Cara Beralih Ke Akun Bisnis Instagram

Selain filter instagram, tepatnya pada tahun 2016 silam Instagram merilis fitur terbarunya yaitu akun bisnis. Fitur ini sangat cocok bagi Kamu sebagai pengguna instagram yang ingin menjual atau menawarkan suatu produk untuk menarik pembeli dengan mudah dan mendapatkan uang secara cepat lewat internet.

Kalau dulu orang berjualan di instagram hanya mengandalkan hashtag atau tagar ketika membuat sebuah postingan dan story produk di ig, Kini kita bisa mengkombinasikan dengan beralih ke akun bisnis. Tentunya akun bisnis ini diberikan secara gratis kepada seluruh pengguna Instagram yang dilengkapi dengan berbagai fitur khusus marketing untuk mengembangkan bisnis. Tak heran bahwa akun bisnis digunakan oleh lebih dari 200 juta pengguna instagram.

Jika kamu belum pernah sama sekali menggunakan akun bisnis, Maka akun yang kamu gunakan saat ini adalah akun personal/pribadi. Lalu apa yang membuat banyak orang kini tertarik hingga beralih ke akun bisnis di instagram? Berikut inilah kelebihan akun bisnis instagram yang tidak akan kamu nikmati pada akun ig pribadi.

Akun Bisnis tidak bisa di private, Ini Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram

Blog Afrizatul.com

Kelebihan & Kekurangan Akun Bisnis Instagram Dibandingkan dengan Akun Pribadi

Adapun kelebihan dari akun bisnis instagram sendiri tidak jauh dari yang namanya iklan, Mengingat saat ini beriklan di sosial media menjadi bagian yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan dengan cepat, dan tersistematis.

Di akun bisnis juga kamu tidak perlu bingung untuk bagaimana cara membuat materi iklan karena kamu akan dibantu dengan berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat materi iklan atau sebuah konten di akun bisnis ig menjadi menarik.

Berikut ini kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika beralih ke akun bisnis Instagram :

  • Dapat dihubungkan dengan akun halaman/fanspage Facebook.
  • Kategori bisnis, seperti Blog Pribadi, Produk atau Layanan, Toko kelontong dll.
  • Fitur Hubungi (Opsi Kontak), Ini berguna agar mempermudah pembeli untuk menghubungi kamu melalui: email, nomor telepon, dan juga alamat bisnis kamu berada.
  • Tombol Tindakan, dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan akun bisnis dengan layanan online seperti Grab atau GoFood.
  • Show/Hide Kategori, berguna untuk menampilkan atau menyembunyikan label kategori bisnis.
  • Kategori, disini kamu dapat mengubah kapan saja kategori bisnis kamu ketika terjadi kesalahan pilihan.
  • Promosi, mempromosikan produk untuk memperluas penjualan di postingan atau story ig agar mendapatkan lebih banyak konsumen.
  • Insight, fitur yang sangat penting karena kita dapat melihat metriks dari akun bisnis tersebut dari mulai berapa orang yang mengunjungi, melihat postingan atau story, dan siapa saja yang mengklik dan berinteraksi. Tidak itu saja, kamu juga diberikan data lengkap pemirsa yang ada dari mulai tempat, usia, jenis kelamin, dan juga lokasinya.
  • Tautan Swipe/Selengkapnya, Bagi kamu yang ingin menambahkan link untuk mengarahkan pembeli ke landingpage di sebuah website pada postingan dan story instagram. Sekarang kamu bisa melakukannya di akun bisnis, Sayangnya ada syarat yang harus dipenuhi untuk menikmati fitur ini, Terkait hal ini silahkan baca artikel berikut : Cara Membuat Fitur Swipe Up atau Selengkapnya di Instagram.

Ketahui juga kekurangan ketika kita menggunakan akun bisnis di instagram :

  • Apabila akun bisnis telah terkait dengan fanspage atau halaman facebook, Otomatis segala sesuatu semacam postingan di instagram hanya bisa dibagikan ke fanspage fb tersebut. Tidak ke dinding profil akun fb kamu, ataupun ke halaman fb lainnya, Jadi silahkan pikirkan terlebih dahulu untuk merubah akun pribadi menjadi akun bisnis.
  • Akun bisnis tidak bisa di private atau dijadikan pribadi.

Jika telah menghubungkan Halaman Facebook ke akun profesional, Anda hanya bisa membagikan postingan Instagram ke Facebook melalui Halaman itu. Anda tidak akan bisa membagikan ke Halaman Facebook lain atau ke profil Facebook. Jika ingin mengubah Halaman Facebook tempat Anda bisa membagikan postingan Instagram, Anda harus beralih kembali ke akun pribadi. Setelah beralih kembali, Anda harus menyiapkan akun profesional lagi dan memilih Halaman Facebook baru yang ingin Anda gunakan.

Apakah kamu tertarik dengan fitur yang ada di akun bisnis? Sekarang ikuti panduan cara beralih ke akun bisnis instagram yang dirangkum oleh Afrizatul berikut ini!

