Cara Backup Whatsapp

Cara backup whatsapp merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui bagi pengguna whatsapp, karena suatu saat bisa jadi kamu akan memerlukannya seperti ketika ingin memindahkan whatsapp lama di hp lama ke hp baru tetapi menggunakan nomor whatsapp lama. Apabila kamu tidak membackup data terlebih dahulu maka data-data penting seperti chat, foto, video, nomor kontak atau dokumen penting yang ada di whatsapp lama akan terhapus.

Tanpa kamu sadari sebenarnya untuk melakukan backup di aplikasi whatsapp resmi sudah dilengkapi dengan fitur backup, bahkan adapula fitur schedule auto backup di whatsapp yang memungkinkan kamu untuk mencadangkan data whatsapp secara teratur bisa perhari, perminggu, perbulan dan bisa dicadangkan pada waktu yang kamu inginkan dengan mengklik tombol cadangkan secara manual.

Cara kerja fitur backup di whatsapp sendiri yaitu dengan mengunggah file cadangan whatsapp ke cloudnya si google drive, oleh sebab itu makanya kamu perlu menghubungkan akun google atau gmail ke whatsapp terlebih dahulu. Jika akun google sudah terhubung maka file backup-an whatsapp akan terupload ke cloud secara otomatis, Begitu pula ketika kamu ingin me-restore atau mengembalikan data whatsapp maka file dari google drive inilah yang akan di deteksi.

Kebetulan disini saya sudah menyiapkan berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk mencadangkan data whatsapp yaitu melakukan backup menggunakan akun google drive, tanpa google drive dan juga saya akan menjelaskan cara lengkap beserta video youtube yang bisa kamu tonton. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memindahkan chat maupun data whatsapp penting lainnya ke hp lain tetapi tetap menggunakan nomor wa lama dan dijamin data chat, foto, atau video kamu tidak akan hilang meski jumlahnya banyak.

Baca juga : Cara Blokir SMS dari Nomor Tidak Dikenal

Backup Kontak WhatsApp

Sebelum masuk ke tutorial cara backup whatsapp, saya mau jelasin sedikit nih hal yang tak kalah penting dalam melakukan cadangan whatsapp terutama buat kamu yang ingin memindahkan whatsapp lama dari hp lama ke hp baru namun masih menggunakan nomor whatsapp yang sama.

Seperti yang kita tahu whatsapp adalah aplikasi yang menggunakan nomor telepon untuk cara berkomunikasi antar sesamanya, berbeda dengan hal yang dilakukan aplikasi BBM (Blackberry Messenger) yaitu menggunakan PIN BBM tersendiri untuk penggunanya agar dapat melakukan chatting dan sebagainya. Sehingga di whatsapp kita perlu menyimpan nomor telepon orang lain dahulu ke dalam kontak hp kita.

Lalu apa jadinya jika nomor di kontak hp kita hilang? sudah pasti kamu tidak bisa menghubungi mereka karena tidak memiliki nomor hp nya. Oleh karena itu untuk mencegah hal yang cukup menyulitkan tersebut kamu harus mengetahui bagaimana cara membackup kontak whatsapp dengan mudah agar ketika memindahkan whatsapp semua nomor juga bisa dideteksi secara langsung.

cara backup whatsapp ke hp lain offline

Perlu diingat disini saya menggunakan 2 smartphone xiaomi, jadi apabila ada perbedaan tampilan silahkan sesuaikan dengan hp kamu masing-masing. Tenang saja karena biasanya caranya hampir sama kok.

  1. Buka aplikasi panggilan lalu geser ke kanan untuk membuka halaman kontak di hp lama.
  2. Lalu tap pada Impor/Ekspor kontak.
  3. Pilih salah satu cara untuk ekspor kontak bisa ke penyimpanan internet, kartu SIM, atau berbagi kontak secara langsung.
  4. Format file kontak xiaomi ini sendiri yaitu .vcf.
  5. Jadi kirim file (namafile).vcf tersebut ke hp baru lalu buka.
  6. Dengan begitu otomatis kontak di hp lama akan masuk ke dalam hp baru.

Jika pada saat kamu membuka file .vcf tidak dapat dibuka, kamu bisa mencari file tersebut melalui aplikasi file manager dan tap file .vcf di sana atau kamu jugag bisa mengimport filenya melalui aplikasi panggilan lalu kontak sama seperti sebelumnya.

