Brightness Windows Tidak Berfungsi

Brightness atau kecerahan tampilan di layar monitor komputer maupun PC merupakan salah satu bagian yang perlu kamu perhatikan, mengingat hal ini sangat berkaitan dengan kenyamanan kamu dalam melakukan kegiatan di depan komputer. Oleh karena itu brightness atau kecerahan layar laptop harusnya bisa kamu kontrol baik itu diterangkan dan juga digelapkan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Namun kamu tidak perlu risau karena fitur kontrol brightness sebenarnya sudah tersedia diberbagai sistem operasi, bahkan hampir semuanya seperti windows 7, 8, 10 dan juga linux. Hal ini berguna agar penggunanya menjadi lebih mudah untuk mengatur kecerahan layar monitor, Tetapi bagaimana jika fitur kontrol brightness ini tidak berfungsi?

Seperti kasus yang saya alami baru-baru ini yaitu PC saya yang baru saja selesai saya rakit tidak ada kontrol kecerahan layar, saya pun kebingungan karena biasanya ketika saya menginstal ulang windows langsung muncul fitur tersebut lalu tekan shorcut FN+Logo brightness+ F11,F12 (di keyboard laptop). Saya sudah mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah error ini di internet baik itu di situs website, forum, youtube dll tetapi hasilnya tetap nihil.

Jika kamu sebelumnya sudah browsing di internet untuk mengatasi brightness windows tidak berfungsi pada laptop/pc, maka kamu akan menemukan banyak cara yang bisa kamu coba. Nah dari pada kamu bingung cara mana yang berhasil dan mana yang tidak, maka disini saya akan merangkum cara mengatasi cahaya laptop windows 10 dan versi lainnya yang sangat ampuh dan sudah saya buktikan sendiri.

Cara Mengatur Brightness Windows Yang Tidak Berfungsi Di PC/Laptop

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa ada berbagai cara untuk menerangkan ataupun menggelapkan layar di laptop/pc, tetapi disini saya hanya berbagi cara yang saya rasa sangat rekomended karena kamu bisa memperbaiki brightness yang error di laptop maupun pc. Karena yang kita ketahui pc memiliki monitor berbeda jika dibandingkan laptop yang sudah dilengkapi dengan monitor.

Selain itu meskipun saat ini windows 10 sangatlah populer tetapi cara ini juga berguna untuk teman-teman yang masih menggunakan windows versi lama seperti windows 7, windows 8 dan versi ke bawahnya. Jadi saya bisa jamin dengan cara yang saya berikan ini kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menggelapkan cahaya layar monitor yang terlalu terang dan bikin sakit mata, Berikut cara mencerahkan layar laptop yang tidak berfungsi.

Baca juga : 20 Shortcut Keyboard Penting Di Windows 10

1. ON/OFF Driver Display Adapter

Perlu kamu ketahui layar laptop atau komputer ditampilkan melalui salah satu hardware di komputer, yapp.. benar sekali ini adalah fungsi dari VGA. Oleh karena itu jika terdapat masalah pada seputar tampilan layar maka kamu bisa menyimpulkan bahwa bisa jadi komponen vga yang error, rusak atau malah driver vganya. Untuk mengetahui hal tersebut alangkah lebih baiknya jika kamu mencoba cara pertama terlebih dahulu.

Cara ini sangat mudah dan kamu tidak perlu khawatir karena dengan melakukan cara ini sistem operasi atau komputer kamu tidak bakalan rusak, oh iya dulu saya juga pernah mengalami hal yang sama tetapi pada laptop bukan pc ya. Dan cara ini bisa mengatasi masalah di laptop saya yang kecerahan layarnya tidak bisa diatur sama sekali.

Inilah langkah-langkah mengatasi cahaya laptop yang tidak bisa diredupkan :

cara memunculkan brightness pada windows 7
  1. Nyalakan komputer/laptop kamu.
  2. Kemudian arahkan kursor mouse ke bagian pojok kiri bawah tepatnya di start menu.
  3. Jika sudah klik kanan pada logo windows tersebut.
  4. Dengan begitu akan muncul berbagai pilihan menu, klik pada Device manager.
  5. Di halaman device manager akan tampil semua driver perangkat keras baik itu network adapter, audio, processor, disk dll. Klik tanda panah pada bagian Display adapter.
  6. Lalu akan tampil nama vga yang kamu gunakan. (misalnya Intel HD Graphic, NVIDIA dsb).
  7. Klik kanan pada nama vga tadi dan pilih Disable device untuk mematikan kemudian Enable device untuk menghidupkan vga kembali.
  8. Sekarang cek apakah brightness kontrol muncul atau tidak (biasanya terdapat pada menu pojok kanan bawah di notification).
  9. Selesai.

Untuk yang menggunakan windows 7, 8 atau versi di bawah windows 10 maka kamu bisa menggunakan shorcut keyboard untuk membuka halaman device manager dengan cara tekan tombol logo Windows+R lalu ketikkan “devmgmt.msc” kemudian Enter. Jadi kesimpulannya disini kita hanya merestart driver vga karena bisa jadi driver vga perlu dihidupkan ulang jika mengalami error.

Bagaimana? masih belum bisa mencerahkan layar laptop atau brightness windows yang tidak berfungsi menggunakan cara di atas? Tenang, kamu bisa coba cara lain di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengunci Folder Di Windows 7, 8, Dan 10 Tanpa Aplikasi

2. Software Brightness Nightmode Windows

Jujur saya sendiri menemukan solusi untuk mengatasi brightness windows yang tidak berfungsi pada laptop atau komputer yang tidak bisa diterangkan maupun diredupkan ini secara tidak sengaja, karena putus asa cahaya monitor pc saya yang terlalu terang dan bikin mata saya sakit. Saya pun iseng mengetikan “software brightness windows 10” (kebetulan saya menggunakan windows 10 di pc saya), Kemudian saya downloadlah satu persatu software yang saya harap setidaknya membantu meredupkan cahaya komputer saya terlalu terang.

