertanyaan dari salah satu mifans yang mengatakan bahwa imei hp xiaomi mereka tidak terdaftar, Untuk itu disini kami akan menjelaskan caranya secara detail agar kamu bisa mengetahui nomor IMEI di hp xiaomi kamu meskipun dalam keadaan terkunci dan tidak terdaftar tanpa root.

Baca juga : Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Cara Cek Nomor IMEI HP Xiaomi

Setelah mengetahui betapa pentingnya mengetahui nomor IMEI seperti mencari hp xiaomi yang hilang, Sekarang mari kita coba mengecek apakah imei kartu SIM yang kita gunakan terdaftar atau tidak.

Disini kami akan membagikan berbagai metode yang dapat kamu gunakan jika kamu tidak bisa mengecek imei melalui dial up dan kotak dus hilang dengan cara alternatif lainnya.

1. Cek IMEI Lewat Dial UP

Hal yang paling sederhana untuk melihat imei pada hp android seperti xiaomi adalah menggunakan kode khusus cek imei melalui dial up. Karena cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan dan juga tidak memakan biaya seperti pulsa dan lain-lain.

cek imei xiaomi resmi atau tidak

Cara cek imei xiaomi asli atau palsu dengan kode dial up :

  • Buka aplikasi Pengaturan di hp xiaomi.
  • Setelah itu ketikkan kode *#06#.
  • Lalu tap Panggil.
  • Dengan begitu nomor IMEI akan muncul sesuai jumlah SIM pada hp xiaomi.
  • Selesai

Jadi itulah cara mengetahui imei hp xiaomi melalui kode dial up tanpa aplikasi, Silahkan catat nomor IMEI tersebut agar nantinya kamu bisa menggunakannya jika diperlukan. Nah untuk memastikan apakah smartphone xiaomi kamu asli atau palsu maka kamu bisa mengeceknya melalui website kemenperin berikut ini.

2. Cek IMEI Lewat Website Kemenperin

Mengecek imei bisa dilakukan secara online karena caranya mudah dan tidak dikenakan potongan biaya seperti halnya menggunakan pulsa sms. Selain itu website ini juga resmi milik pemerintah yaitu kemenperin (kementrian prindustrian) yang pastinya sudah terjamin keamanan serta keakuratannya.

cek imei xiaomi online

Berikut cara cek imei xiaomi di website resmi kemenperin :

  • Salin atau catat nomor IMEI yang telah didapatkan.
  • Jalankan Browser di hp xiaomi baik itu google chrome, uc browser atau browser bawaan.
  • Selanjutnya kunjungi situs resmi Cek Imei Kemenperin.
  • Jika sudah silahkan masukkan nomor IMEI kamu di kolom yang disediakan pada halaman situs.
  • Lalu tap Cari.
  • Apabila imei tedaftar akan muncul pesan “IMEI terdaftar di database kemenperin“.
  • Selesai.

Tak hanya 1 IMEI yang bisa diuji apakah terdaftar atau tidak di situs kemenperin, Kamu juga bisa mengecek imei hp kamu yang lama. Tetapi jika ternyata imei kamu tidak terdaftar di database kemenperin, kamu bisa membaca solusi yang kamu jelaskan di bawah ini.

3. Cek IMEI di Kotak HP Xiaomi

Bagi kamu yang tidak bisa menggunakan kedua cara di atas, mungkin karena hp xiaomi nya terkunci sehingga tidak bisa mengakses dial up untuk mengetahui nomor IMEI maka kamu bisa mengetahuinya dengan mudah melalui dus pembelian.

Jadi pastikan kamu mash memiliki kotak dus hp xiaomi pada saat pertama pembelian lalu silahkan lihat pada bagian belakang dus akan terdapat nomor IMEI yang akan berbeda di setiap smartphone xiaomi. Biasanya nomor imei terletak pada atas barcode, tetapi kalau kotak hp xiaomi kamu sudah hilang, mari coba cara lainnya.

4. Cek IMEI di Stiker Belakang HP Xiaomi

Hampir sama dengan cara sebelumnya, sebenarnya nomor IMEI sendiri juga terdapat pada stiker belakang hp xiaomi. Tapi sayangnya stiker ini sudah banyak dibuang oleh pengguna xiaomi karena memang mudah lepas dan luntur, Jadi silahkan cek bagian belakang hp xiaomi kamu apakah masih terpasang stiker atau tidak.

5. Cek IMEI Xiaomi Melalui My Phone Finder

Dari cara mengecek imei xiaomi yang telah kami bagikan di atas, Jika kamu juga tidak bisa melihat nomor imei pada kartu sim maka kamu bisa mencoba myphonefinder karena menyediakan fasilitas pengecekan imei yang mungkin saja imei hp kamu sudah terdaftar.