Dengan begini semua kontak kita aman deh, kita gak perlu takut lagi nih kalau kontaknya nanti hilang, terhapus dll apalagi nomor hp orang yang kita rasa penting. Selain itu bagi kamu yang memiliki kontak nomor hp dengan jumlah, misal ada 1.000 kontak juga bisa menggunakan cara ini lho.. mudah dan cepat bukan?

Baca juga : Cara Mengaktifkan Whatsapp Dengan Nomor Yang Tidak Aktif

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Google Drive

Backup bukan hanya diperlukan ketika kamu berpindah dari whatsapp di hp lama ke hp baru, akan tetapi agar menjamin segala data kamu tetap aman sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi suatu yang tidak kita inginkan seperti mengganti nomor whatsapp, chat yang tidak sengaja terhapus, kontak whatsapp hilang, foto dan video di whatsapp tidak bisa download ulang dan sebagainya.

Nah oleh karena itu cara pertama yang akan saya bahas yaitu menggunakan fitur backup resmi dari bawaan whatsapp, Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan apabila ingin mencadangkan data whatsapp yaitu tentunya harus memiliki akun gmail. Silahkan buat akun gmail baru terlebih dahulu jika kamu belum memilikinya.

cara backup whatsapp ke hp lain tanpa google drive

Berikut cara menghubungkan akun google ke whatsapp :

  1. Jalankan aplikasi whatsapp di hp kamu.
  2. Lalu pada halaman depan tap ikon titik tiga dipojok kanan atas.
  3. Tap menu Setelan.
  4. Kemudian pilih Chat > Cadangkan Chat.
  5. Gulir ke bagian bawah di bagian Setelan Google Drive tap pada menu Akun Google.
  6. Pilih salah satu akun google yang ingin kamu hubungkan ke whatsapp.
  7. Jika belum ada, tap Tambah akun.
  8. Konfirmasi kata sandi keamanan smartphone (jika diminta).
  9. Terakhir login dengan email dan juga password akun gmail yang telah kamu buat sebelumnya.
  10. Selesai.

Dengan begitu otomatis akun gmail kamu sudah tersambung ke google drive untuk menerima backup-an data whatsapp, Di halaman tersebut kamu bisa melihat juga ada beberapa fitur yang bisa kamu sesuaikan seperti informasi mengenai waktu cadangan terakhir yang dilakukan, penjadwalan backup baik itu harian, mingguan bahkan bulanan, cadangan yang bisa dilakukan ketika menggunakan jaringan wifi atau seluler hingga opsi sertakan video.

Baca juga : Cara Login Whatsapp Tanpa Verifikasi

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive

Mungkin terlihat sederhana jika melakukan backup whatsapp karena sudah ada fitur backup yang disediakan, tetapi bagaimana jika ketika kamu menghubungkan akun gmail ke google drive whatsapp muncul pesan error seperti ini? “Tidak dapat mengakses akun Anda pada saat ini, silahkan coba lagi nanti. Tentu saja kalau akun google kita tidak terhubung kita tidak bisa membackup dengan google drive ini.

Baru-baru ini saya juga mengalaminya, padahal saya kira aplikasi whatsapp saya dalam keadaan baik-baik saja. Kondisi jaringan internet juga sangat baik karena sudah saya test download, dan juga streaming film. “Tapi kok tetap gak bisa nyambungin akun google drive ke whatsapp ya?” Nah setelah saya telusuri lebih jauh ternyata masalah ini terjadi karena saya menggunakan whatsapp mod.

Saya juga baru sadar sih karena saya pakai whatsapp di hp itu sudah hampir 2 tahunan dan aman-aman aja. Makanya pas dapet eror begini langsung deh puyeng minta ampun belum lagi data foto dan video saya yang gak sedikit, hampir 3.000 lho. Masalah ini baru saya sadari pada saat ingin mengganti whatsapp di hp lama ke hp baru dengan nomor yang sama tentunya saya gak mau kehilangan data sedikitpun.

