Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Apa itu Autentikasi Google Play di Xiaomi?

Autentikasi pada Google Play adalah sebuah tahapan verifikasi identitas seseorang ketika mengakses sebuah sistem maupun aplikasi.

Poin penting yang biasanya digunakan adalah seperti nama pengguna (username), email, dan password.

Dengan adanya autentikasi google play ini, Maka setiap orang yang ingin masuk ke dalam aplikasi atau sistem akan di cek terlebih dahulu (verifikasi) apakah berhak untuk masuk. Kemudian akan diarahkan ke hak akses yang sesuai dengan data pada akun tersebut.

Setelah login ke akun Google, Artinya kamu berhak untuk menikmati fitur dari produk-produk yang Google sediakan seperti : Google Playstore, Google Play Game, Google Play Book dan lain-lain.

Setiap smartphone seperti samsung, oppo, asus, dan lain-lain memiliki pola autentikasi yang sama. Namun, pada tutorial kali ini afrizatul akan membahas bagaimana cara autentikasi pada xiaomi dan juga mengatasi masalah yang sering terjadi.

Masalah Pada Autentikasi Google Play di Xiaomi

Ada banyak masalah yang telah Saya terima dari teman-teman khususnya pengguna xiaomi yang mengatakan bagaimana cara mengatasi autentikasi google play di hp mereka.

Masalah yang umum terjadi pada autentikasi google play xiaomi muncul pesan peringatan seperti ini :


Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try again (Autentikasi diperlukan. Kamu harus login terlebih dahulu ke akun Google kamu. Coba lagi)

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Bagi kamu sedang mengalami masalah di atas, sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya pada xiaomi.

Ada banyak metode untuk autentikasi google play di xiaomi, Diantaranya seperti meng-update aplikasi google play, menghapus akun google dll. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak metode lainnya berikut ini.

1. Sinkron Ulang

Metode pertama menggunakan fitur Sinkron. Apa itu fitur sinkron? Ini berguna untuk menghubungkan antara semua akun google dengan hp xiaomi secara otomatis.

Cara mengaktifkan fitur sinkron di hp xiaomi sangatlah mudah. Informasi sedikit disini saya menggunakan xiaomi S2. Tetapi, jika kamu menggunakan xiaomi redmi 2, 3, 4, atau yang lain tenang saja caranya tetap sama kok. (Silakan disesuaikan saja ya).

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Kemudian pilih Akun & Sinkron
  3. Dan aktifkan pada Otomatis sinkronkan data

Tak hanya akun Google saja, Akun lain pada hp kamu juga otomatis akan tersinkron seperti akun Xiaomi Cloud, Facebook, Messnger, Mi Remote, WhatsApp, dan akun lainnya.

2. Menghapus Data dan Cache Akun Google Playstore

Cara ke-dua dengan menghapus data dan juga cache pada akun Google playstore. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  1. Buka Pengaturan
  2. Kemudian Apl
  3. Dan Kelola Aplikasi
  4. Cari aplikasi “Google Playstore
  5. Terakhir Hapus data > Hapus Semua data > Bersihkan cache.

3. Menghapus Akun Google dan Masuk Kembali

Pada kasus tertentu cara ini juga terbukti ampuh mengatasi autentikasi google pada xiaomi. Dalam hal ini kita akan menghapus akun google yang telah ada pada xiaomi kita kemudian login menggunakan akun yang sama. Berikut cara nya :

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Scroll ke bagian bawah dan pilih Akun & Sinkron
  3. Lalu pilih Google
  4. Pilih salah satu akun gmail yang ada lalu pilih Hapus Akun

Selain menghapus akun, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menerapkan metode pertama mengenai sinkronasi ulang.

4. Paksa Berhenti Aplikasi

Force Stop atau paksa berhenti juga salah satu metode yang bisa kamu coba terkait autentikasi google di xiaomi.

Cara nya juga cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Lalu Apl
  3. Dan Kelola Aplikasi
  4. Cari aplikasi yang ingin kamu paksa berhenti seperti: Google Playstore
  5. Terakhir pilih Paksa henti

5. Uninstall Pembaruan Google Playstore

Jika masih belum berhasil, coba untuk uninstall pembaruan aplikasi google playstore. Langkah-langkah yang dilakukan sama pada metode ke-empat, perbedaannya disini kamu pilih Uninstal Pembaruan bukan Paksa henti ya. Kemudian reboot hp xiaomi kamu.

6. Ganti akun Google

Mengganti akun Google juga sudah Saya coba dan berhasil mengatasi autentikasi di hp xiaomi, Akun Google sendiri memiliki tipe yang berbeda-beda contohnya saja email student yang dimiliki oleh pihak kampus.

Email jenis ini biasanya terjadi masalah dimana muncul notifikasi untuk mensingkronkan berulang kali. Oleh karena itu Saya pribadi menghapus akun ini pada hp xiaomi saya.

7. Reset Xiaomi

Solusi terakhir jika masalah kamu juga belum teratasi adalah dengen mereset hp xiaomi kamu. Perlu diingat bahwa mereset artinya mengembalikan ke setelan pabrik.

Jadi sangat disarankan untuk mem-backup data penting terlebih dahulu. Untuk cara reset xiaomi sudah pernah saya bahas pada artikel berikut : Cara Reset Xiaomi Semua Tipe

Demikian tips mengatasi autentikasi google play di xiaomi yang telah kita bahas. Sekarang apakah masalah kamu sudah berhasil diatasi? Jika belum, silahkan berikan komentar di bawah ya.

Sampai juga di tutorial xiaomi selanjutnya..

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com