Dan software nightmode inilah yang saya rekomendasikan untuk teman-teman semua apabila laptop atau komputer kamu tidak bisa digelapkan, cara kerja software ini juga hampir sama dengan fitur brightness yang ada di windows yaitu bisa dikontrol dengan shorcut keyboard diterangkap atau digelapkan. Selain itu hal yang paling saya suka dari software ini yaitu ukurannya sangat ringan dan GRATIS. Bagi kamu yang ingin mencoba software nightmode khusus untuk windows berikut caranya.

aplikasi pengatur cahaya windows 10
  1. Silahkan download dulu software nightmode for windows.
  2. Jika kamu hanya perlu klik 2 kali pada file .exe untuk menjalankan aplikasi.
  3. Apabila tidak terjadi apa-apa kamu jangan bingung karena memang beginilah cara kerja aplikasi ini.
  4. Selanjutnya coba tekan shorcut CTRL+Logo Windows+F11 untuk meredupkan cahaya layar.
  5. Selesai.

Untuk menerangkan layar laptop atau pc kamu, pastinya kamu sudah tau shorcutnya ya.. tepat sekali pencahayaan pada monitor dapat diatur dengan menggunakan tombol F12 dengan cara yang sama. Berikut ini fitur shorcut keyboard pada software nightmode for windows yang mungkin berguna untuk kamu gunakan.

  • Ctrl+Logo Windows+ F12 Untuk menerangkan cahaya.
  • Ctrl+Logo Windows+ F11 Untuk menggelapkan cahaya.
  • Ctrl+Logo Windows+ F10 Untuk menerangkan cahaya paling terang.
  • Ctrl+Logo Windows+ F09 Untuk menggelapkan cahaya paling gelap.

Selain kelebihan yang telah kita bahas di atas, kekurangan dari aplikasi nightmode for windows ini menurut saya adalah kamu harus menjalankannya terlebih dahulu setiap kali kamu merestart ulang komputer maupun laptop. Tetapi hal ini tidak menjadi masalah jika kamu merasa intensitas cahaya yang telah kamu atur sebelumnya sudah pas buat kamu. Oh iya aplikasi ini ini juga support berbagai versi windows lho seperti Windows 10, 8, 7, Windows XP, Vista dan versi windows yang sudah lama baik itu 32bit maupun 64bit.

Baca juga : Cara Screenshot Di Laptop

3. Brightness Monitor

Cara yang terakhir apabila semua cara di atas tidak juga mengatasi masalah pada laptop/komputer kamu yang tidak bisa diatur kecerahan layarnya, Saya masih memiliki cara lain nih buat kamu. Akan tetapi mungkin cara ini hanya bekerja pada komputer atau PC mengingat perangkat ini memiliki monitor tersendiri, berbeda dengan laptop yang sudah punya monitor.

Seperti yang kita tahu bahwa baik itu monitor komputer, pc dan TV sekalipun sebenarnya fungsinya sama yaitu tempat menampilkan apa saja. Jadi jika kamu memiliki tv seperti tv tabung, tv led pasti kamu bisa mengatur kecerahan layar nya dengan membuka menu melalui remot dan juga tombol fisik di sekitar tv. Hal ini juga dimiliki oleh monitor komputer.

Hanya saja tidak semua monitor pc yang memiliki menu untuk mengatur brightness atau kecerahan layar, Contohnya saja disini saya menggunakan monitor pc dengan merk AOC 24g2e5. Monitor jenis ini sudah saya coba dan saya tidak menemukan fitur tersebut menggunakan tombol fisik di bawah atau samping monitor, Tetapi ternyata kita bisa melakukannya menggunakan software dari aoc.

Jadi buat kamu yang menggunakan monitor pc jenis lain silahkan cek tipe/seri monitor terlebih dahulu kemudian coba cari di situs resminya ya. Berikut ini cara meredupkan monitor aoc :

cara mengatur kecerahan layar monitor aoc
  1. Kunjungi situs website resmi AOC.
  2. Jika sudah arahkan kursor kamu ke menu dukungan di header atas.
  3. Lalu pilih sub menu SOFTWARE.
  4. Scroll ke bawah akan tampil software dari aoc yaitu i-Menu, G-Menu, E-Saver, Screen +, dan Gtools. Pilih yang G-Menu.
  5. Tunggu proses download selesai kemudian install.
  6. Apabila sudah terinstall buka aplikasi G-Menu.
  7. Pastikan pada bagian monitor sesuai dengan nomor seri monitor yang kamu gunakan.
  8. Dan pada fitur Game Mode klik tombol Advanced di bagian bawah.
  9. Terakhir, atur brightness ke arah kanan untuk menambah kecerahan dan ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.
  10. Selesai.

Bukan hanya untuk mengontrol brightness layar monitor, di aplikasi G-Menu monitor AOC ini kamu juga bisa menyesuaikan berbagai macam settingan terkait tampilan layar seperti Game Sync, LowBlueModes, LightFX, Eco Modes, Display, Warna LED dan lainnya. Untuk software iMenu atau yang lainnya dari AOC saya belum coba, silahkan coba sendiri dan berikan pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Gampang banget kan? hehe,, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan mengenai masalah brightness windows yang tidak berfungsi kepada teman-teman semua pada tutorial kali ini, Jangan lupa baca juga artikel lain di blog ini karena saya jamin artikel disini sangat menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

Buat yang masih bingung silahkan simak video berikut ini :

Share on:

Satu pemikiran pada “Brightness Windows Tidak Berfungsi”

Tinggalkan komentar