Cara Backup Whatsapp

Data WhatsApp memang sangatlah penting khususnya seperti chat, nomor kontak orang lain, grup whatsapp, foto maupun video yang ada di akun wa kita. Pada whatsapp sendiri sudah dilengkapi dengan fitur backup secara otomatis setiap hari, minggu bahkan bulanan, Namun semua data tersebut hanya akan tersimpan di perangkat hp kita.

Tentu saja ketika kita mengganti hp kita ke hp yang baru semua data wa tersebut akan hilang, Nah lalu bagaimana cara agar kita bisa mengembalikan semua data wa yang ada di akun whatsapp kita sebelumnya ke hp yang baru tanpa menghilangkan chat?

Simak ulasannya berikut ini, Perlu diketahui cara ini juga dapat kamu terapkan pada hp Android dan juga Iphone. Jadi pada semua hp kita bisa membackup sekaligus merestore data whatsapp seperti data grup whatsapp agar tetap aman. Begini cara membuat grup whatsapp dengan mudah tanpa menyimpan nomor kontak orang lain.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Google Drive

Bagi kamu yang ingin membackup semua data whatsapp seperti chat, group, foto, video, file dan data lainnya secara aman. Google Drive adalah tempatnya, Disini kita dapat membackup chat whatsapp kita ke cloud atau awan secara gratis hanya menggunakan akun gmail.

Berikut cara backup whatsapp di google drive :

  1. Buka WhatsApp
  2. Tap pada ikon gear atau tanda titik tiga di bagian pojok kanan atas dan pilih Setelan
  3. Pilih Chat dan Cadangkan Chat
  4. Kamu akan melihat Cadangan terakhir yang tersimpan di hp kamu setiap hari, Ubah cadangkan ke google drive menjadi Setiap hari (sesuai kebutuhan)
  5. Masuk ke Akun Gmail kamu lalu.
  6. Kamu juga bisa mengubah cadangkan melalui Wi-Fi atau seluler.
  7. Centang pada bagian sertakan video untuk membackup data video sekaligus ke akun google drive.
  8. Terakhir, Cadangkan dan tunggu hingga proses pencadangan selesai.

Cara Melihat Backup Whatsapp Di Google Drive

Untuk melihat file hasil backupan whatsapp yang telah kita upload ke google drive, Masuk ke Akun Gmail kamu kemudian geser pada bilah samping menu pilih Cadangan. Dan kamu akan melihat file cadangan whatsapp dan juga tertera no whatsapp kamu. Selain itu kamu juga dapat mengunduh atau download backup whatsapp di google drive tadi.

Cara Restore Backup Whatsapp Dari Google Drive

Jika sudah memiliki file backupan pada google drive, maka kita dapat dengan mudah untuk merestore atau mengembalikan semua data yang ada dengan cara hapus data aplikasi whatsapp pada hp kamu dan masuk kembali setelah itu pulihkan. Jika dirasa tidak diperlukan kamu dapat menghapus backup whatsapp di google drive.

Cara Memindahkan Chat Whatsapp ke HP Baru Menggunakan PC

Apabila kamu ingin memindahkan chat wa kamu dari hp android ke iphone, android ke android atau iphone ke iphone. Kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Mobiletrans.

Untuk itu kamu membutuhkan sebuah laptop atau pc karena software ini hanya tersedia di PC dan instal seperti biasa. Saya asumsikan kamu sudah menginstal softwarenya karena sangat mudah dan saya rasa teman-teman sudah paham.

Selain berfungsi untuk membackup dan mentransfer data whatsapp, Aplikasi Mobiletrans ini juga dapat kita gunakan pada Wechat, Line dan lainnya.

Ini lah bagaimana cara memindahkan chat whatsapp dari android ke iphone :

  1. Buka Software Mobiletrans
  2. Pilih WhatsApp Transfer
  3. Setelah itu klik pada WhatsApp Transfer Messages
  4. Pilih Source (merk hp pertama) dan Destination (merk hp kedua)
  5. Hubungkan kedua hp tersebut menggunakan Kabel USB ke laptop atau komputer kita
  6. Lalu Start
  7. Ikuti Petunjuk yang diberikan pada aplikasi hingga selesai.

Jika sudah, Silahkan login atau masuk ke WhatsApp kamu ke hp yang baru.

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive

Bagaimana jika kamu tidak memiliki akses lagi atau karena memang lupa apa email yang kamu gunakan ketika mendaftar WhatsApp pertama kali, Karena untuk memindahkan chat kamu terutama ke hp baru itu diharuskan memiliki email yang sama.

Apabila email nya berbeda, Jangan khawatir ikuti trik berikut ini agar kamu dapat memindahkan semua chat yang ada di WhatsApp kamu ke hp lain tanpa akun google drive sekalipun.

Berikut langkah-langkah cara backup whatsapp tanpa akun google drive :

  1. Backup data chat kamu terlebih dahulu, dengan cara masuk ke Setelan
  2. Setelah itu pilih Chat dan Tap Cadangkan Chat ke Perangkat (pilihan pertama).
  3. Buka File Manager lalu cari folder WhatsApp
  4. Tap dan Tahan pada folder lalu Compress menjadi zip ataupun rar untuk menggabungkan file dan memperkecil ukurannya.
  5. Setelah itu masukkan nama file compressnya. (Contoh: whatsapp.zip) Lalu Buat
  6. Kirim atau pindahkan file yang telah kita compress ke hp baru dengan bluetooth, atau menggunakan aplikasi berbagi file lainnya.
  7. Extract filenya dan otomatis data tersebut masuk ke Folder WhatsApp di hp baru kamu.
  8. Masuk ke WhatsApp menggunakan hp baru lalu Pulihkan
  9. Dan masukkan nama whatsapp yang akan kamu gunakan
  10. Selesai.

Demikianlah berbagai metode cara untuk membackup data whatsapp pada hp android maupun iphone seperti chat dan yang lainnya agar kita dapat dengan mudah dan lebih leluasa untuk mengembalikannya jika diperlukan. Apabila kamu memiliki masalah dan punya pertanyaan terkait cara backup whatsapp silahkan tinggalkan di komentar, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial menarik whatsapp lainnya.

Tinggalkan komentar