Oleh karena itu syarat yang paling utama utama imei sudah terdaftar di website myphonefinder, Kalau belum kamu bisa mendaftarkan imei tersebut terlebih dahulu agar apabila suatu saat hp kamu tercecer aplikasi ini dapat mencari hp yang hilang menggunakan email maupun nomor hp.

cara melacak imei xiaomi

Cara mengetahui imei xiaomi yang hilang :

  • Silahkan kunjungi situs myphonefinder melalui browser hp.
  • Lalu masukkan nomor IMEI, nomor HP, email, dan juga komentar pada kolom yang telah disediakan.
  • Setelah itu tap Add.
  • Jika sudah terdaftar silahkan masukkan nomor HP atau imei yang telah digunakan sebelumnya.
  • Terakhir tap Find.
  • Dengan begitu akan muncul informasi selengkapnya mengenai imei tersebut.
  • Selesai.

Karena caranya yang lumayan ribet karena kamu harus registrasi untuk mendaftarkan imei terlebih dahulu agar dapat dideteksi oleh sistem, Maka kami menyarankan untuk mengecek stiker bagian belakang hp atau kotak dus hp xiaomi untuk mengetahui nomor imei karena tidak membutuhkan waktu lama.

Baca juga : Cara Cek Kuota IndiHome

Cara Atasi IMEI Tidak Terdaftar Di Kemenperin

Berhubungan dengan peraturan pemerintah yang memberlakukan tentang pemblokiran bagi hp blackmarket atau yang memiliki IMEI tetapi tidak terdaftar akan diberikan sistem normaly off yaitu kartu SIM dapat digunakan tetapi tidak akan mendapatkan sinyal dari operator, sms, telepon maupun internet.

Nah buat kamu yang mungkin heran kenapa sinyal hp kamu tiba-tiba hilang, kamu jangan khawatir karena disini kami akan membagikan cara mengatasi imei yang tidak terdaftar di kemenperin dengan mudah agar sinyal operator dapat muncul dan bisa digunakan kembali.

1. Beli SIM Card Baru

Silahkan beli SIM Card baru atau kartu perdana yang lain untuk mengetes apakah sinyal akan muncul atau tidak. Jika sinyal ada kamu bisa cek nomor imeinya, Kami sendiri sudah mencoba cara ini dan terbukti sinyal dari operator dapat muncul akan tetapi tetap saja tidak bisa digunakan untuk mengakses koneksi internet.

2. ROOT

Untuk cara yang kedua kamu bisa me-root hp kamu terlebih dahulu. Nah jika hp xiaomi kamu atau yang lainnya sudah dalam keadaan root, kamu bisa mengganti imei yang sebelumnya tidak bisa digunakan ke IMEI yang terdaftar di kemenperin.

Cara mendapatkan imei yang terdaftar di kemenperin kamu bisa menggunakan IMEI yang sudah terdaftar sebelumnya dari kartu SIM yang sudah lama, hp yang hilang atau tidak terpakai lalu mengecek terlebih dahulu di website kemenperin melalui cara di atas.

3. Daftarkan IMEI

Cara yang cukup mudah untuk mengatasi imei yang tidak terdaftar di kemenperin kamu bisa menggunakan aplikasi dial up. Disini kamu bisa mengganti imei yang kamu gunakan saat ini dengan imei yang lain. Perlu diketahui kamu harus memiliki imei yang sudah terdaftar sebelumnya.

cara daftar imei xiaomi

Berikut cara mengganti imei yang tidak terdaftar di kemenperin lewat dial up :

  • Buka aplikasi dial up atau Panggilan.
  • Lalu ketikkan *#*#364633#*#*.
  • Setelah itu pilih tab Connectiity.
  • Kemudian masuk ke menu CDS Information.
  • Selanjutnya tap pada Radio Information.
  • Silahkan pilih salah satu kartu SIM yang kamu gunakan. misal Phone 1.
  • Di bagian AT+ masukkan AT+EGMR=1,7,”(nomor IMEI yang sudah terdaftar)”.
  • Terakhir tap Send AT Command.
  • Dan Restart.

Untuk mendaftarkan imei di kartu SIM 2 kamu bisa mengulangi cara di atas tetapi menggunakan kode AT+EGMR=1,10,”(nomor imei yang sudah terdaftar)” dan pilih Send AT Command. Jangan lupa untuk reboot smartphone kamu agar bisa mengetahui hasilnya.

4. Daftar IMEI di Website Beacukai

Mengingat smartphone black market didapat dari luar negri maka kamu bisa mendaftarkan IMEI jika sebelumnya tidak terdaftar di website beacukai. Jika menggunakan hp android kamu bisa download aplikasi mobile beacukai di playstore lalu memilih menu registrasi, mengisi data dan mengikuti instruksi aplikasi.

Baca juga : Cara Cek Kuota 3

Sekian tutorial cara cek imei hp xiaomi dan mengatasi imei yang tidak terdaftar di kemenperin agar bisa digunakan kembali seperti biasanya. Untuk itu kamu jangan khawatir apabila signal sim card kamu tiba-tiba hilang karena bisa diatasi menggunakan cara yang telah kami bagikan.

Share on:

Tinggalkan komentar