Bukan Hanya PKH dan BPNT: 2 Bantuan Sosial Menarik Lainnya Akan Segera Diberikan

Bukan Hanya PKH dan BPNT 2 Bantuan Sosial Menarik Lainnya Akan Segera Diberikan
Bukan Hanya PKH dan BPNT 2 Bantuan Sosial Menarik Lainnya Akan Segera Diberikan

Informasi penting mengenai bantuan sosial, termasuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan non-tunai (BPNT), serta perkembangan terbaru.

Sebelum masuk ke informasi detail, mari kita perbarui status penerima bantuan sosial PKH dan BPNT. Saat ini, setelah pengecekan menggunakan aplikasi Six & J, mayoritas KPM (Keluarga Penerima Manfaat) telah mengalami perubahan status. Meskipun sebagian besar KPM telah berhasil memperbarui data mereka, beberapa nama masih belum terupdate, kemungkinan karena adanya perubahan komponen dalam keluarga.

Penting untuk dicatat bahwa KPM yang anak-anaknya telah lulus pada tahun 2023 mungkin menghadapi perubahan status karena komponen PKH mereka telah berakhir. Saya menyarankan agar KPM yang mengalami situasi ini untuk mendaftar Program KIP Kuliah agar anak-anaknya tetap dapat melanjutkan pendidikan mereka.

Selain itu, penerima bantuan sosial melalui BPNT melalui PT Pos dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) juga mengalami perubahan status, terutama pada periode Juli, Agustus, dan September. Proses penyaluran sedang berlangsung, dan beberapa daerah sudah memulai tahap kedua.

Dua Jenis Bantuan Sosial dengan Total 900.000 per KPM

Saat ini, terdapat dua jenis bantuan sosial dengan total bantuan sebesar 900.000 per KPM yang akan segera cair. Pertama, bantuan sosial kemiskinan ekstrem, yang sebelumnya dikenal sebagai BLT Dana Desa. Bantuan ini berjumlah 300.000 per bulan, dan beberapa daerah akan mulai menyalurkannya pada bulan Agustus.

Penting untuk dicatat bahwa penerima bantuan sosial kemiskinan ekstrem tidak boleh mendapatkan bantuan sosial PKH maupun BPNT. Kriteria penerima bantuan ini ditetapkan oleh BPS setempat, termasuk masyarakat dengan pendapatan harian maksimal 19.000 atau sekitar Rp20.000, keluarga dengan lansia tunggal, dan keluarga dengan riwayat penyakit tahunan.

Jenis bantuan sosial kedua yang segera cair adalah bantuan sosial per makanan bagi lansia tunggal dan penyandang disabilitas. Bantuan ini sedang diimplementasikan di beberapa daerah, terutama di Pulau Jawa, dengan total bantuan sebesar 900.000.

Cara Mendaftar dan Informasi Tambahan

Bagi yang belum pernah menerima bantuan sosial namun merasa layak, Anda dapat mempelajari kriteria penerima bantuan sosial di wilayah Anda. Jika yakin layak, Anda bisa mendaftarkan diri melalui aparat desa atau kelurahan setempat atau melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh melalui Play Store.