Mau tau siapa aja yang gak follback kamu? Berikut : Cara Mengetahui Orang Yang Unfollow Di Instagram

Blog Afrizatul.com

Cara Merubah Akun Instagram Ke Akun Bisnis

Apabila kamu sudah yakin untuk mengganti akun biasa atau pribadi instagram kamu ke akun bisnis. Silahkan ikuti langkah-langkah untuk beralih ke akun bisnis di instagram berikut ini :

  1. Pertama, Silahkan Buka Aplikasi Instagram kamu dan tentunya sudah login kemudian tap pada profil di menu bawah. Kemudian pilih ikon hamburger atau 3 garis horizontal yang berada di pojok kanan tepat di atas profil instagram,
    cara pindah ke akun bisnis instagram
  2. Lalu pilih Pengaturan.
    pengaturan instagram
  3. Setelah itu di halaman pengaturan pilih Akun
    cara beralih akun ig
  4. Scroll ke bagian bawah layar kemudian pilih Beralih ke Akun Profesional (text berwarna biru)
    cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi instagram
  5. Pilih Bisnis, (Opsi Kreator untuk kamu yang berprofesi sebagai konten kreator, tokoh terkenal atau artis.)
    cara beralih akun bisnis di instagram
  6. Lalu Lanjutkan dan ikuti petunjuk hingga selesai.
    cara beralih ke akun bisnis instagram tanpa facebook
  7. Cari dan Pilih Kategori profil bisni yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual, setelah itu pilih Selanjutnya.
    kategori profil bisnis instagram
  8. Tunggu hingga proses pengalihan berhasil dilakukan, dan Lengkapi Data alamat email, nomor telepon dan juga alamat bisnis kamu lalu tap Selanjutnya. (silahkan pilih Jangan gunakan info kontak saya untuk melewati bagian ini).
    nomer telepon akun bisnis instagram
  9. Hubungkan Fanspage FB jika ada atau bisa mengisinya jika diperlukan lain waktu.
    menghubungkan akun instagran dengan instagram
  10. Selesai.
    akun bisnis instagram

Kenapa Tidak Bisa Beralih Ke Akun Bisnis Instagram

Baru ini saya dipenuhi pertanyaan seperti “kak kenapa akun ig saya kok gak bisa dirubah ke akun bisnis?“. Untuk menjawab pertanyaan ini saya juga agak kebingungan karena saya sendiri belum pernah mengalaminya. Tetapi ada faktor yang sangat berpengaruh dan mungkin saja bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Oleh sebab itu silahkan coba beberapa cara mengatasi akun ig yang tidak bisa beralih ke akun bisnis berikut ini :

  1. Akun Terlalu Sering Berubah, Maksud saya disini adalah sering menggonta-ganti akun pribadi ke akun bisnis dan sebaliknya. Apalagi hal ini dilakukan secara terus menerus.
  2. Hapus Cache, Terdengar aneh memang tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. Selengkapnya bisa cek di sini : Cara Membersihkan Cache di Aplikasi Instagram
  3. Relogin, Mungkin saja masalahnya ada di akun instagram kamu jadi silahkan logout atau keluar dan login ke Instagram kembali.
  4. Gunakan Akun Lain, Coba masuk ke akun teman atau orang lain untuk mengecek apakah memang akun mereka juga tidak bisa beralih ke akun bisnis.
  5. Coba di HP lain, Gunakan hp atau smartphone lain untuk memastikan apakah tidak ada masalah di perangkat hp kamu.
  6. Reinstall, Caranya silahkan hapus atau uninstall aplikasi instagram terlebih dahulu kemudian install ulang kembali.
  7. Restart HP, Terakhir silahkan restart atau reboot hp kamu karena mungkin terjadi crash pada sistem maupun aplikasi.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang tidak bisa beralih ke akun bisnis instagram menurut saya pribadi, Jika cara ini dapat membantu atau tidak silahkan beritahu saya agar dapat memperbarui isi postingan ini.

Jadi Selebgram Beneran, Ini Cara Mendapatkan Tanda Centang Biru Akun Terverifikasi Instagram

Blog Afrizatul.com

Batas Akun Bisnis Instagram

Batas Akun Bisnis Instagram
Telah Mencapai Batas Akun Bisnis Instagram

Banyak yang bertanya berapa maksimal batasan membuat akun bisnis di instagram, Karena saat membuat akun bisnis baru muncul pesan seperti ini “telah mencapai batas akun bisnis instagram” ketika mencoba beralih dari akun pribadi mereka.

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini saya mengambil dari berbagai referensi yaitu Disarankan untuk membuat Akun Bisnis dengan batasan maksimal 5 akun. Namun apabila masih tidak bisa, ikuti cara yang terbukti berhasil mengatasi limit akun bisnis di instagram berikut ini :

Pastikan kamu sudah memiliki fanspage atau halaman di facebook, Untuk yang belum punya silahkan buat terlebih dahulu. Jika bingung baca : Cara Membuat Halaman Facebook.

Blog Afrizatul.com
  1. Masuk ke Instagram kemudian ke menu Pengaturan/Settings
  2. Pilih Hubungkan Akun
  3. Tap pada Facebook, dan tunggu hingga instagram berhasil dikaitkan ke fanspage fb.
  4. Buat akun bisnisnya kembali dengan memilih Beralih ke Akun Profesional di halaman Akun.
  5. Dan pilih halaman facebook yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Selesai.

Cara ini sudah saya buktikan sendiri dan masih berfungsi agar kita dapat membuat akun bisnis lebih dari 5 akun pada instagram, Jadi tidak usah takut lagi akan muncul peringatan mengenai limit atau batasan membuat akun bisnis instagram.

Kembangkan Bisnis Dengan Beralih ke Akun Bisnis Instagram

Demikianlah cara bagaimana mengubah akun biasa atau pribadi ke akun bisnis yang dapat saya berikan, hingga saat ini pihak instagram tampaknya terus berupaya memperbaiki dan juga memberikan fitur tambahan di akun bisnis demi memberikan pengalaman pengguna instagam yang lebih baik serta mempermudah proses penjualan dengan melalui sistem online.

Apabila teman-teman ada yang bingung atau tidak bisa beralih ke akun bisnis di instagramnya silahkan tinggalkan pertanyaannya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat dan nantikan tutorial menarik seputar tips instagram lainnya di blog afrizatul.

Tinggalkan komentar