Nah buat kamu yang sampai saat ini masih menggunakan aplikasi whatsapp mod, maka kamu perlu pertimbangin lagi mengingat yang tadi saya sebutkan bahwa di aplikasi whatsapp mod akun gmail kamu tidak bisa terhubung ke google drive jadi ya kamu tidak bisa backup pakai google drive. Tapi ada kok cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memanfaatkan file databases yang ada di whatsapp. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Menggunakan File Databases WhatsApp

Sebagian orang meng-copy semua file bahkan folder whatsapp yang ada di smartphone mereka karena takut kehilangan semua data whatsapp, Akan tetapi cara ini sebenarnya bisa benar bisa salah. Karena cara ini hanya bisa dilakukan ketika kamu masih menggunakan smartphone yang sama, apabila hp yang berbeda maka dengan cara ini whatsapp di hp baru tetap tidak akan mendeteksi adanya file backup-an whatsapp sebelumnya, hanya saja memang semua foto, video dan dokumen lain akan tetap ada karena sudah saya coba sendiri.

Meskipun begitu semua chat yang ada malah terhapus semuanya seperti whatsapp baru, hanya ada grup jika kamu memiliki grub dan ya cuma itu saja. Bisa kamu bayangkan bagaimana jika ada chat penting yang perlu kamu pindahkan tetapi hilang begitu saja. Jadi untuk menghindari hal ini silahkan lakukan cara menggunakan file databases whatsapp untuk memindahkan seluru data whatsapp dengan aman dan cepat.

Disini saya akan mengurutkan langkah-langkah cara memindahkan whatsapp ke hp baru agar chat tidak hilang mulai dari hp lama ke hp baru supaya teman-teman tidak bingung ketika mempraktekkannya.

HP Lama

cara memindahkan whatsapp ke hp baru dengan nomor lama
  1. Buka file manager di hp lama kemudian cari folder whatsapp.
  2. Setelah itu buka folder whatsapp dan ambil semua file di dalam folder databases.
  3. Kamu bisa mengkompress folder databases ke format .zip atau .rar untuk memudahkan kita ketika mengirim file tersebut ke hp baru.
  4. Jika sudah silahkan kirim file yang sudah kita kompress menggunakan media berbagi bisa pakai bluetooth, aplikasi shareme punyanya xiaomi dan sebagainya.
  5. Dengan begitu maka kamu bisa mengikuti step yang akan kita lakukan selanjutnya pada hp baru.

HP Baru

cara menggunakan nomor whatsapp lama di hp baru
  1. Ambil hp baru, saya asumsikan kamu sudah menerima file databases dari whatsapp lama di hp lama.
  2. Perlu diingat jangan login ke whatsapp terlebih dahulu.
  3. Jika sudah silahkan buka aplikasi file manager atau file explorer lainnya.
  4. Cari file .zip databases yang kamu kirimkan sebelumnya lalu ekstrak.
  5. Setelah itu kembali ke halaman depan atau penyimpanan internal.
  6. Pastikan tidak ada satupun folder whatsapp di hp baru kamu baik itu folder whatsapp, yowhatsapp, gbwhatsapp, fmwhatsapp dll itu hapus saja.
  7. Apabila sudah dirasa tidak ada, buat folder baru dengan nama “WhatsApp”.
  8. Di dalam folder whatsapp tersebut kita buat lagi folder dengan nama “Databases”
  9. Nah di folder inilah kamu pindahkan file databases yang telah kamu ekstrak pada langkah ke-3 tadi.
  10. Terakhir kamu bisa login menggunakan nomor whatsapp lama.
  11. Selesai.

Dan taraa… chat, foto, video dan data whatsapp kamu kembali seperti semula di hp lama. Walaupun foto dan video perlu kita download ulang untuk menyimpan ke galeri di hp baru tapi saya sendiri memang lebih menyukai cara ini, karena selain simpel dan cepat cara ini juga memudahkan saya untuk memindahkan semua data whatsapp saya yang terbilang sangat banyak bahkan ukuran backup nya itu 3GB lho.. Bagaimana menurut kamu?

Hmmm.. mungkin itu saja yang bisa saya sharing kepada teman-teman semuanya, jika teman-teman masih bingung silahkan tonton video di bawah ini. Mohon maaf jika kata-kata saya dalam menyampaikan susah untuk dipahami karena saya sudah berusaha semaksimal mungkin, Terimakasih juga buat kamu yang sudah mampir di blog kecil kami. Nantikan informasi teknologi bermanfaat dan juga menarik lainnya dari kami. Sampai juga pada kesempatan selanjutnya.

cara backup whatsapp tanpa google drive
Share on:

Tinggalkan komentar